REVIEW

Hasty Hamster, Uniknya Arahkan Hamster dan Manipulasi Gravitasi

Andy Chan   28 Nov 2017
Hasty Hamster, Uniknya Arahkan Hamster dan Manipulasi Gravitasi

Hasty Hamster sedang dalam sebuah misi untuk menjelajahi piramida misterius dan menyelamatkan teman-temannya. Namun, piramida tersebut sedang kebanjiran. Dan, Hasty Hamster pun bisa terjebak di dalam banjir tersebut. Bagaimana caranya agar dia bisa masuk lebih dalam ke piramida tersebut? Jangan khawatir, sang profesor telah menciptakan sebuah alat yang bernama Graviton. Dengan alat ini, gravitasi di dalam piramida bisa diubah dengan sesuka hati agar Hasty Hamster bisa mencapai pintu keluar dan terus menjelajah piramida tersebut hingga posisi yang paling dalam. Ya, demikianlah sedikit kisah yang dibawakan oleh game buatan Milosh Games yang diberi judul sama dengan tokoh utamanya ini, Hasty Hamster!

Hasty Hamster merupakan sebuah game puzzle yang unik, dimana pemain bakal mengendalikan sang Hasty Hamster itu sendiri untuk berhasil mencapai pintu keluar. Namun, akan ada banyak rintangan yang menghalanginya. Rintangan paling utama adalah air yang membanjiri lokasi. Selain itu, juga ada air beracun, boulder, dan lain sebagainya yang siap untuk menghalangi Hasty Hamster dalam mencapai tujuan.

Pemain akan mengendalikan sang Hasty Hamster dengan cara melakukan swiping di layar sentuh. Swipe ke kiri atau ke kanan untuk menggerakkannya ke kiri dan ke kanan, serta swipe ke atas atau serong atas untuk membuatnya melompat. Hasty Hamster juga bisa membuka pintu apabila dia berada di dekatnya, dengan cara menyentuh pintu tersebut. Yang paling unik dalam game ini adalah pengendalian gravitasi dengan menggunakan gyro, alias pemain harus memutar-mutar ponsel atau pun tablet miliknya agar arus air bisa bergerak mengikuti gravitasi.

Tidak hanya air saja yang akan bergerak mengikuti gravitasi, sang hamster itu sendiri pun terpengaruh gravitasi. Jadi, berhati-hatilah agar dia tidak sampai tenggelam ketika sedang memanipulasi gravitasi. Di sinilah, akal dari pemain dibutuhkan, karena pemain harus mengatur bagaimana caranya agar ada jalur aman dari lokasi Hasty Hamster untuk bisa sampai ke pintu keluar dengan menggunakan gyro.

Di dalam sebuah stage, terkadang terdapat sebuah batu permata. Batu ini bisa diambil untuk mendapatkan uang, namun lokasi batu permata tersebut biasanya ada di tempat yang berbahaya. Misalnya, terendam air beracun. Permata ini pun mudah pecah. Jadi, berhati-hatilah agar tidak sampai terjatuh dari tempat yang tinggi atau pun tertimpa batu. Asyiknya, apabila pemain membutuhkan uang, mereka bisa mengulang stage yang ada permatanya ini untuk melakukan farming.

Uang bisa digunakan untuk membeli nyawa, atau pun membeli berbagai peralatan yang bisa membantu dalam permainan. Di antaranya adalah sebuah peralatan menyelam agar Hasty Hamster tidak sampai mati tenggelam di saat menyelam, sebuah jetpack untuk bisa terbang, bahkan ada sebuah alat teleport untuk bisa menembus tembok.

Jumlah stage yang disediakan benar-benar tidak mengecewakan. Ada sebanyak ratusan stage yang tersedia untuk diselesaikan. Masing-masingnya dengan rintangan sendiri yang menantang. Dijamin, pemain bisa menghabiskan banyak waktu untuk menamatkan Hasty Hamster.

Grafis dari Hasty Hamster sebenarnya cukup sederhana dan tampak seperti kartun. Namun, simulasi dari gerakan air dan gravitasi benar-benar asyik untuk dilihat. Lagu di dalam game ini cukup minim, sebaiknya dimainkan tanpa suara, dan lebih baik lagi agar tidak menggunakan earphone karena akan menyebabkan earphone Anda kusut ketika sedang memutar-mutar ponsel mau pun tablet.

Hasty Hamster merupakan sebuah game free-to-play yang menggunakan sistem Life. Setiap kali sang Hasty Hamster mati, maka Life akan berkurang satu. Dan, apabila Life-nya sampai habis, maka pemain tidak akan bisa bermain untuk sementara waktu. Tapi, tenang saja, karena Life akan bertambah dengan sangat cepat. Game-nya sendiri tidak membutuhkan Internet, tidak ada iklan sama sekali, namun memiliki mikrotransaksi untuk pembelian uang.

Harus diakui bahwa memutar-mutar ponsel atau pun tablet di muka umum ketika sedang memainkan Hasty Hamster, akan membuat Anda terlihat bodoh. Untungnya, ada satu mode pengendalian lagi yang menggunakan tombol pemutar, namun hal ini tentu saja membuat game-nya menjadi lebih susah lagi. Namun, secara garis besar, Hasty Hamster ini merupakan sebuah game yang benar-benar unik, dan apabila Anda penggemar game puzzle, tidak ada salahnya untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top