NEWS

Google Segera Hadirkan Fitur Screenshot Terbaru di Android

Christa   13 Nov 2020
Google Segera Hadirkan Fitur Screenshot Terbaru di Android

Perusahaan internet raksasa, Google memang tidak henti-hentinya untuk berinovasi. Belum lama ini, Google sedang mengembangkan dua fitur baru untuk pengguna Android. Fitur tersebut adalah Long Screenshot (penangkapan layar panjang) dan Incognito Screenshot yang juga dipersiapkan oleh Google untuk pengguna browser Chrome. Kedua fitur screenshot ini memiliki fungsi yang berbeda tentunya.

Bagi para pengguna Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur screenshot di ponsel android. Namun, fitur besutan Google ini menawarkan keuntungan yang berbeda untuk para pengguna Android. Kelebihannya terletak pada kemampuan tangkap layar secara utuh tanpa terpotong pada layar website yang dibuka. Jadi, pengguna tidak perlu lagi merasa kerepotan untuk menyimpan seluruh informasi yang dibutuhkan.

Fitur ini pertama kali diketahui oleh Chromestory.com yang menemukan kode di dalam browser Chrome. Kode tersebut bertuliskan, "Chrome Share Long Screenshots: Enables UI to edit and share long screenshots on Android".

Selain fitur Long Screenshot, Google juga akan menambahkan update terbaru pada mode Incognito-nya. Mode Incognito adalah mode penyamaran yang dapat digunakan di Chrome, serta berfungsi untuk melindungi data pribadi dari website yang dibuka. Di samping itu, mode ini juga tidak akan membawa cookies dan dapat menghapus jejak browsing history pada website yang dikunjungi pengguna.

Sejauh ini, Google tidak mengizinkan penangkapan layar pada saat mode Incognito digunakan. Namun seperti yang diketahui dari Android Police, developer Google sedang memperbaiki masalah ini, agar penggunanya dapat melakukan penangkapan layar saat berada di dalam mode Incognito. Jika ingin menggunakannya, para pengguna harus mengaktifkan fitur ini secara manual sampai Google benar-benar menyelesaikan update ini sepenuhnya. Hal ini tentunya sangat membantu, apabila pengguna harus mengambil screenshot di ponsel milik orang lain ataupun saat browsing dalam mode Incognito.

Sampai berita ini dirilis kedua fitur ini belum tersedia di aplikasi Chrome dan masih dalam tahap pengembangan. Meski demikian, kedua fitur ini diperkirakan akan diluncurkan dalam waktu dekat. Namun, buat yang merasa penasaran dengan fitur tersebut, pengguna bisa mencoba aplikasi bernama LongShot. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top