REVIEW

Ghostpol, Kisah Hantu Polisi sang Pengayom Masyarakat

Andy Chan   03 Jul 2019
Ghostpol, Kisah Hantu Polisi sang Pengayom Masyarakat

Pada sebuah kota, ada seorang seorang polisi yang memiliki keluarga bahagia. Namun sayangnya, dia ditembak mati akibat sebuah rencana kriminal yang dilakukan oleh organisasi misterius. Ternyata, bukannya meninggal dengan tenang dan meninggalkan dunia fana ini, ternyata sang polisi pun kembali terbangun sebagai seorang hantu yang memiliki kemampuan untuk mendengar pikiran seseorang. Berbekal kemampuan tersebutlah sang polisi pun mulai membantu orang-orang di kota memecahkan masalah dan melanjutkan penyelidikan kepada organisasi kejahatan misterius tersebut. Demikianlah latar belakang dari kisah game persembahan DoMobile Game berjudul Ghostpol.

Polisi Hantu

Ghostpol adalah sebuah game puzzle yang tidak linear. Dalam game ini, pemain berperan sebagai seorang polisi hantu yang bisa mendengar pikiran seseorang. Tujuan dari permainan adalah untuk membantu para penduduk menyelesaikan masalah-masalah mereka, mencari barang-barang bukti, serta menguak kenyataan mengenai organisasi misterius yang membunuhnya.

Dimainkan seperti Game Simulasi Kota

Uniknya Ghostpol, dalam game ini pemain tidaklah mengendalikan sang polisi hantu sama sekali. Pemain diberikan sebuah pandangan isometris sebuah kota, dan dengan bebas pemain bisa menyelidiki seluruh pelosoknya. Untuk membaca pikiran para penduduk kota, pemain cukup menyentuh mereka saja via layar sentuh.

Membantu Penduduk Kota

Biasanya di kota ada berbagai macam kejadian, dan pemain bisa menyelidiki mengenai kejadian tersebut, seperti seorang anak kecil yang topinya terbang dan tersangkut di pohon. Pemain bisa berinteraksi dengan benda-benda yang ada di dalam kota dengan cara menyentuhnya, misalnya menyentuh topi yang ada di atas pohon tersebut agar tertiup turun dan bisa diambil oleh sang anak kecil yang sedang sedih tersebut.

Bebas Memilih Kasus

Secara teknis, Ghostpol dimainkan secara "open world" alias pemain bebas memilih mau menyelesaikan kasus yang mana duluan yang ada di medan permainan. Uniknya, setiap kasus biasanya akan membawa pemain untuk menyelesaikan sebuah puzzle. Ada puzzle susun gambar, ada puzzle susun garis, dan macam-macam lainnya. Bebasnya pemain memilih kasus ini membuat permainan menjadi tidak linear dan menyenangkan untuk dijelajahi.

Artwork Gaya Retro yang Sangat Menawan

Tampilan dalam Ghostpol menggunakan artwork bergaya retro yang sangat menawan. Kota tempat sang polisi hantu beroperasi ini tampak sangat hidup, dengan animasi kendaraan dan penduduk yang lalu lalang, serta berbagai macam hal yang bisa diinteraksikan seperti tiang lampu yang bisa dinyala-matikan, pohon yang bisa disentuh, sampai ke tiang antena yang bisa diperbaiki. Didukung dengan lagu santai, bermain Ghostpol memang adalah pengalaman yang menyenangkan hati.

Trial Version Berbayar

Ghostpol bukanlah game gratisan. Game ini dijual seharga Rp. 14.000,- saja dan pemain pun mendapatkan akses ke chapter pertama. Sayangnya, DoMobile Game belum melanjutkan pengembangan ke chapter kedua (yang mungkin dijual dengan harga sama), jadi pemain hanya bisa menjajal chapter pertama saja dengan hitungan sebagai "Trial Version". Tapi game ini adalah 100% game berbayar, dengan kata lain, tidak ada yang namanya iklan, sistem stamina, mata uang premium, kebutuhan online dan mikrotransaksi sama sekali.

Yang pasti, Ghostpol adalah pengalaman bermain yang benar-benar unik dan segar. Mungkin akan lebih baik kalau chapter pertama nantinya digratiskan dan chapter berikutnya baru berbayar, namun untuk saat ini, dengan Rp. 14.000,- saja pemain sudah bisa menikmati asyiknya menolong penduduk di kota sebagai polisi hantu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top