TIPS

Handphone Android Sering Spam Notifikasi? Ini Cara Menghindarinya!

Dwi K   27 Aug 2019
Handphone Android Sering Spam Notifikasi? Ini Cara Menghindarinya!

Spam memang menyebalkan. Tidak hanya memunculkan diri melalui e-mail dan sms, spam pun ternyata ada di notifikasi yang tampil di ponsel Android.

Android memang merupakan sistem operasi yang gratis serta terbuka untuk digunakan siapa pun, dan oleh karena itu juga, jadi sangat mengedepankan iklan untuk ditampilkan agar tetap bisa mendapatkan keuntungan.

Kebanyakan dari kita mungkin tidak terlalu merasa terganggu dengan aspek tersebut, tokh aplikasi-aplikasinya dihadirkan secara gratis dan hanya sesekali saja bagi kita diharuskan untuk melihat atau bahkan mengklik iklan-iklan yang bermunculan tesebut. Mungkin ada link yang mengharuskan kita menuju ke suatu website atau video, namun setelah kita menutupnya maka kita ternyata tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan leluasa.

Iklan atau advertorial yang sering dipermasalahkan adalah iklan dimana saat kita klik iklan tersebut bakal membuat ponsel Android kita jadi men-download aplikasi lainnya lagi, baik berbayar atau pun tidak. Pada akhirnya, kita malah mendowload aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu kita inginkan atau pun perlukan. Hal ini juga sering terjadi pada pengguna Android yang merupakan orang-orang sudah berusia lanjut mau pun anak-anak.

Namun, di zaman sekarang, para pengembang aplikasi sudah mengubah cara untuk memodifikasi penampilan iklan-iklan yang ada agar kita sebagai pengguna tetap mau melihat iklan-iklan tersebut tanpa harus merasa terganggu menyoal kenyaman kita pada saat memakai aplikasi-aplikasi yang mengandalkan penampilan iklan seperti ini.

Beberapa aplikasi mungkin hanya akan memberikan notifikasi untuk melihat advertorial yang menumpang aplikasi mereka dan untuk men-download berbagai konten ekstra dari mereka.

Malah hal ini seringkali dirasa mengganggu karena aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan fitur Push Notification dan sering menjadikan munculnya banyak spam di notifikasi yang tampil di ponsel Android kita.

Iklan Spam Ikon

Iklan semacam ini memang sudah dilarang dan dihapus dari Google Play. Biasanya, hal ini terjadi pada saat kita men-download aplikasi di luar Google Play atau aplikasi yang berjalan dengan update sebelumnya. Iklan-iklan ini biasanya bermunculan di Home Screen kita seakan-akan ada aplikasi yang baru saja kita download. Padahal, sebenarnya tidak sama sekali.

Aplikasi ini bakal muncul secara ototmatis, karena kita men-download di tempat yang memasukan iklan ini secara otomatis ke Home Screen kita. Kita bisa saja menghapus iklan tersebut, namun iklan-iklan seperti ini biasanya akan kembali bermunculan. Atau, kita bisa saja memilih untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang telah kita download di luar Google Play tadi.

Iklan Push Notification

Push Notification atau Push Alerts adalah notifikasi yang akan tetap bermunculan meski kita sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Notifikasi ini terkadang berguna pada saat ada informasi atau pun update terbaru yang memang kita butuhkan dengan aplikasi tersebut.

Namun, pada saat push notification malah digunakan untuk menjual produk yang tidak kita butuhkan, atau bahkan malah sedikit-sedikit jadi menipu kita untuk berlangganan sesuatu yang membuat kita jadi melakukan pengeluaran uang yang sebenarnya tidaklah kita perlukan.

Menghilangkan Iklan Spam

Tentu saja, rekomendasi dari kami adalah untuk menggunakan aplikasi pemblokiran advertorial. Aplikasi ini biasanya tidak akan menghapus aplikasi kita, jadi terhitung lebih aman dalam hal penggunaannya. Aplikasi-aplikasi ini biasanya hanya memberitahukan aplikasi-aplikasi mana saja yang membawa advertorial atau iklan spam di situ. Dengan mematikan Push Notification untuk aplikasi yang kerap melakukan spam pun sangat direkomendasikan untuk mengurangi terjadinya pemunculan spam yang sering.

Menghapus aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan juga bakal sangat membantu dalam hal mengurangi pemunculan spam. Dan, juga sekaligus membantu kita untuk membersihkan memory handphone juga, bukan?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top