LOADING
TIPS

Harus Tahu, Hal-hal ini Tak Boleh Dilakukan di Chat Group!

Dikdok   07 Oct 2017
Harus Tahu, Hal-hal ini Tak Boleh Dilakukan di Chat Group!

Setiap aplikasi chatting yang di ada saat ini mungkin memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dari fitur-fitur yang ditawarkannya. Namun, ada satu fitur yang pastinya diberikan oleh setiap aplikasi, yakni group chat. Sebut saja, aplikasi WhatsApp, LINE, Telegram, Messenger, dan aplikasi-aplikasi lainnya, mereka memiliki fitur group chat pada aplikasi yang dikembangkannya.

Keberadaan fitur group chat sendiri memang cukup memudahkan para pengguna untuk berkomunikasi dengan banyak orang secara sekaligus. Hanya menggunakan satu kolom chat saja, kita pun bisa berkomunikasi dengan banyak orang secara langsung.

Berbicara mengenai percakapan dalam sebuah grup, ada beberapa peraturan tak tertulis yang harus kalian pahami ketika berkomunikasi dengan menggunakan layanan tersebut. Apa saja peraturannya, ya? Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya tidak kalian lakukan dalam percakapan grup:

Jangan membuat pesan terlalu panjang

Setiap layanan perpesanan pada saat ini telah menyediakan berbagai layanan stiker emoji, kirim gambar, atau pun GIF yang bisa digunakan untuk menggantikan kalimat yang panjang. Usahakanlah untuk memanfaatkan fitur tersebut. Pasalnya, dengan pesan yang terlalu panjang akan mengganggu pengguna-pengguna lainnya yang membaca pesan kalian.

Jangan keluar tanpa pamit

Jika kalian karena suatu hal diharuskan (atau, bahkan memang ingin) keluar dari grup, maka sebaiknya beritakan terlebih dahulu pada anggota grup yang ada. Keluar grup tanpa pemberitahuan hanyalah akan membuat anggota grup jadi bertanya-tanya, atau bahkan tersinggung.

Jangan mengambil screenshot tanpa izin

Satu hal ini seringkali dilupakan oleh para pengguna, yakni mengambil screenshot secara sembarangan. Pada percakapan grup, sebelum mengambil screenshot, kalian sebaiknya meminta izin terlebih dahulu pada anggota grup lainnya. Pasalnya, histori percakapan yang kalian screenshot merupakan salah satu bentuk privasi dari setiap anggota grup.

Jangan mengirimkan pesan pada tengah malam

Malam adalah waktu bagi setiap orang untuk melakukan istirahat. Notifikasi pesan yang masuk tentunya akan mengganggu waktu istirahat dari orang-orang tersebut. Jadi, usahakanlah untuk tidak mengirimkan pesan di tengah malam, ya. Kecuali, jika hal tersebut memang sangatlah penting untuk diinformasikan.

Jangan hanya diam

Bergabung dalam sebuah grup tapi tidak ikut berpartisipasi dalam percakapan tersebut? Tentulah tidak ada gunanya. Oleh karena itu, sebaiknya ikut sertakan diri kalian untuk turut berkomunikasi di percakapan grup. Kalian tidak harus selalu membalas pesan yang masuk, namun tidak ada salahnya jika sesekali ikut di dalam pembicaraan yang tengah dilakukan.

Jangan membicarakan topik personal

Hadirkanlah pembicaraan yang bisa diterima dan dimengerti oleh seluruh anggota. Membicarakan topik-topik personal yang hanya dimengerti oleh sebagian anggota grup hanyalah akan membuat anggota-anggota lainnya menjadi risih dan terganggu dengan chat yang masuk.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top