REVIEW

Godus, Game Dewa dari Peter Molyneux untuk Mobile

Andy Chan   11 Jan 2020
Godus, Game Dewa dari Peter Molyneux untuk Mobile

Bagaimana rasanya menjadi seorang dewa? Pimpinlah para pengikutmu dalam kehidupan sehari-hari mereka, lihat mereka hidup, belajar, dan berkembang di sebuah dunia yang luas. Rasakan bagaimana menjadi seorang dewa yang sangat kuat dalam sebuah simulasi dewa yang menawan. Inilah dia, Godus, sebuah game simulasi dewa untuk mobile!

Dari sang Kreator Fable, Peter Molyneux

Godus dikembangkan oleh 22cans, sebuah studio pengembang game yang didirikan oleh Peter Molyneux. Bagi yang belum pernah mendengar namanya, Molyneux adalah seorang game designer yang sudah biasa mengembangkan game-game dewa seperti Populous, Dungeon Keeper, dan Black & White. Tapi mungkin kalian lebih mengenal dirinya sebagai kreator seri game di Xbox, Fable. Nah, Godus ini adalah spiritual successor dari game Molyneux sebelumnya, Populous.

Menjadi seorang Dewa

Pemain memulai permainan dengan menyelamatkan sepasang manusia pria dan wanita dari bahaya tenggelam dengan cara menyentuh layar dan secara fisik membentuk dataran untuk mereka berpijak. Mereka pun menyembah pemain dan menjadi pengikutnya, sambil mencari sebuah tanah yang dijanjikan dan hidup di sana.

Mengurus Pengikut

Sebagai seorang dewa yang baik, pemain harus membantu mereka hidup mereka dengan cara membersihkan lokasi di sekitar tempat tinggal mereka agar mereka bisa tumbuh berkembang dan senantiasa gembira. Interaksi pemain kepada medan permainan semuanya dilakukan dengan menggunakan sentuhan, seperti menarik tanah agar lebih luas, atau menyentuh dan menahan sentuhan pada sebuah benda untuk menghancurkannya. Pemain juga bisa memupuk pertumbuhan peradaban ini sampai akhirnya bangkit dari jaman primitif ke jaman modern dengan menemukan berbagai teknologi baru.

Membuat Mukjizat

Bukan dewa namanya kalau tidak bisa melakukan mukjizat. Pemain memiliki akses untuk melakukan mukjizat, baik itu untuk melakukan hal-hal baik, atau melakukan hal-hal jahat. Dewa seperti apakah kalian? Hiasi lanskap pengikutmu dengan aliran sungai yang cantik, monumen dan hutan yang indah, atau jatuhkan meteor, siksa pengikut-pengikutmu dan bakar semua hutan yang ada? Keputusan ada di tangan kalian.

Dunia 3D yang Menawan

Godus adalah sebuah game yang cantik. Seluruh permainan ditampilkan dengan lingkungan 3D yang bisa dimanipulasikan bentuknya oleh pemain sesuka hati. Sedikit hal yang mungkin membuat canggung adalah pengaturan kamera, karena untuk menggeser kamera, pemain harus menggunakan dua jari. Hal ini berakibat seringnya terjadi kesalahan ketika ingin menggeser layar, bukannya layar tergeser, malah pemain membuat daratan baru atau hal-hal aneh lainnya di layar karena lupa menggunakan dua jari.

Sebuah Simulasi yang Online

22cans mempersembahkan Godus dengan model bisnis free-to-play, namun sebenarnya game ini adalah sebuah game simulasi online, sehingga pemain wajib terkoneksi ke Internet untuk bisa memainkan game ini. Akibatnya, tidak ada cara untuk menghindari banyaknya iklan yang mengganggu permainan. Pemain juga bisa membeli mata uang premium berupa Gems, yang berguna untuk membeli macam-macam hal seperti Belief, What, Stiker, dan juga bisa digunakan untuk secara instan membangun bangunan.

Mudahnya cara bermain dan epiknya membangun dunia sesuka hati membuat Godus pantas disebut sebagai penerus dari game dewa Populous dan Black & White. Jika kalian merasa kehilangan kedua game tersebut, kalian wajib mencoba Godus.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top