NEWS

Hati-hati! Salah Pencet Tombol Bisa Bikin iPhone Hang!

en19ma   06 May 2017
Hati-hati! Salah Pencet Tombol Bisa Bikin iPhone Hang!

Baru-baru ini, sejumlah pengguna Apple mengklaim telah menemukan sebuah bug yang bisa membuat iPhone mereka berhenti bekerja. Bug itu terdapat pada beberapa tombol, yang jika ditekan secara sekaligus, bakal membuat iPhone jadi hang alias tak bisa dioperasikan.

Mengutip Daily Mail, Kamis (4/5/2017), setelah tak bisa dioperasikan dalam sementara waktu, iPhone akhirnya bisa dipakai lagi dalam beberapa menit kemudian. Namun, kalau tak ingin menunggu, pengguna juga bisa melakukan reset untuk membuat smartphone miliknya jadi kembali normal seperti semula.

Disebutkan bahwa hal ini terjadi dikarenakan pengguna menekan tombol yang bisa diakses dari menu Control Center. Jika seorang pengguna menekan tiga tombol yang mana saja, layar pun langsung tak bisa digerakkan sesuai dengan perintahnya. Tak jelas apakah yang menjadi penyebab pasti dari masalah ini, tetapi diduga bahwa dengan menekan beberapa tombol secara sekaligus telah membebani kinerja software yang dimiliki iPhone.

Uniknya, bug yang diakibatkan salah pencet ini hanyalah terjadi di perangkat yang telah menggunakan iOS 10, termasuk iOS 10.3.2 beta. Salah seorang pengguna Reddit dengan akun PowerMac_G4 pun menjajalnya pada iPhone SE iOS versi 10.3.1 dan iPad Air. Dan, hasilnya, kedua perangkat itu langsung mengalami hang.

The Sun mencatat bahwa kehadiran bug ini pastinya akan merugikan pihak Apple. Apalagi raksasa teknologi AS tersebut bakal meluncurkan gadget terbarunya di tahun 2017 ini sebagai peringatan 10 tahun atas iPhone. Oleh karenanya, Apple diharapkan bisa bekerja keras untuk mengatasi masalah terbaru ini.

Sekadar informasi, ini bukanlah yang menjadi pertama kalinya bagi pengguna iPhone untuk dibuat was-was oleh adanya bug. Pada Desember 2016 lalu, sebuah bug telah ditemukan pada iOS milik Apple dan membuat aplikasi iMessage mengalami crash setelah menerima sebuah pesan. Rupanya, dalam pesan tersebut terdapat sebuah file vCard berkapasitas besar. vCard sendiri merupakan sebuah kartu virtual yang memungkinkan pengguna untuk saling mengirimkan kontak melalui ponsel.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top