NEWS

Google Calendar Siap Bantu Pengembangan Dirimu

Admin   19 Apr 2016
Google Calendar Siap Bantu Pengembangan Dirimu

Google Calendar telah mencapai usianya yang ke-10 di tahun ini, tapi layanan tersebut nyatanya belum menginginkan untuk beristirahat sampai kehidupanmu terasa lebih berarti.

Begitulah, melalui fitur mobile terbaru di Calendar, yang diumumkan di pekan lalu dan dinamai Goals, para pengguna dapat menentukan waktu luangnya secara otomatis untuk melakukan bermacam proses pengembangan diri, misalnya belajar bahasa baru atau berolahraga, dengan menyebutkan apa yang ingin dilakukan pada app ini dan menyerahkan padanya untuk menemukan waktu yang tepat di sela-sela jadwal keseharian yang padat.

Salah satu contoh, dengan merinci bahwa kalian ingin lebih sering untuk pergi ke gym sebagai sebuah tujuan pribadi, maka Calendar akan balik menanyakan kepadamu berapa kali dalam seminggu bakal pergi ke gym, untuk waktu berapa lama, dan manakah waktu dalam sehari yang diinginkan — pagi, siang, sore, atau pun malam.

Selanjutnya, app tersebut akan mengecek jadwalmu yang telah ditetapkan, yang penuh dengan meeting, janji makan siang, dan berbagai jadwal lainnya yang tak dapat diubah itu, lalu memasukkan tujuan pribadi milikmu tadi ke jadwal yang masih kosong.

Para pengguna dapat menyisihkan tujuan pribadi apa pun yang belum bisa diselesaikan (atau belum mau diselesaikan) sekarang, dan layanan ini akan memindahkannya ke jadwal yang lebih kosong lagi di hari yang sama. Secara otomatis, fitur tersebut juga akan memindahkan tujuan pribadi mana pun yang berbenturan dengan hal-hal yang ditambahkan secara manual ke jadwal nantinya.

Selain tujuan-tujuan pribadi yang terbilang standar, seperti "Exercise" dan "Build a Skill," para pengguna juga dapat menambahkan tujuan pribadi secara custom, mengartikan bahwa kalian dapat menggunakan app tersebut agar bisa memunculkan waktu yang terpisah untuk membaca, bermain video game, atau hanyalah sekedar bersantai.

Google mengatakan bahwa Calendar juga menggunakan semacam mekanisme pembelajaran untuk bisa lebih baik dalam hal mengatur jadwal atas berbagai aktivitas pada Goals. Misalnya, jika kalian bolak-balik menyisihkan sebuah aktivitas yang ditetapkan app tersebut di siang atau sore hari, maka layanan ini nantinya akan berhenti untuk mengaturkan jadwal apa pun di kurun waktu tersebut.

Meski fitur ini akan membantu orang-orang yang jadwalnya padat untuk menemukan waktu luang, tapi Goals tetaplah bakal bergantung pada penggunanya yang telah menetapkan jadwalnya secara teratur di Google Calendar. Misalnya belum pernah menjadwalkan apa pun, kalian yang tertinggal tak melakukan sebuah aktivitas sepanjang hari, maka app tersebut mungkin bakal memaksamu untuk belajar bahasa Prancis atau pun mengangkat beban selama waktu makan malam atau pun jam kerja.

Tapi, jika kalian masih menginginkan Google untuk membantu pengaturan waktu luangmu, Goals telah tersedia dalam Google Calendar dalam versi terbarunya di Android dan iOS.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top