REVIEW

Gilanya Kendalikan Ayam pakai Suara di Chicken Scream

Andy Chan   13 Sep 2020
Gilanya Kendalikan Ayam pakai Suara di Chicken Scream

Biasanya mengendalikan sebuah game di ponsel pintar itu bisa dilakukan dengan menggunakan layar sentuh, atau paling tidak, dengan menggunakan motion control, karena memang pada ponsel pintar terdapat juga fungsi gyroscope. Namun apa jadinya kalau pengendalian sebuah permainan itu tidak menggunakan layar sentuh sama sekali? Mari berkenalan dengan game buatan Perfect Tap Games, yang ironisnya, tidak dikendalikan dengan cara tap layar, yaitu Chicken Scream!

Game berbasiskan Suara

Chicken Scream adalah sebuah game kocak dan bodoh, di mana pemain mengendalikan seekor ayam untuk mencapai garis finish. Dan uniknya, pengendalian ayam ini tidak lah menggunakan layar sentuh sama sekali, melainkan menggunakan suara! Bagaimana caranya?

Kendalikan Suaramu

Untuk menyuruh sang ayam berjalan maju ke depan, pemain tinggal berbicara saja atau bernyanyi. Begitu mendengar nyanyian atau suara-suara, sang ayam pun akan bergerak ke depan dengan pelan-pelan. Hentikan suara, ayam pun akan berhenti bergerak. Tapi kalau pemain bersuara lebih keras sedikit saja, maka sang ayam akan seolah-olah kaget, dan melompat. Nah, menggunakan dua metode inilah pemain harus berusaha mengirimkan sang ayam ke garis finish, melalui berbagai macam rintangan dan jurang yang menanti.

Sensitivitas Mikrofon

Mungkin kalian akan merasa kesulitan bersuara ketika menyuruh sang ayam bergerak. Di bagian bawah layar, terdapat sebuah slider yang mengendalikan tingkat sensitivitas mikrofon ponsel pintarmu. Aturlah sensitivitas ini agar sesuai dengan kenyamanan bersuara.

Tampak Bodoh di Tempat Umum

Salah satu hal yang mungkin membuatmu enggan memainkan game ini di tempat umum adalah tingkat kebisingan lokasi yang mungkin bisa mengganggu permainan, tapi selain itu, tentu saja berbicara dan teriak-teriak ke ponsel pintarmu itu akan mendapatkan pandangan yang aneh dari setiap orang yang melihatnya. Bisa jadi kamu tampak bodoh, atau tampak seperti orang sakit jiwa, kan?

Grafis 2D Sederhana

Chicken Scream bukanlah game yang sarat dengan grafis keren. Justru permainan ini tampak sederhana dengan grafis 2D yang boleh dibilang ala kadarnya. Kesenangan bermain Chicken Scream ada pada kemampuan pemain untuk mengendalikan sang ayam dengan metode suara. Perhatikan di setiap level-nya, pemain akan mendapatkan koin. Nah, koin ini bisa digunakan untuk membeli ayam model baru.

Sebaiknya, Dimainkan Online

Secara teknis, Chicken Scream tidaklah membutuhkan koneksi Internet. Namun apabila pemain ingin mendapatkan bonus dalam game free-to-play yang satu ini, seperti misalnya menggunakan sebuah wheel of fortune, mereka harus terkoneksi ke Internet. Tapi tentu saja, itu berarti pemain harus bersedia berhadapan dengan iklan-iklan yang mengganggunya bermain. Mikrotransaksi juga disediakan untuk pembelian versi bebas iklan, serta pembelian ayam-ayam model baru tanpa harus melakukan grinding pada koin.

Kalau dimainkan sendirian, Chicken Scream memang lebih sering membuat kesal dan akan terlihat bodoh, namun kalau dimainkan berganti-gantian dengan teman, game ini sebenarnya cukup gelo dan bisa menjadi pusat hiburan yang menyenangkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top