NEWS GADGET

Google sedang Kerjakan "One-Handed Mode" untuk Android 12

Dwi K   19 Feb 2021
Google sedang Kerjakan "One-Handed Mode" untuk Android 12

Selama bertahun-tahun, para pembuat handphone telah membuat perangkat yang lebih besar dan lebih tinggi. Meski pun hal itu membuat penggunaan media jadi lebih menyenangkan di handphone, hal itu nyatanya mengakibatkan banyak ponsel jadi tidak mudah untuk digunakan dengan satu tangan saja. Untuk mengimbanginya, beberapa pembuat ponsel pun telah mengembangkan solusi software untuk meningkatkan penggunaan satu tangan, terutama Apple dengan fitur Reachability-nya. Sekarang, Google akan menghadirkan versinya sendiri atas fitur One-Handed Mode tersebut di Android 12.

Begitulah, Google telah mengembangkan fitur One-Handed Mode untuk dimasukkan ke dalam AOSP, yang merupakan versi open-source dari Android. Artinya, fitur tersebut dapat diakses oleh semua pembuat handphone yang menggunakan AOSP. Lebih pentingnya lagi, ini mengartikan bahwa OEM yang belum mengembangkan fitur One-Handed Mode milik mereka sendiri akan dapat menggunakan software versi Google tersebut. Namun, belum diketahui menyoal apakah Google berencana untuk mengimplementasikan fitur One-Handed Mode tersebut pada semua perangkat Android 12.

Penambahan One-Handed Mode di Android 12 tersebut datang dalam kurun waktu yang lama setelah banyak OEM membuat versi fitur milik mereka sendiri. Pada satu titik, Huawei sebagai pembuat handphone dari China bahkan mencoba untuk mengirimkan versi fitur tersebut ke AOSP, tetapi Google menolak penambahan itu. Belum diketahui terkait mengapa Google menolak versi tersebut, tetapi bukanlah hal yang aneh jika Google meluangkan waktu untuk menerapkan fitur utama yang sudah ada di handphone Android.

Google juga akhirnya memperkenalkan fitur screenshot bergulir di Android 12, yang membutuhkan waktu bertahun-tahun setelah diterapkan oleh OEM. Pada tahun lalu, Google mengatakan bahwa mereka tidak ingin menerapkan scrolling screenshots dengan setengah-setengah. Google menunjukkan bagaimana beberapa implementasi OEM gagal untuk berfungsi pada halaman tertentu atau gagal merangkai gambar pada saat melakukan screenshots melalui tampilan tertentu. Selain menyusutkan dan memposisikan ulang semua elemen UI sistem, Google juga harus mempertimbangkan bagaimana One-Handed Mode bakal mempengaruhi aplikasi-aplikasi pihak ketiga karena penerapannya akan memengaruhi seluruh ekosistem Android yang ada, bukanlah hanya terhadap sebagian perangkat saja.

Sayangnya, belum ada gambar terkait One-Handed Mode pada Android 12, Namun, diperkirakan bahwa Developer Preview Android 12 pertama akan dipublikasikan sekitar akhir bulan ini. Jadi, mungkin tidak perlu menunggu lama untuk dapat melihat fitur tersebut. Namun, belum dapat dikonfirmasikan juga secara pasti mengenai apakah Google akan menyertakan fitur tersebut dalam Developer Preview, atau bahkan, dalam rilis Beta mendatang. Jika Google memutuskan bahwa fitur tersebut masihlah belum siap untuk dirilis, maka kita mungkin tidak akan melihat fitur tersebut hingga versi Android per tahun depan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top