REVIEW

Gemar Pinball? Cobalah Pinball Deluxe: Reloaded!

Andy Chan   05 Jun 2018
Gemar Pinball? Cobalah Pinball Deluxe: Reloaded!

Sudah banyak game pinball yang beredar di pasaran. Permainan di mana pemain mencoba mempertahankan bola dalm sebuah mesin agar tidak jatuh ke luang bawa dengan menggunakan dua buah atau lebih flipper dan mencoba untuk mengenai target-target yang ada di medan permainan ini memang mengasyikkan dan adiktif. Salah satu game Pinball yang dicoba dibahas di review ini adalah Pinball Deluxe: Reloaded, buatan Made Of Bits yang sangat menarik.

Dalam Pinball Deluxe: Reloaded, terdapat delapan buah meja pinball yang menarik dan menantang. Mereka adalah Space Frontier, Brix, Carnival, Wild West, Treasure Hunter, Fastball, The Apparatus, dan Bagaball. Masing-masing meja memiliki tema dan keunikan sendiri, seperti simulasi game brick breaker ala Arkanoid dalam Brix, permainan gravitasi pada Carnival, bermain baseball dalam Fastball, bahkan bermain non pinball dalam Bagaball, dan sebagainya.

Cara bermain cukup mudah, pemain hanya perlu menyentuh posisi kiri dan kanan layar sentuh saja untuk menggerakkan flipper. Untuk menembakkan bola, pemain cukup melakukan swipe ke bawah dan melepaskan sentuhan. Sementara untuk melakukan nudge alias menggoyangkan mesin pinball, pemain hanya perlu melakukan swipe ke atas. Ingat, melakukan nudge ini sebenarnya ilegal, jadi apabila terlalu banyak dilakukan, maka terjadilah "Tilt", alias mesinnya langsung mengunci. Ini berarti bola akan langsung nyemplung ke bawah.

Unik untuk Pinball Deluxe: Reloaded adalah kemampuan pemain untuk memasang Mod di dalam sebuah meja pinball. Mods ini bervariatif, namun biasanya adalah memberikan nilai tambahan apabila melakukan suatu aksi tertentu pada meja tersebut, misalnya disuruh mengenai bumpers lima kali dalam waktu 1 detik. Ada juga Mods yang memberikan alternatif kepada pemain untuk mengaktifkan fitur meja pinball, memberikan multiball, dan sebagainya. Pemain juga bisa mengaktifkan power ball untuk menambahkan skor dan memberikan pengalaman aksi pinball yang seru.

Meskipun tampak retro, namun Pinball Deluxe: Reloaded ini ternyata memiliki grafis kelap-kelip yang menawan. Bagaikan bermain pinball di meja pinball sesungguhnya, game ini memberikan efek suara berisik ala pinball yang khas, lengkap dengan animasi yang unik untuk setiap meja pinball.

Memang pada dasarnya, Pinball Deluxe: Reloaded ini adalah sebuah game free-to-play, namun pemain memiliki sedikit keterbatasan dalam memaikannya. Yang pertama, jumlah meja pinball yang bisa dimainkan secara gratis hanyalah empat buah saja: Carnival, Space Frontier, Brix, serta Bagaball. Bahkan beberapa di antara meja pinball gratisan tersebut pun hanya bisa dimainkan apabila pemain sudah menunggu beberapa waktu lamanya, karena memang dikunci.

Nah, meja pinball lainnya harus dibeli menggunakan uang asli, namun pemain akan memiliki kesempatan untuk melakukan free trial. Biasanya game free-too-play macam Pinball seperti ini memiliki sistem stamina yang diwakilkan dengan koin, di mana setiap satu permainan, pemain harus membayar satu koin. Tidak demikian halnya dengan Pinball Deluxe: Reloaded. Di sini semua permainan bisa dimainkan setiap saat tanpa ada batasan sama sekali. Mikrotransaksi dihadirkan hanya untuk pembelian Tiket dan Powerball, dan seperti yang sudah disebutkan, meja-meja baru harus dibeli menggunakan uang asli.

Terdapat semacam mini game yaitu Prize Wheels, di mana pemain bisa mendapatkan mods ataupun koin. Mini game ini bisa dimainkan setiap beberapa waktu sekali, bisa juga dengan menggunakan tiket, atau malah menonton video iklan terlebih dahulu. Berbicara mengenai iklan, Pinball Deluxe: Reloaded kadang-kadang mengganggu Anda dengan iklan, tapi bisa dimainkan secara offline.

Sebenarnya biarpun dimainkan secara gratisan, pemain akan tetap bisa memainkan seluruh meja pinball, karena ada yang namanya event harian. Dalam event harian ini, pemain diberikan waktu 24 jam untuk bermain dalam suatu meja dan beradu skor dengan pemain lain. Sayangnya, event harian ini hanya bisa dimainkan apabila pemain terkoneksi ke Internet saja.

Tapi highlight dari game Pinball Deluxe: Reloaded sebenarnya adalah meja pinball unik yang berjudul Brix. Dalam meja ini, pemain bagaikan memainkan brick breaker menggunakan mesin pinball, lengkap dengan 50 stage untuk diselesaikan. Nah, apabila Anda penggemar pinball sejati, inilah dia game pinball yang tidak boleh dilewatkan!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top