REVIEW

Grow Empire: Rome, Jadilah Julius Caesar & Kuasai Seluruh Eropa!

Andy Chan   06 Jul 2020
Grow Empire: Rome, Jadilah Julius Caesar & Kuasai Seluruh Eropa!

Di jaman Romawi kuno, jadilah Julius Caesar, pimpinan republik Roma yang gagah. Misimu adalah untuk mengalahkan ngeara-negara lain di Eropa dan kuasailah seluruh dunia dengan pasukan Romawi, senjata berat, tentara bayaran, dan lain sebagainya. Ini adalah waktunya perang, ini adalah waktunya memainkan Grow Empire: Rome!

Bergenre Tower Defense

Pada dasarnya, Grow Empire: Rome buatan Games Station ini adalah sebuah game tower defense, di mana pemain memasang prajurit untuk mengalahkan pasukan musuh yang menyerang Roma. Namun tidak hanya tower defense saja, karena pemain tidak hanya bertahan saja, dan bisa mengirimkan pasukannya untuk mengalahkan musuh dan merebut daerah kekuasaan mereka. Ya, boleh dibilang game ini adalah campuran Tower Defense dan strategi yang memiliki elemen role-playing.

Menguasai Eropa

Seperti yang disebutkan, misi pemain adalah untuk merubah republik Roma yang kecil menjadi sebuah negara terbesar di dunia. Ada tiga macam permainan yang bisa dinikmati pemain di sini, yaitu tower defense, menyerang dan merebut wilayah musuh, serta pembangunan markas.

Tower Defense

Permainan utama dari Grow Empire: Rome adalah tower defense. Di sini, pemain harus bertahan dari serangan musuh yang bertubi-tubi dengan cara mengeluarkan pasukan dan menggunakan skill. Pasukan yang disediakan pada mulanya memang hanya orang-orang desa saja, namun pemain akan bisa membeli pasukan-pasukan yang lebih kuat nantinya.

Pemain juga bisa menggunakan skill, yang akan berguna untuk mengalahkan lawan, baik secara tidak langsung seperti memberikan buff pada pasukan, atau secara langsung dengan menembakkan hujan panah.

Menyerang dan Merebut Wilayah Musuh

Tentu saja, hanya dengan bertahan, Julius Caesar tidak akan bisa menguasai Eropa. Oleh karena itu, dia harus menyerang wilayah musuh dengan cara mengirimkan pasukan. Setiap pasukan memiliki cost untuk dikirimkan, dan mereka harus bertarung tanpa ada bala bantuan. Tapi begitu pemain berhasil menguasai wilayah tersebut, maka tempat itu akan menghasilkan uang secara otomatis.

Upgrade Markas dan Pasukan

Markas milik pemain pada mulanya tampak hanya seperti kamp militer saja, namun dengan menggunakan kas negara, pemain akan bisa meng-upgrade markas tersebut agar menjadi lebih megah dan mematikan, baik itu dengan memperkuat tembok pertahanan, kekuatan pemanah, dan lain sebagainya. Selain itu, pemain juga bisa membeli skill-skill baru, serta melakukan upgrade pada pasukan yang dimilikinya agar bisa meng-unlock pasukan baru yang lebih kuat.

Grafis Kartun yang Imut

Menggunakan grafis kartun, Grow Empire: Rome memang tidak akan memukau di segi grafis. Namun penggunaan artworknya ini justru membuat game-nya tampak agak imut. Ditambah dengan efek-efek suara peperangan yang meskipun sederhana, namun iringan lagu perang yang cukup epik membuat permainan menjadi lebih seru.

Offline tanpa Sistem Stamina

Grow Empire: Rome menggunakan sistem free-to-play, sehingga pemain akan dibebani dengan berbagai iklan sepanjang permainan. Tapi berhubung game-nya bisa dimainkan secara offline, maka iklan-iklan tersebut bisa dilenyapkan. Asyiknya, game ini juga bisa dimainkan secara bebas, karena sistem stamina / energi absen. Mikrotransaksi dihadirkan untuk pembelian mata uang premium, Gems, yang bisa digunakna untuk membeli loot box berisikan kartu-kartu pembantu, atau tentara bayaran.

Dengan lebih dari 1500 wave musuh, lebih dari 120 kota Eropa untuk direbut, puluhan pasukan untuk diunlock, dan lain sebagainya, game yang satu ini lumayan adiktif untuk dimainkan. Berminat menguasai Eropa bersama Julius Caesar? Cobalah Grow Empire: Rome! Veni Vidi Vici!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top