NEWS

Hadirnya Fujifilm GFX100, Kamera dengan Sensor Gambar Tertinggi di Dunia

Hadi   25 Jul 2019
Hadirnya Fujifilm GFX100, Kamera dengan Sensor Gambar Tertinggi di Dunia

PT FUJIFILM Indonesia (Fujifilm) resmi mengumumkan dimulainya penjualan kamera Fujifilm GFX100 (GFX100) di Indonesia. GFX100 adalah kamera mirrorless medium-format terbaru dari Fujifilm dengan sensor gambar tertinggi di dunia, yaitu 102 megapiksel. Kamera ini dilengkapi sensor gambar Fujifilm G dengan medium format (43,8mm x 32,9mm) dan ukuran 1,7 kali ukuran sensor gambar pada kamera full frame 35mm. Sesuai dengan slogan Fujifilm Group, Value From Innovation, GFX100 hadir dengan berbagai inovasi, teknologi serta fitur kelas dunia dan bahkan belum pernah ada sebelumnya dalam kamera-kamera lainnya.

Diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam acara Photokina 2018 di Jerman, kamera ini menggabungkan sensor gambar dengan megapiksel terbesar serta teknologi reproduksi warna yang unik. Kamera ini didesain mampu menghasilkan gambar yang akurat hingga detil terkecil karena dilengkapi dengan mesin image processing X-Processor 4 yang berkecepatan tinggi, lensa FUJINON GF yang menghasilkan resolusi gambar terbaik serta teknologi reproduksi warna Fujifilm yang telah teruji kualitasnya selama lebih dari 80 tahun. Ditambah lagi, kamera ini adalah kamera digital mirrorless dengan medium format pertama di dunia yang menggabungkan phase detection pixels ke seluruh bagian sensor (rasio coverage 100%), yang memudahkan teknik autofokus dengan kecepatan dan presisi tinggi. Keunggulan ini merupakan inovasi canggih terbaru dari teknologi kamera medium format sebelumnya.

“Sejalan kampanye branding global kami ‘Never Stop,’ kami tidak pernah berhenti menciptakan inovasi serta teknologi terdepan untuk menghadirkan berbagai produk tercanggih dalam industri fotografi. Kami bangga bisa memperkenalkan GFX100, satu-satunya kamera dengan sensor gambar tertinggi di dunia, 102 megapiksel dengan detail yang sangat sempurna, tekstur tajam dan kedalaman warna. GFX100 menciptakan definisi dan standard baru ultra-high-resolution photography. Kami ingin memenuhi misi intrinsik para fotografer untuk menangkap dan merekam momen berharga yang tidak akan pernah terulang lagi,” ungkap Noriyuki Kawakubo, Presiden Direktur PT FUJIFILM Indonesia.

Fitur unggulan lainnya meliputi kapabilitas untuk merekam video resolusi 4K dengan kedalaman warna 10-bit. Kombinasi dari sensor gambar terbaru dengan kapabilitas high-speed readout dan mesin prosesor X-Processor, memungkinkan GFX100 untuk digunakan pada kebutuhan produksi video berkualitas tinggi. Sensor medium format, yang lebih besar dari sensor kamera sinema pada umumnya, meningkatkan reproduktivitas yang melintasi beragam warna, dan memberikan sensitivas superior. Dengan kecanggihan ini, fotografer dapat dengan mudah mengambil video berkualitas tinggi yang menangkap tekstur dan kedalaman sedetail mungkin.



Pegangan vertikal yang ringan dan kuat, serta bodi yang dipadu dengan campuran magnesium merupakan satu lagi keunggulan pada GFX100. Walaupun memiliki sensor gambar berukuran besar, kamera ini memiliki berat dan ukuran yang sama dengan kamera digital high-end lensa tunggal.

“Di antara kamera digital lain yang dilengkapi dengan sensor yang lebih besar dari format full-frame 35mm, GFX100 adalah yang pertama di dunia yang menawarkan sensor back-illuminated dengan phase detection pixels, kemampuan merekam video 4K/30P dan mekanisme IBIS (in-body image stabilization) yang akan menstabilkan gambar tidak hanya terhadap gerakan pitch dan yaw (atas/bawah dan miring kanan/kiri) tetapi juga terhadap gerakan shift (vertikal / horizontal) dan roll (rotasi),” ujar Anggiawan Pratama, Marketing Manager Electronic Imaging Division PT FUJIFILM Indonesia.



Anggiawan menambahkan, ”GFX100 juga menghadirkan vertical grip serta bodi kamera yang ringkas, ringan, dan sangat kuat yang dilengkapi dengan weather-sealing di 95 titik untuk membuat bodi kamera sangat tahan terhadap debu, kelembaban dan suhu rendah. Semuanya dihadirkan untuk menjawab tantangan dalam pemotretan profesional dengan kondisi yang sulit.”

Fujifilm GFX100 akan dilepas di pasaran dengan harga IDR 159.499.000 dan Fujifilm menawarkan promo khusus, yaitu gratis License Capture One Pro Fujifilm untuk pembelian GFX100. Sebagai bagian dari peluncuran kamera GFX100 di Indonesia, Fujifilm juga menggelar pameran dan workshop fotografi di Grand Indonesia, West Mall Lantai 5, pada tanggal 24-28 Juli 2019. Pameran ini yang dibuka untuk umum ini mengajak para pengunjungnya menyusuri dan melihat karya-karya fotografi yang diambil menggunakan jajaran kamera medium-format Fujifilm. Fujifim juga mengundang beberapa foto dan cinematografer ternama seperti Tompi, Wirawan Sanjaya, Dewandra Djelantik, Govinda Rumi, dan Jan Gonzales – X Photographer asal Filipina untuk menjadi pembicara dalam workshop ini.


(ki-ka) Johanes J. Rampi, General Manager Electronic Imaging Division & Consumer Printing Departement PT FUJIFILM Indonesia; Noriyuki Kawakubo, Presiden Direktur PT FUJIFILM Indonesia; Takashi Miyako, General Manager Corporate Planning Division PT FUJIFILM Indonesia; Anggiawan Pratama, Marketing Manager Electronic Imaging Division PT FUJIFILM Indonesia

Penulis telah diperkenankan untuk mencoba fitur kamera Fujifilm GFX100 secara langsung pada saat acara diperkenalkannya produk teranyar ini, (25/7/2019), di lokasi acara. Untuk yang ingin melihat hasil jepretan dari Fujifilm GFX100 yang sempat diabadikan oleh JurnalApps, kalian bisa melihatnya di bawah ini.


(Klik untuk Memperbesar)

Dalam kesempatan yang sama, untuk semakin mendukung kinerja para fotografer profesional, Fujifilm melalui Wonder Photo Shop (WPS) kini juga menghadirkan layanan cetak profesional atau Professional Printing Services. Melalui layanan ini, Fujifilm ingin membantu para profesional untuk dapat memvisualisasikan sebuah imaji menjadi karya seni bernilai tinggi yang tercetak di atas kertas foto unggulan milik Fujifilm. Fujifilm menawarkan dua kertas foto profesional, yaitu:

  • Fujicolor Crystal Archive Maxima
    Rancangan khusus kertas silver halide yang dapat digunakan untuk high-end exhibition seperti museum dan galeri seni. Kertas ini dikenal memiliki lifespan yang tinggi serta kepadatan warna maksimum yang tinggi sehingga menghasilkan detail bayangan yang indah dan kehitaman yang sangat pekat.
  • Fujicolor Crystal Archive Pearl
    Sebuah kertas silver halide yang memberikan kesan berkilau seperti mutiara, dengan ketajaman tinggi serta reproduksi warna yang tegas. Kertas ini biasa digunakan untuk foto fashion, komersial hingga high-end display.

Para profesional dapat mencetak dengan berbagai ukuran yang disediakan, mulai dari 40cmx50cm hingga 120cmx200cm. Layanan professional printing ini bisa diperoleh di Wonder Photo Shop Central Park Mall dan Fujifilm Showroom Grand Indonesia mulai pertengahan Agustus mendatang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top