REVIEW

Goldfish Collection, Sebuah Game Santai yang Menyenangkan Hati

Andy Chan   11 Feb 2018
Goldfish Collection, Sebuah Game Santai yang Menyenangkan Hati

Suatu hari, Anda telah menerima warisan berupa kolam peternakan ikan mas. Tugas Anda adalah untuk mengembangbiakkan para ikan mas tersebut dengan bantuan seekor anjing lucu. Apakah Anda sanggup melakukannya? Itulah latar belakang yang dibawakan oleh game Goldfish Collection karya Cross Field Inc.

Goldfish Collection merupakan sebuah game tentang memelihara ikan mas, mengembangbiakkan ikan mas, serta menjual ikan mas tersebut. Pemain bisa membuat para ikan mas di kolam tumbuh menjadi besar dengan cara memberi mereka makanan. Makanan ini ada beberapa macam variasi, ada yang gratis, ada pula yang perlu dibayar menggunakan uang. Beberapa di antara mereka memiliki efek khusus, seperti membuat ikan mas tumbuh lebih cepat, atau makanan jangka panjang.

Setelah ikan mas menjadi besar, Anda pun bisa menjualnya untuk mendapatkan uang. Nah, uang ini selain bisa digunakan untuk membeli makanan ikan, bisa juga digunakan untuk membeli berbagai macam peralatan kolam ikan, termasuk pompa, penyaring air, rumah anjing, serta dekorasi.

Selain memelihara ikan, Anda juga memiliki seekor anjing berjenis Shiba, yang bertugas untuk menjaga ikan-ikan tersebut dari ancaman kucing liar. Anjing Shiba ini harus diberi makan juga dan bisa dibelai agar tingkat afeksinya tinggi. Apabila tingkat afeksi sang anjing rendah, maka dia cenderung menjadi malas dan enggan mengusir kucing.

Anda juga bisa menggunakan item untuk mempercepat pertumbuhan ikan, mendapatkan ikan-ikan langka, dan berbagai efek unik lainnya. Namun sayangnya, untuk bisa mendapatkan item ini, pemain harus membelinya menggunakan mata uang premium bernama Drop. Dan sepertinya Drop ini akan sangat sulit didapatkan, harus dibeli via mikrotransaksi.

Asyiknya, Anda memiliki sebuah album foto ikan yang siap untuk diisi dengan berbagai macam ikan mas yang berhasil dikembangbiakkan. Itulah tantangan dari game ini, mengisi foto album, dan mempercantik pekarangan kolam sampai menjadi yang terbaik.

Goldfish Collection tampil menggunakan grafis kartun 2D dengan outline yang cukup jelas. Para ikan mas dianimasikan dengan menawan, demikian pula dengan anjing Shiba Inu milik Anda. Mereka semua kelihatan sangat imut, apalagi ditambah dengan lagu yang juga santai, membuat permainan ini menjadi sangat menyenangkan hati.

Asyiknya, Goldfish Collection hadir secara free-to-play dan tidak ada sistem stamina / energi. Tapi sayangnya, game ini sarat sekali dengan iklan, terutama iklan video yang sangat mengganggu. Setiap berpindah-pindah menu, And akan disodori iklan yang dijamin akan membuat kesal. Untungnya, game ini tidak butuh koneksi Internet, jadi iklan tersebut bisa dilenyapkan. Dan seperti yang sudah disebutkan, mikrotransaksi tersedia untuk pembelian Drop.

Meskipun Goldfish Collection merupakan sebuah game yang menyenangkan hati, namun sayangnya game ini lebih pantas disebut sebagai pekerjaan rumah alias pe-er. Ini dikarenakan kebutuhan para ikan mas yang senantiasa harus diperhatikan kelangsungan hidupnya, berikut juga anjing Shiba-nya.

Pertama, makanan ikan bisa habis. Ini saja sudah merupakan kewajiban Anda untuk kembali masuk ke dalam game dan memberi mereka makan. Kedua, anjing yang tidak diperhatikan kelamaan akan menjadi malas. Hal ini berpengaruh sekali dalam kelangsungan hidup ikan, karena anjing yang malas tidak akan mengejar kucing. Jadi apabila Anda termasuk orang yang memainkan sebuah game hanya sekali saja dalam satu hari, maka Anda akan menemukan bahwa ikan-ikan mas milik Anda akan mengambang di atas air keesokan harinya.

Jadi itulah yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda memainkan Goldfish Collection.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top