NEWS GADGET

Mulai April, HarmonyOS Gantikan Android pada Handphone Huawei

Dwi K   27 Feb 2021
Mulai April, HarmonyOS Gantikan Android pada Handphone Huawei

Huawei Mate X2 berada di Urutan Pertama

Setelah menerima larangan perdagangan AS, handphone Huawei tertatih-tatih dengan versi Android yang dipotong tanpa aplikasi Google, Google Play Store, atau layanan Google yang menjadi fundamental utama. Namun, Huawei sekarang siap untuk meluncurkan solusi baru dalam bentuk software HarmonyOS miliknya.

HarmonyOS telah dikembangkan dalam beberapa tahun belakangan ini. Pertama sebagai platform Internet of Things, dan akhir-akhir ini, tentunya karena kebutuhan sebagai sesuatu yang dapat dijalankan pada smartphone juga. Pada peluncuran Huawei Mate X2, diumumkan bahwa HarmonyOS akan hadir di handphone andalan Huawei tersebut mulai April ini.

Setelah muncul di speaker pintar, wearables, dan perangkat lain, HarmonyOS tampaknya hampir siap untuk melakukan lompatan ke smartphone. Ini bukan kejutan besar, karena itu adalah sesuatu yang telah diumumkan Huawei pada bulan September lalu.

Namun, ini belum sepenuhnya final, karena Huawei Mate X2 akan diluncurkan dengan Android yang bebas dari layanan Google. Ini akan menjadi salah satu handphone pertama yang memenuhi syarat untuk upgrade HarmonyOS pada bulan April ini, kata Huawei, dengan pembaruan perangkat lunak yang kemudian tampaknya tersedia untuk flagships Huawei lainnya di sekitar periode yang sama.

Detail Masih Abu-abu

Detail mengenai semua informasi yang didapatkan dari Huawei pada saat ini belumlah sepenuhnya jelas. Belum ada kepastian menyoal handphone Huawei mana yang memenuhi syarat untuk update menuju OS tersebut, meski pun kemungkinannya bakal merujuk kepada perangkat Flagship terbaru, seperti Huawei Mate 40 Pro, yang akan memenuhi syarat.

Belum diketahui pula menyoal bagaimana HarmonyOS akan bekerja, atau bagaimana itu akan berbeda dibandingkan dengan menggunakan Android dengan app store milik Huawei sendiri. Huawei telah berjanji bahwa peralihan OS akan berlangsung cepat dan mudah bagi pengguna, tetapi mereka belum memberikan banyak detail.

Menurut kabar yang beredar, Huawei telah membahas seberapa ringan HarmonyOS. Jadi, OS tersebut seharusnya tidak terlalu banyak menuntut pada handphone yang digunakan. Ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang mulus di seluruh jajaran jenis handphone, sehingga HarmonyOS haruslah mampu untuk menangani handphone kelas bawah mau pun kelas atas.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top