LOADING
NEWS

Google Hadirkan Spaces

Admin   17 May 2016
Google Hadirkan Spaces

Dengan status Google+ yang hidup segan dan mati pun tak mau, Google telah lama berada dalam masa pencarian dalam upayanya demi membantu para penggunanya untuk berbagi konten secara online. Kini, upaya terbaru mereka bernama Spaces, yaitu sebuah aplikasi baru yang standalone untuk percakapan grup terkait topik-topik yang spesifik.

Secara sederhana, kita membuat sebuah ‘Space’ yang didedikasikan secara khusus untuk sebuah minat tertentu, lalu teman-teman diundang untuk mendiskusikannya. Mungkin rasanya tak terlalu berbeda, tapi ada Google Search, YouTube, dan Chrome yang ikut dilebur ke dalam apps tersebut. Menjadikan kita tidak lagi perlu untuk berpindah antar apps untuk menemukan dan melihat konten yang dibagi.

Lebih jauhnya lagi, Spaces juga difungsikan sebagai sebuah apps untuk chatting. Ada jendela percakapan untuk membuat kita tetap up-to-date dengan hal-hal yang didiskusikan oleh teman-teman. Begitulah, mereka telah memastikan agar kita tak pernah meninggalkan Spaces untuk tetap bisa melanjutkan diskusi yang telah mengalir.

Memandang jauh ke depan, Google memikirkan bahwa apps tersebut dapat dipergunakan untuk banyak hal. Misalnya untuk klub membaca, kelompok belajar, membahas serial-serial TV, atau merencanakan perjalanan di akhir pekan. Mungkin terasa mirip dengan yang telah dirintis oleh Pinterest, tapi dengan fokus yang lebih spesifik untuk percakapan atau aktivitas grup yang kecil.

Kita dapat mengundang orang-orang untuk bergabung ke dalam sebuah Space (atau ruang, jika terasa lebih cocok) melalui berbagai platform layanan pesan instan yang diinginkan, juga e-mail mau pun media sosial. Juga terdapat sebuah fitur pencarian yang ditanamkan di dalamnya, hingga memudahkan kita untuk mencari postingan lama yang dibagikan tanpa terlalu banyak kerepotan.

Tampaknya, Google telah menempatkan ketertarikan yang baru terhadap segala bentuk percakapan di apps milik mereka. Baru-baru ini, sebuah layanan chatting telah ditambahkan ke YouTube. Mereka juga menambahkan fitur untuk berkomentar pada album-album Google Photos. Kini, kalian yang memiliki akun Gmail pun bisa menjajal Spaces, yang telah dirilis untuk Android, iOS, dan desktop.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top