NEWS

Hati-Hati, Super Mario Run Palsu di Android

Dikdok   27 Dec 2016
Hati-Hati, Super Mario Run Palsu di Android

Permainan Super Mario Run memang sudah hadir untuk para pengguna platform iOS, namun bagi para pengguna platform Android sebaiknya haruslah lebih bersabar dalam penantian untuk dapat menikmatinya. Pasalnya, banyak yang mencoba memanfaatkan popularitas yang dimiliki oleh permainan ini untuk menyebarkan aplikasi palsu.

Hingga berita ini ditayangkan, permainan Super Mario Run memang masih belum diluncurkan pada platform Android. Menurut kabar yang beredar, permainan ini baru akan dihadirkan pada Android di tahun 2017 mendatang. Bahkan, pihak Nintendo sendiri selaku pengembang permainan ini masih belum memberikan keterangan lebih lanjut menyoal kapan waktu perilisan permainan ini pada platform Android.

Sementara permainan resminya belum disediakan di Android, ternyata sudah beredar cukup banyak permainan Super Mario Run palsu yang disebarkan di Google Play Store. Permainan palsu ini tidak secara langsung mengutip judul Super Mario Run, namun menggunakan nama yang mirip dengan permainan resmi dari Nintendo tersebut. Beberapa aplikasi palsu tersebut seperti dilansir dari Cnet pada Selasa pekan lalu mengambil nama Super Mario Jumper, Super Plumber Run, dan masih banyak lagi.

Juru bicara Google sendiri menyebutkan bahwa berbagai permainan palsu yang beredar ini akan terus dipantau dan ditindak bila melanggar syarat dan ketentuan dari Google. Permainan Super Mario Jumper contohnya, permainan ini sekarang sudah dihapus dari Play Store karena dianggap melanggar syarat dan ketentuan tersebut.

Belum ada APK Super Mario Run

Biasanya, ketika permainan belum diluncurkan secara resmi di Google Play Store, banyak pengguna yang akhirnya mencari permainan tersebut dari sumber lain dalam bentuk APK. Metode ini sendiri sempat digunakan oleh banyak orang saat Niantic Labs meluncurkan Pokemon Go beberapa waktu lalu.

Pada kasus Pokemon Go, hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan. Karena, pengembang permainan tersebut saat itu memang sudah membuatnya dalam versi Android, namun dengan pembatasan pada lokasi tertentu. Dengan begitu, permainan Pokemon Go sebenarnya memang sudah tersedia di Google Play Store saat itu, namun terbatas hanya di beberapa negara tertentu saja. Selanjutnya, pengguna di negara yang bisa mengaksesnya bisa mengunduh permainan Pokemon Go dalam bentuk APK, dan meletakkannya ke dalam internet agar bisa diakses orang dari lokasi mana pun, tanpa ada batasan.

Berbeda dengan permainan Super Mario Run. Pada kasus kali ini, pengembang permainan tersebut memang masih meluncurkannya dalam platform iOS. Oleh karena itu, berbagai judul yang ditawarkan dalam bentuk APK untuk Android pun bisa dipastikan adalah palsu, sepalsu-palsunya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top