TIPS TRIK

Google Play Store Error? Inilah Cara Mengatasinya

Dikdok   25 Jan 2017
Google Play Store Error? Inilah Cara Mengatasinya

Bagi kalian, para pengguna platform Android, pastinya telah sangat mengetahui perihal Google Play Store, bukan? Ya, dengan toko aplikasi resmi dari Google untuk perangkat berbasis Android ini kita dapat mencari banyak hal dengan sangat mudah. Mulai dari buku, film, musik hingga game. Namun, bukan berarti bahwa Google Play Store tidaklah luput dari cela. Beberapa pengguna Android pastinya pernah juga mengalami hal yang menjengkelkan saat berurusan dengannya, seperti proses download yang gagal atau Google Play Store yang tidak dapat dibuka.

Dari beberapa contoh kasus dari error yang dialami, Google Play Store akan memberikan notifikasi-notifikasi yang berbunyi “Google Play Retrieving Information From Server,” “Google Play Error 491,” “Google Play Error RPC,” atau “Google Play Error No Connection.” Hal ini tentunya menjengkelkan, bukan?

Lalu, apakah kalian juga pernah mengalami masalah seperti ini? Jika ya, berikut adalah cara-cara mengatasi error pada Google Play Store, yang dirangkum dari Droidlime pada beberapa waktu lalu:

Periksa koneksi internet

Ya, mengecek koneksi internet memang terlihat sangat sepele. Namun, terkadang dengan mengecek koneksi internet nyatanya dapat memecahkan masalah. Cobalah untuk beralih dari jaringan WiFi ke data seluler, atau sebaliknya.

Periksa waktu dan tanggal

Google akan selalu memeriksa waktu dan tanggal pada saat kalian menjalankan Google Play Store. Jika waktu dan tanggal didapati tidak sesuai, maka kan timbul masalah pada Google Play Store. Untuk memperbaiki masalah tersebut, perbaruilah waktu dan tanggal pada smartphone kalian. Kalian pun bisa mengatur format pendeteksian waktu dan tanggal secara otomatis. Namun, jika Google Play Store didapati masih tetap error, kalian juga bisa mencoba untuk mengatur tanggal dan waktu secara manual.

Bersihkan cache dan data Google Play Store

Pada beberapa kasus, masalah pada Google Play Store dapat terselesaikan dengan mengosongkan cache. Cache sendiri merupakan tempat penyimpanan data sementara sehingga data aplikasi dapat cepat dibuka tanpa perlu dimuat ulang. Cobalah pergi ke menu pengaturan untuk membersihkan cache yang ada. Jika masalah belum terselesaikan, cobalah hapus data pada aplikasi Google Play Store juga dengan klik tombol Clear Data.

Sign-in ulang

Jika masalah pada Google Play Store masih belum juga terselesaikan, maka cobalah untuk mengatur ulang akun Google. Hal ini dapat dicoba dengan cara menghapus akun Google yang sudah ada. Dan, selanjutnya, masukkan akun tersebut kembali. Atau, kalian mungkin bisa membuat dan mendaftarkan akun Gmail yang benar-benar baru.

Perbarui Google Play Store

Terkadang smartphone yang kita gunakan tidak melakukan pembaruan Google Play Store secara otomatis. Jika Google Play Store secara tiba-tiba mengalami error, maka tidak ada salahnya untuk mengecek versinya, karena mungkin error tersebut diakibatkan karena versi Google Play Store yang sudah terlalu lama.

Perbarui Google Play services

Sama halnya seperti Google Play Store, kita juga harus memperbarui Google Play services dengan versi terbaru. Karena, untuk dapat berjalan dengan lancar, Google Play services sangat dibutuhkan. Jadi, usahakanlah untuk mengecek versi Google Play services kalian juga. Jika sudah tidak up-to-date, segeralah lakukan pembaruan.

Nonaktifkan VPN

Bila semua langkah juga masih gagal untuk menyelesaikan masalah pada Google Play Store, langkah terakhir yang bisa dicoba adalah menonaktifkan VPN. Memang benar, dengan mengaktifkan VPN, kalian akan menemukan informasi menarik di luar lokasi geografis kalian. Bahkan, kalian dapat meng-install aplikasi Google Play Store dari negara lain. Meski begitu, VPN juga dapat menyebabkan masalah tersendiri pada Google Play Store di wilayah kalian tinggal saat ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top