LOADING
TIPS TRIK

Harus Tahu, Google Maps Miliki 8 Fitur Menarik ini!

Dikdok   18 Jul 2017
Harus Tahu, Google Maps Miliki 8 Fitur Menarik ini!

Di era modern ini, layanan peta digital telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi berbagai kalangan masyarakat. Ketika hendak bepergian, sedang berada di lokasi yang tidak dikenal serta mencari rute terdekat dan waktu tempuh yang singkat adalah beberapa kemampuan yang dicari-cari oleh masyarakat ketika menggunakan sebuah layanan peta digital.

Salah satu platform yang memberikan akses untuk masyarakat terhadap layanan peta digital adalah Google Maps. Telah tersedia sejak tahun 2004, aplikasi Google Maps telah menjadi salah satu layanan populer yang memiliki jumlah pengguna aktif yang mencapai lebih dari 1 miliar orang pada setiap bulannya.

Oleh karena itu, guna menjaga kenyamanan dan loyalitas dari para pengguna setianya, aplikasi navigasi ini terus berupaya untuk melakukan berbagai perbaikan dan pengembangan fitur secara konsisten dan telah menghasilkan banyak fitur yang cukup menarik untuk dapat digunakan.

Lalu, apa saja fitur-fitur menarik yang dimiliki oleh Google Maps? Berikut adalah beberapa fitur Google Maps yang mungkin belum terlalu banyak untuk digunakan:

1. Membuat dan Membagikan Daftar Tempat Favorit

Fitur menarik yang pertama ini memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan semua tempat yang disukai, seperti restoran, bar, butik, atau tempat lainnya yang sering dikunjungi dengan menggunakan akun Google.

Untuk dapat memanfaatkannya, cukup dengan membukanya melalui ikon berbentuk tiga garis, lalu pilihlah “Your Place.” Selanjutnya, bergeserlah ke kanan untuk masuk pada tab “Saved” dan pilih opsi “Favorite.” Setelah itu, pilihlah ikon berbentuk tambah (+) untuk menambahkan berbagai lokasi favorit versi kalian.

2. Atur Lokasi Penjemputan Layanan Ride Sharing on Demand

Google Maps telah bekerjasama dengan berbagai layanan ride sharing on demand ternama (seperti Uber, GO-JEK, dan Grab) agar para penggunanya dapat memesan layanan tersebut dengan mudah dan secara langsung melalui aplikasi Google Maps.

Untuk dapat menggunakannya pun cukup mudah. Para penggunanya hanyalah perlu memasukkan lokasi tujuan pada kolom search. Selanjutnya, pilihlah mode transportasi yang terletak pada tab yang terletak di bagian paling kanan. Selanjutnya, pengguna tinggal memilih layanan ride sharing on demand yang mereka inginkan, bahkan lengkap dengan estimasi biaya dan jenis kendaraan yang dapat dipilih.

3. Jadwal Transit Bus

Google Maps juga memberikan informasi jadwal transit bus, khususnya bus TransJakarta (Indonesia) secara real-time untuk para penggunanya. Dengan begitu, pengguna jadi bisa memperhitungkan dan merencanakan jadwal sehari-hari mereka secara mudah. Para pengguna juga bisa mendapatkan informasi secara akurat mengenai halte yang harus disinggahi atau turun dan berganti jalur perjalanan untuk mencapai tujuan tanpa terlambat. Akseslah bagian ini dari mode Search, lalu tekan pada bagian mode perjalanan dengan bus. Setelah itu, pilihlah rute yang diinginkan.

4. Jadwal Keramaian Secara Real Time

Google ternyata juga memberikan informasi unik lainnya berupa informasi keramaian di suatu lokasi. Fungsinya, agar para penggunanya bisa mengetahui seberapa ramai lokasi yang akan dikunjungi, terutama ketika jam sibuk. Melalui mode ini, pengguna juga bisa melihat jam buka dan tutup dari tempat baru yang ingin dikunjungi mereka.

5. Offline Map

Google Maps ternyata dapat dimanfaatkan untuk menyimpan peta secara offline, dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Para penggunanya juga bisa mencari kategori seperti “restoran” dan “bar” terdekat pada mode offline.

Untuk dapat mengaksesnya dengan mudah, pengguna cukup dengan mengetikkan “OK Maps” pada bagian pencarian. Setelah itu, Google Maps akan menyediakan sebuah kotak yang nantinya digunakan sebagai area yang akan diunduh, agar bisa diakses secara offline.

6. Peta di Dalam Ruangan (Indoor Maps)

Tak terbatas cuma di luar ruangan saja, Google Maps pun dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh para penggunanya di dalam ruangan. Menurut catatan dari Google Indonesia, ada lebih dari 60 tempat di Indonesia yang sudah dipetakan dengan teknologi Indoor Maps. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses Google Maps dalam ruangan saat berada di sebuah daerah yang sangat luas atau memiliki beberapa tempat menarik yang tidak bisa diakses jika mengandalkan pemetaan luar ruang saja. Beberapa tempat yang sudah diaktifkan dengan Indoor Maps adalah Bandara Ngurah Rai Bali, Jakarta Convention Centre, Grand Indonesia Shopping Town, dan Museum Nasional Indonesia.

7. Daftar Tempat Makan dan Minum yang Dikurasi

Google Maps juga bisa membantu para penggunanya untuk mendapatkan informasi berupa daftar rekomendasi untuk “makan murah” atau “kafe terbaik.” Bahkan, daftar tempat yang sering dikunjungi sehari-hari, seperti ATM dan SPBU di sekitar lokasi pengguna.

8. Google Maps Multiple Destinations

Jika kalian selama ini hanya menggunakan Google Maps untuk satu tujuan, Google Maps sebetulnya juga bisa melakukan lebih dari itu. Ya, Google Maps dapat membantu para penggunanya untuk melakukan pencarian ke beberapa tempat tujuan secara singkat (multiple destinations). Misalkan di saat mengantarkan beberapa teman untuk pulang setelah menghadiri sebuah acara bersama-sama.

Cara untuk menggunakan fitur ini adalah dengan masuk ke Google Maps, lalu melakukan input atas tempat tujuan pertama. Setelah itu, tekanlah ikon berbentuk 3 titik vertikal di bagian kanan atas layar, lalu pilih Add Stop. Masukkan tempat tujuan berikutnya di kolom tambahan dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah, tekanlah tombol Done, atau urutkan tempat-tempat tujuan yang ingin kalian capai terlebih dahulu.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top