TIPS TRIK

Google Play Bermasalah? Inilah Cara Mudah untuk Memperbaikinya!

Eroneko   05 Dec 2016
Google Play Bermasalah? Inilah Cara Mudah untuk Memperbaikinya!

Kita semua pernah mengalami masalah pada saat membuka Google Play Store. Entah itu karena disebabkan terjadinya error saat men-download aplikasi, atau Google Play memang tidak terbuka sama sekali. Jangan khawatir, JurnalApps punya solusinya. Di sini, penulis akan memberikan cara untuk mengatasi agar Google Play Store terbebaskan dari masalah dan kembali bekerja dengan semestinya.

Cek tanggal dan waktu smartphone kalian

Tanggal dan waktu di smartphone kalian haruslah sesuai dengan waktu pada Google Play Store. Kalau tidak, maka akan terjadi beberapa masalah. Biasanya, kalian tidak akan bisa men-download aplikasi atau aplikasi tersebut bakal error saat digunakan.

Cara mengatasinya, kalian harus masuk ke Settings pada smartphone kalian. Kemudian, pada “System,” kalian bisa melihat “Date and time.” Setelah itu, kalian akan melihat pilihan “Automatic date and time” dan pastikanlah agar kalian menyalakannya.

Jika masih tidak sinkron juga, maka kalian harus memasukkan tanggal dan jam secara manual. Caranya, dengan mematikan “Automatic date and time.” Kemudian, masukkanlah tanggal dan jam di saat ini. Jika sudah sesuai dan ternyata masih bermasalah, jangan khawatir. Masih banyak solusi lainnya.

Hapus cache Google Play Store

Terkadang, kalian harus membersihkan cache Google Play Store untuk membuatnya dapat berjalan lancar lagi. Cache adalah area penyimpanan sementara atas data yang diakses di Google Play, jadi dengan keberadaannya itu, kalian bisa membuka Google Play Store dengan cepat. Nah, dengan membersihkan cache Google Play, maka Google Play Store pun bisa diakses dengan lebih mudah dan cepat.

Caranya mudah. Pertama, buka Setting smartphone kalian, kemudian buka “Apps” atau “Application Manager” tergantung dari smartphone kalian. Kemudian, kalian bisa memilih pilihan “Clear Cache” untuk membersihkan cache dari seluruh aplikasi yang tertanam di smartphone kalian.

Jika cara ini tidak berhasil, kalian bisa mencoba untuk membersihkan data dari aplikasi dengan cara memilih “Clear Data.” Cara ini biasanya manjur untuk membuat Google Play kembali berjalan lancar.

Install Google Play Services yang terbaru

Pastikanlah agar kalian meng-install Google Play Service yang terbaru. Caranya bisa dengan membuka Google Play Services di Google Play Store, atau dengan cara menyalakan fungsi Auto-update apps agar seluruh aplikasi kalian tetap berada dalam kondisi paling update dan kalian pun bisa menggunakan Google Play Store dengan lancar.

Google Play services Tools and Utilities Android Free Download

Reset akun Google pada smartphone kalian

Jika Google Play kalian masih juga tidak bisa digunakan, maka inilah cara paling drastis yang bisa kalian lakukan. Caranya adalah dengan mengeluarkan akun Google dari smartphone kalian, kemudian memasukkannya lagi. Namun, resikonya adalah kalian bisa kehilangan akun Google jika tidak berhati-hati.

Caranya sendiri mudah. Cukup dengan membuka Settings dan pilih Accounts & sync, kemudian pilihlah akun Google yang ingin kalian hapus dari smartphone, dan pilih Remove account.

Setelah itu, kalian harus masuk ke Settings lagi, kemudian pilih Accounts & sync, dan pilih “Add Account.” Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang ada untuk memasukkan akun Google kalian ke smartphone kalian.

Cek Disabled apps kalian

Banyak aplikasi yang dibutuhkan agar smartphone kalian bisa berjalan dengan baik. Karena itu, coba cek aplikasi yang kalian matikan. Siapa tahu, aplikasi tersebut dibutuhkan oleh Google Play Store untuk berjalan dengan lancar.

Caranya mudah saja. Cukup buka Settings dan buka “Application Manager” dan lihat di daftar paling bawah. Di situlah letak dari aplikasi yang kalian matikan. Cukup pencet aplikasi tersebut dan pilih Enable, kemudian cek apakah Google Play Store kalian telah bisa digunakan kembali.

Matikan VPN kalian

Jika kalian memakai VPN, matikanlah VPN untuk membuat Google Play Store kalian berjalan sebagaimana mestinya. Caranya mudah saja. Cukup matikan VPN dari Settings dan pilihlah untuk mematikan.

Lakukan Factory reset pada Smartphone kalian

Cara terakhir jika seluruh cara di atas masih gagal adalah dengan melakukan Factory reset. Dengan melakukan Factory reset, semua data pada penyimpanan internal kalian akan hilang dan seluruh akun Google kalian pun akan hilang. Namun, setelah itu, smartphone kalian akan kembali seperti baru, dan kalian dijamin tidak akan mengalami permasalahan pada Google Play Store lagi.

Caranya cukup mudah. Cukup pergi ke Settings dan pilih “Backup & reset.” Setelah itu, pilih Backup data dan Backup account. Lantas, pilih “Factory reset” yang terletak di bawah sendiri untuk memulai proses Factory reset.

Apakah solusi di atas membantu kalian untuk memperbaiki Google Play Store? Kirim komentar kalian di bawah, ya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
xnxxhamster sexoscar pornnube xnxxhamster sexoscar pornnube
To Top