NEWS

Hadirkan Roro Kidul hingga Kabayan, Garena Ajak Pemain Kenali Budaya Lokal via Game Farming

en19ma   08 Jun 2020
Hadirkan Roro Kidul hingga Kabayan, Garena Ajak Pemain Kenali Budaya Lokal via Game Farming

Kini, para pemain game mobile bisa lebih mengenali budaya lokal melalui game terbaru besutan Garena, Fantasy Town. Bergenre farming simulator, Fantasy Town menghadirkan banyak elemen Indonesia dengan tujuan untuk melestarikan budaya via game.

Salah satunya dengan menghadirkan karakter-karakter yang berasal dari cerita rakyat asal Jawa Barat, yakni Kabayan dan Nyi Iteung. Selain kedua karakter tersebut, Fantasy Town juga menghadirkan karakter Legenda Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul, di dalam game tersebut.

“Kami harapkan, dengan mengenalkan karakter cerita rakyat melalui sebuah game farming [jadi] jauh lebih efektif, mengingat cerita rakyat yang menjadi akar budaya Indonesia mungkin sudah jarang [untuk] diminati oleh anak-anak jaman sekarang,” ujar Produser Fantasy Town, Edmundo Swidoyono.

Peluncuran Fantasy Town juga mendapatkan respon positif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. "Dalam masa [ini], kita menghadapi dampak pandemi Covid-19 di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, digitalisasi menjadi makin terakselerasi. Mobile Games [merupakan] salah satu subsektor ekonomi kreatif, khususnya pengembangan gamifikasi. Rasanya, cukup efektif untuk memperkenalkan budaya dan cerita rakyat melalui sebuah Mobile Games, yang belakangan ini menjadi primadona. Kami harapkan, ke depannya semakin banyak developer games yang mengangkat dan memperkenalkan cerita rakyat Indonesia, [sehingga] sejalan dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia," ujar Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Karakter Roro Kidul, skin Kabayan dan Nyi Iteung bisa didapatkan secara gratis oleh para pemain dengan melakukan pra-registrasi dan pendaftaran melalui fantasytown.co.id.

Seluruh pemain yang telah mendaftarkan diri dalam masa pra-registrasi akan menerima sejumlah hadiah in-game berdasarkan total pemain yang ikut melakukan pra-registrasi. Artinya, semakin banyak yang mendaftarkan diri, maka akan semakin banyak juga hadiah yang bisa didapatkan. Di event ini, selain Roro Kidul, Kabayan, dan Nyi Iteung, pemain juga bisa mendapatkan hadiah tambahan yang terdiri dari 1.000 gold, rare summon scroll x3, dan 100 ruby.

Tidak berhenti hingga di situ saja, karena melalui event lainnya, yaitu daily spin, pemain juga berkesempatan untuk memiliki hadiah karakter Radu yang terinspirasi dari pakaian adat Madura, dan bahkan bisa membawa pulang iPhone X secara gratis. Untuk mendapatkan kesempatan melakukan spin, pemain cukup menyelesaikan beberapa misi yang terdiri dari masuk ke dalam website event di fantasytown.co.id pada setiap harinya, membagikan event ke lima teman lainnya, serta mengikuti akun resmi media sosial, yaitu Instagram (@fantasytown.id), Facebook (FantasyTown.ID), dan YouTube (Garena Fantasy Town Indonesia).

Jadi, tunggu apa lagi? Ajaklah teman-temanmu untuk ikut melakukan pra-registrasi game Fantasy Town sekarang juga!

Tentang Fantasy Town

Fantasy Town adalah game online bergenre farming simulator yang mengajak pemainnya untuk bercocok tanam, membangun kota impian, hingga bertualang untuk menjelajahi tempat-tempat baru serta melawan berbagai Monster. Game ini dikembangkan oleh Arumgames dan akan dirilis oleh Garena Indonesia di App Store dan Playstore.

Fantasy Town sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama teman. Pemain dapat berinteraksi dengan pemain lain dan mendapatkan banyak keuntungan, seperti berdagang dan membantu teman untuk berkembang secara bersama-sama. Bagi pemain yang menyukai tantangan, mereka dapat mengumpulkan pahlawan (karakter di dalam Fantasy Town) untuk menjelajahi area misterius dan menaklukkan berbagai Monster di dalamnya. Dari sini, pemain akan menerima hadiah in-game, yang bisa digunakan untuk membangun kota yang lebih besar lagi.

Juga, terdapat fitur skin di dalam dunia fantasi ini yang memungkinkan setiap pemain jadi bebas berkreasi dalam memodifikasi karakternya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top