NEWS

Hadirkan Beragam Acara Esports, Game, Edukasi, hingga Hiburan, Baparekraf Game Prime 2020 Online akan Berlangsung 5 Hari!

en19ma   30 Jul 2020
Hadirkan Beragam Acara Esports, Game, Edukasi, hingga Hiburan, Baparekraf Game Prime 2020 Online akan Berlangsung 5 Hari!

Event industri game terbesar di Indonesia bertajuk Baparekraf Game Prime 2020 Online akan berlangsung selama lima hari, yaitu mulai tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020 mendatang, dan siap menghadirkan banyak acara menghibur, mulai dari yang bertema game dan esports, hingga edukasi!

Acara tahunan yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID ini sejatinya dimulai sudah empat kali berlangsung sejak tahun 2016 lalu dengan tajuk BEKRAF Game Prime, dan pada tahun kelimanya ini, berevolusi menjadi Baparekraf Game Prime.

Hadir dengan tajuk baru, event Baparekraf Game Prime 2020 Online juga akan mengusung konsep pelaksanaan yang baru, yaitu para penonton bisa menyaksikannya secara langsung melalui penayangan online.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 telah membatasi aktivitas kita di luar rumah. Namun, Baparekraf Game Prime tetap berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan game Tanah Air. Dalam kegiatan ini, juga dilaksanakan acara esports, game, edukasi, hingga hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara online atau daring.

Konsep daring yang dibawa oleh Baparekraf Game Prime 2020 Online juga merupakan yang pertama untuk ada di Indonesia dalam hal pameran dan eksibisi.

“Baparekraf Game Prime (BGP) bertujuan untuk meningkatkan kualitas developer game Indonesia melalui pertukaran ilmu dengan developer dan pelaku industri game internasional, serta meningkatkan exposure dari game-game lokal agar bisa diketahui lebih banyak oleh masyarakat luas. Dengan adanya acara ini, diharapkan game buatan anak negeri dapat bersaing dengan game internasional di pasar nasional mau pun internasional.” tutur Josua Puji Mulia Simanjuntak, Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

“BGP 2020 ini adalah BGP yang kelima. Artinya, setiap tahun, kita berkomitmen untuk mengadakan Baparekraf Game Prime ini untuk memfasilitasi para teman-teman game developer untuk berjejaring, untuk memperkenalkan game mereka yang baru,” kata Josua Puji Mulia Simanjuntak dalam acara konferensi pers Baparekraf Game Prime 2020“Dan, kita memang mempunyai komitmen untuk mengakselerasi industri game di Tanah Air. Teruslah berkarya, kami terus berkomitmen untuk membawa, mengembangkan game Indonesia ini,” lanjutnya.

Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif menambahkan harapan mengenai hasil dari dilaksanakannya Baparekraf Game Prime 2020. Beliau mengatakan, dengan adanya Baparekraf Game Prime 2020 ini, diharapkan industri game nasional akan maju dan memberikan kontribusi yang lebih.

“Yang pasti, pertama ini, kita ingin memajukan industri game nasional. Kalau sudah maju, harapannya adalah kontribusinya kepada GDP [menjadi] naik. Sekarang, sudah tinggi, akan tambah naik lagi. Nantinya, setelah itu, eksistensi game Indonesia mulai diperhitungkan, baik di Indonesia mau pun di Internasional, terutama,” kata Yuana Rochma Astuti.

“Kemudian, yang tidak kalah penting, kita bisa menemukan potensi gamer di daerah. Potensi-potensi itu yang harus kita cari terus. Terakhir, yang pasti, meningkatkan jejaring seluas-luasnya. Jadi bertambah pengetahuan,” lanjut Yuana Rochma Astuti.

Sementara, keberadaan Baparekraf Game Prime 2020 bagi para pelaku industri game di Indonesia menjadi ajang untuk menciptakan sejarah baru, seperti yang diwakilkan oleh Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia, Cipto Adiguno. “Selama beberapa tahun terakhir, Game Prime telah berkembang menjadi acara akbar bagi pemain game di Indonesia. Tidak hanya anak muda, Game Prime juga menjangkau orang tua dan anak-anak,” ungkapnya.

“Di era yang semakin digital seperti sekarang, game menjadi medium yang diterima oleh masyarakat umum dan tidak lagi sekadar ‘mainan anak kecil atau anak muda.’ AGI berharap, Game Prime dapat memperkenalkan game ke masyarakat luas, mengedukasi baik-buruknya pada orangtua dan anak, dan berbagi keseruan digital yang di saat pandemi ini menjadi jalan keluar [bagi] masyarakat yang terkurung di rumah masing-masing,” lanjut Cipto Adiguno.

Tambahan lain dari CEO GGWP.ID, yang juga hadir di konferensi pers Baparekraf Game Prime 2020, adalah mengenai konsep online yang pertama kali diusung di sepanjang pelaksanaan Game Prime tidak akan mengurangi esensi untuk memperkenalkan game buatan Indonesia. “Game Prime selalu menciptakan sejarah setiap tahunnya. Tahun ini, untuk pertama kali, kita hadir dalam format online tanpa mengurangi esensi memperkenalkan game buatan Indonesia di mata dunia,” ujar Ricky Setiawan, CEO GGWP.ID.

Baparekraf Game Prime 2020 Online akan berlangsung selama lima hari, yaitu mulai tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020 mendatang, dan siap untuk menghadirkan banyak acara yang menghibur, mulai dari yang bertema game dan esports, hingga edukasi!

Ada pun rangkaian acara yang akan berlangsung dan bisa disaksikan oleh para penonton adalah Indie Game Exhibition, Masterclass, dan Webinar untuk peminat pengembangan game, Werewolf dan Tebak Gambar bersama influencer, dan tentunya, turnamen esports PUBG Mobile Online Tournament dengan total hadiah sebesar Rp100.000.000, yang akan mengundang sebanyak 14 tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online!

Dukungan untuk Karya Developer Lokal melalui Indie Game Exhibition

Banyak game yang sudah dikembangkan oleh developer game di Indonesia, namun masih banyak gamer mau pun masyarakat umum yang tidak memainkan atau bahkan tidak mengetahuinya.

Baparekraf Game Prime 2020 Online menghadirkan online exhibition melalui situs https://www.gameprime.org, yang menampilkan banyak game karya anak bangsa dari berbagai developer Indonesia! Momen ini juga menjadi waktu yang tepat untuk mulai mengenal game-game yang dikembangkan oleh developer game Indonesia.

Setidaknya, ada sebanyak 30 game karya developer lokal yang dipamerkan di Baparekraf Game Prime 2020 Online melalui sesi online exhibition di https://www.gameprime.org. Seluruh game mengusung tema yang unik dan, tentunya, mencerminkan kreativitas dari industri game yang sangat beragam serta terus berkembang dari masa ke masa.

“Kemenparekraf bekerjasama dengan AGI telah melakukan kurasi terhadap 80 game yang mendaftar melalui program ini. Dari total game developer tersebut, telah terpilih 30 game developer yang dapat memamerkan karyanya pada event ini. Game developer tersebut berkesempatan untuk meningkatkan publisitas game-nya melalui event ini. Diharapkan, dengan adanya event ini, game developer yang berpartisipasi dapat meningkat penjualannya serta membawa nama harum Indonesia di pangsa nasional mau pun internasional,” tutur Josua Puji Mulia Simanjuntak.

Review Indie Game bersama Republik Sultan dan Milokuma

Nantinya, 10 studio terpilih di Baparekraf Game Prime 2020 ini akan diulas oleh Republik Sultan dan Milokuma. Tentunya, Republik Sultan dan Milokuma akan langsung memainkan serta memberikan pendapat tentang game yang dimainkan!

Kalian bisa menyaksikan bagaimana Republik Sultan dan Milokuma memainkan serta memberikan ulasan dari game-game terpilih pada tanggal 1 Agustus 2020 nanti, yang ditayangkan melalui kanal YouTube Asosiasi Game Indonesia.

Masterclass dan Webinar untuk Para Peminat serta Pelaku di Industri Game

Bagi para pengembang game, atau yang ingin tertarik terjun ke dunia pengembangan game, maka Masterclass dan Webinar yang diadakan Baparekraf Game Prime 2020 Online bisa menjadi satu bagian yang wajib untuk diikuti.

Sesi Webinar dan Masterclass akan berlangsung pada tanggal 2 Agustus 2020, dan akan ditayangkan di YouTube Asosiasi Game Indonesia.

Akan ada berbagai topik yang hadir, seperti bagaimana membuat game yang diawali dari coretan ringan, bagaimana membuat desain karakter game, hingga cara untuk meningkatkan karir ketika berkecimpung di pengembangan game.

Berikut adalah sesi-sesi yang akan berlangsung di Webinar Baparekraf Game Prime 2020:

Sesi 1:  Level Up Your Caeer in Game Development

  • Speakers: Rianti Hidayat (Chief Designer - Gung Ho Entertainment) dan Anggia Lestari (Co Founder - Masshive Media)

Sesi 2: SEA Gamer Insight and How to Win the Market

  • Speakers: Ricky Setiawan (CEO GGWP.ID)

Sesi 3: Behind the Scenes AAA Games

  • Speakers: Ken Lai (CEO Brandonville Studio)

Sesi 4: Opportunity in The Middle of Pandemic

  • Speakers: Josua Simanjuntak (Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif), Samuel Abrijani P (Ditjen APTIKA - Kemkominfo), dan Cipto Adiguno (Ketua Asosiasi Game Indonesia)

Sesi 5: How to Protect Your IP

  • Rachmad Imron (CEO Digital happiness), Kris Antoni (CEO Toge Production), Jack Wong (GM MNC Licencing and IP Distribution)

Sedangkan, sesi-sesi yang berlangsung di Masterclass Baparekraf Game Prime 2020 adalah:

Sesi 1: How to Make a Simple Game from Scratch

  • Speaker: Ramadhany Chandra (COO Maulidan Games)

Sesi 2: Game Character Design: From Scratch to Finish

  • Speaker: Brigitta Rena (Co-founder Mojiken Studio)

Sesi 3: Shorten Your Development Timeline with Unreal

  • Chris Murphy (Evangelist - Epic Games)

Menjadi developer game merupakan salah satu hal yang menjanjikan di masa depan. Oleh karena itu, pengembangan ilmu, jejaring, dan, tentunya, kreativitas di berbagai aspek untuk pengembangan game bakal diperlukan.

Masterclass serta Webinar di Baparekraf Game Prime 2020 ini menjadi fasilitas bagi yang ingin mengembangkan diri di industri serta pengembangan game.

“Berkarir sebagai game developer itu menjanjikan untuk masa depan. Jadi, jangan takut kalau nanti ditanya mau jadi apa kalau sudah lulus sekolah. Jadi game developer itu kita akan memfasilitasinya, membukakan jalan sampai ke mancanegara. Yang penting adalah do your best!” kata Josua Puji Mulia Simanjuntak.

Werewolf dan Tebak Gambar bersama Influencer

Pernah lihat para influencer mau pun publik figur, seperti Raditya Dika, Chandra Liow, Dimas Danang, Imam Darto, Onad, Mak Beti, Edelyn, dan lainnya, bermain Werewolf mau pun Tebak Gambar bersama-sama? Nah, momen yang sangat langka dan pasti menghibur ini juga akan meramaikan Baparekraf Game Prime 2020 Online!

Sebagai salah satu elemen dan juga pelaku di industri kreatif, keberadaan para publik figur, influencer, hingga caster yang biasanya selalu menemani pertandingan esports, juga mengambil bagian dengan bermain game ini sambil membawa keunikannya masing-masing.

Mereka akan seru-seruan bareng dengan memainkan Werewolf yang mewakili board game, yang menjadi salah satu game kreatif yang terus berkembang, dan Tebak gambar secara online.

Keseruan mereka pastinya bisa disaksikan oleh siapa pun pada tanggal 4 hingga 5 Agustus 2020 di kanal YouTube GGWP.ID.

Baparekraf Game Prime 2020 PUBG Mobile Online Tournament

Sebanyak 16 tim PUBG Mobile yang terdiri dari 14 tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online akan bertanding demi memperebutkan total hadiah sebesar 100 juta Rupiah pada tanggal 4 hingga 5 Agustus 2020, dan bisa disaksikan secara langsung melalui livestream di kanal YouTube GGWP.ID!

Seluruh tim yang nantinya akan bertanding adalah Louvre Esports, Morph, The Pillar, Bigetron ION, AURA, RRQ Ryu, Aerowolf, GEEK FAM, BOOM Esports, ONIC, NFT, BONAFIDE, Victim Esports, Alter Ego, NERO Team, dan FORA Esports.

Donasi melalui KitaBisa, Bisa dapat Console Game dan Kursi Gaming

Satu hal yang menunjukkan bahwa gamer juga peduli dengan pandemi pada saat ini, Baparekraf Game Prime melalui kerjasama dengan KitaBisa telah menggalang gerakan #GamersPeduli. Melalui gerakan ini, siapa saja bisa memberikan donasi untuk mendukung para staf medis yang berada di garda depan serta korban dari pandemi COVID-19.

Untuk seluruh orang yang berdonasi melalui gerakan #GamersPeduli ini, akan ada apresiasi berupa satu unit console Nintendo Switch, PS4 Pro, dan kursi gaming serta hadiah menarik lainnya untuk donatur yang beruntung.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top