REVIEW

Harus Dicoba, Inilah 5 Fitur Canggih Notes di iOS 11!

Dikdok   22 Oct 2017
Harus Dicoba, Inilah 5 Fitur Canggih Notes di iOS 11!

Dengan bantuan smartphone, para penggunanya di saat ini sudah bisa melakukan beragam kegiatan. Mulai dari hiburan hingga mencatat pekerjaan. Dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi tertentu, para pengguna smartphone tak perlu membawa buku lagi untuk mencatat sesuatu.

Memiliki segudang fitur baru yang canggih, seperti FaceID atau pun True Depth Camera, tidak membuat Apple terlupa akan fitur yang telah lama dimilikinya. Begitulah, pada iOS 11, Apple ternyata telah menambahkan banyak kemampuan baru pada aplikasi Notes miliknya.

Bukan hanya berfungsi sebagai aplikasi pencatatan biasa saja, Notes kini memiliki fitur-fitur yang menarik. Apa saja fitur yang dimilikinya? Berikut ini adalah fitur-fitur tersebut, sebagaimana telah dilansir dari Makemac:

1. Menggambar dalam Dokumen

Kini, bukan hanya bisa menuliskan sebuah catatan saja, pengguna pada Notes juga bisa menggambar di dalamnya. Untuk dapat menggunakan fitur ini, caranya pun cukup mudah. Pengguna hanyalah harus membuat catatan baru dengan menekan ikon plus (+) dan memilih opsi Add Sketch. Selanjutnya, fitur menggambar pun segera dapat untuk digunakan. Akhirilah fitur ini dengan cara menekan tombol Done yang terdapat di bagian kiri layar.

2. Format Teks Lebih Lengkap dan Mudah

Ingin memuat catatan dengan berbagai format dan tipe font yang berbeda agar bisa terlihat lebih rapi? Maka, di iOS 11, hal tersebut mungkin untuk dilakukan, lho! Caranya, cukup dengan membuka catatan yang telah dibuat, pilihlah kalimat yang ingin diformat, dan tekan ikon “Aa” di bagian atas keyboard. Selanjutnya, kalian akan segera menemukan opsi untuk mengubah font menjadi lebih tebal, menambahkan garis bawah, garis tengah, dan lainnya. Selain itu, kalian juga akan menemukan opsi untuk membuat format teks menjadi rata pinggir atau pun rata tengah.

3. Membuat Tabel

iOS 11 juga menghadirkan kemampuan Notes untuk membuat sebuah tabel. Untuk dapat menggunakannya, cukup dengan menekan ikon Table yang tersedia di bagian atas keyboard yang berukuran 2x2. Untuk membuat tabel dengan baris dan kolom yang lebih banyak, cukup dengan memilih ikon berbentuk 3 titik di sebelah kiri layar. Kemudian, lanjutkan prosesnya dengan memilih jumlah Row dan Column yang kalian inginkan.

4. Fitur Digital Scanner

Ingin menyimpan sebuah catatan yang tersedia dalam tulisan tangan hingga bisa dimasukkan ke dalam sebuah Notes? Hal ini bisa dilakukan, lho! Cukup menggunakan mode Scan Documents yang disediakan pada Notes di iOS 11. Nantinya, Apple akan segera membawa kalian ke mode kamera untuk menjepret sebuah gambar. Gambar tersebut pun akan segera disimpan ke dalam bentuk lampiran di catatan Notes yang sedang kalian buat.

5. Pinned Notes

Fitur baru lainnya yang juga dihadirkan pada layanan Notes iOS 11 adalah Pinned Notes. Dengan menggunakan fitur baru ini, kalian jadi bisa menyimpan sebuah Notes pada urutan paling pertama dalam daftar, sehingga tidak akan sampai tenggelam karena posisinya 'dimakan' oleh Notes yang lainnya.

Jika sudah berhasil membuat Pinned Notes, maka catatan tersebut akan menggunakan ikon Pin di sudut kiri atas bersama dengan beberapa catatan lainnya. Tentunya, mode Pinned Notes ini juga bisa kalian kombinasikan dengan fitur-fitur milik Notes yang lainnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top