REVIEW

Hadirnya Virtua Tennis Challenge Persembahan SEGA di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   12 Mar 2019
Hadirnya Virtua Tennis Challenge Persembahan SEGA di Ponsel Pintarmu

Penggemar SEGA pasti tidak asing dengan game tenis keluaran mereka yang berjudul Virtua Tennis. Game ini memang belum memiliki versi baru, dengan Virtua Tennis 4 sebagai game terakhirnya di tahun 2011 silam. Untuk versi mobile-nya, SEGA mengeluarkan Virtua Tennis Challenge, salah satu anggota dari game klasik SEGA Forever. Inilah dia game konsol SEGA klasik yang kembali hidup di mobile.

Game Klasik Virtua Tennis

Virtua Tennis adalah sebuah game tenis bersifat arcade, di mana pemain berperan sebagai seorang petenis yang akan bertanding melawan petenis-petenis kawakan dalam 18 buah stadium di dunia. Sanggupkah kalian menjadi yang nomor satu di dunia?

Bermain Tenis via Virtual Gamepad

Untuk memainkan tenis di ponsel pintarmu, SEGA menyediakan sebuah virtual gamepad. Di sebelah kiri bawah terdapat sebuah virtual analog untuk pemain mengendalikan karakternya, sementara di sebelah kanan bawah terdapat empat buah tombol untuk memukul bola dengan berbagai variasi seperti top spins, slice shots, lobs dan drop shots. Seperti permainan tenis biasanya, pemain harus mengalahkan lawan dalam beberapa set untuk bisa memenangkan pertandingan.

Fitur-fitur Virtua Tennis

Virtua Tennis memiliki beberapa macam fitur permainan yang bisa dinikmati oleh pemainnya.

SPT World Tour

Dalam SPT World Tour, pemain memilih satu di antara beberapa karakter yang disediakan yaitu Bojan Jovanovic, Fernando Sanchez, Marco Stocker, Joshua Porter, Mario Cruz, Gabriel Belmondo, Jimi Tarantino, Ludwig Kruger, Luigi Monreale, dan Michael Shen untuk mewakili mereka bertanding dalam satu musim pertandingan tenis di seluruh dunia. Setiap hari sesuai dengan tanggalan di dunia nyata, menawarkan tantangan baru. Pemain membutuhkan uang untuk bisa mengikuti sebuah tantangan, di mana semakin tinggi tantangannya, uang pendaftarannya pun semakin mahal. Dapatkan uang dengan cara memenangkan pertandingan atau dari bonus harian.

Exhibition

Apabila pemain ingin bertanding secara santai, cukup gunakan mode Exhibition ini di mana mereka bebas memilih karakter mana saja untuk bertanding di lapangan apa pun. Mau main pertandingan single atau pertandingan double pun bisa dilakukan di sini.

Multiplayer

Ingin membandingkan kemampuan bermain tenismu melawan pemain lain? Mode multiplayer di sini bisa dimanfaatkan untuk bertanding melawan pemain lain, baik via koneksi bluetooth ataupun menggunakan WiFi.

Quick Match

Inilah salah satu tantangan tersulit dalam Virtua Tennis Challenge. Pemain akan berhadapan dengan pemain jago, dan apabila berhasil dikalahkan, maka ranking pemain pun akan naik.

Grafis 3D yang Keren

Mirip dengan versi konsolnya, Virtua Tennis Challenge juga menggunakan grafis 3D untuk merepresentasikan para petenisnya. Lapangan tenis yang disediakan pun bervariatif, ada yang beralaskan rumput, tanah, bahkan di dalam ruangan. Sayangnya, game ini hanya menyediakan petenis pria saja, tidak ada petenis wanita sama sekali untuk dimainkan. Meskipun begitu, pertandingan dalam Virtua Tennis Challenge tetap terlihat otentik, apalagi ketika ada momen-momen yang di-replay dengan slow motion.

Wajib Online dan Penuh Iklan

SEGA memang menghadirkan Virtua Tennis Challenge secara free-to-play, namun kebutuhan online dari game ini agak menyebalkan. Ini dikarenakan game-nya akan menyodorkan iklan dan video iklan setiap kali pemain menyelesaikan sebuah set, sehingga pertandingan yang harusnya seru menjadi terganggu alurnya. Apalagi kalau Internetnya mendadak putus, game-nya akan langsung komplen dan menghentikan permainan. Tidak ada mikrotransaksi sama sekali, kecuali pemain ingin membeli "bebas iklan" seharga Rp. 29.000,-.

Sebenarnya Virtua Tennis Challenge bukanlah game yang jelek, apalagi bagi para penggemar SEGA yang senang dengan seri Virtua Tennis. Sayangnya, kebutuhan wajib online serta iklan yang mengganggu ini boleh dibilang membuat permainan menjadi kurang menyenangkan. Tapi apabila kalian tidak keberatan dengan iklan (atau bersedia membeli versi premium), Virtua Tennis Challenge adalah game yang bisa dinikmati berjam-jam dengan seru.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top