NEWS

Gebrakan Investasi di tahun 2020, Pluang Luncurkan Micro E-Mini S&P 500 Index Futures

Conny   01 Oct 2020
Gebrakan Investasi di tahun 2020, Pluang Luncurkan Micro E-Mini S&P 500 Index Futures

Fakta Penting:

  • Pertama di Indonesia; Pluang S&P 500, akses investasi Micro E-Mini S&P 500 Index Futures dari Pluang.
  • Pluang S&P 500 adalah produk berjangka yang ditransaksikan di bursa Chicago Mercantile Exchange. Produk ini merupakan upaya dari Pluang untuk memperluas akses terhadap produk investasi mancanegara yang terjangkau, praktis, dan aman.
  • Semua transaksi yang tercatat dalam Pluang S&P 500 diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan dijamin oleh PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), sehingga pengguna dapat mengatur rencana keuangannya dengan tenang sesuai jangka waktu yang diinginkan.

Investasi Micro E-Mini S&P 500 Index Futures kini bisa dilakukan dalam tiga ketukan saja melalui aplikasi Pluang. Produk investasi ini adalah yang pertama dan satu-satunya ada di Indonesia pada saat ini.

“Bagi Pluang, tujuan diluncurkannya produk ini adalah membuka akses [yang] lebih luas kepada masyarakat Indonesia terhadap produk keuangan mancanegara dengan mudah, aman, dan terjangkau. [Ini diluncurkan] setelah sebelumnya Pluang sukses [dalam] meluncurkan produk tabungan Emas Digital,” ujar Claudia Kolonas, co-founder Pluang.


Claudia Kolonas, co-founder Pluang

Pluang S&P 500 sendiri merupakan produk berjangka yang ditransaksikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange, bursa berjangka terbesar di dunia.

Sementara S&P 500 adalah sebuah indeks yang terdiri dari saham 500 perusahaan terbesar dari berbagai sektor yang terdaftar di bursa saham Amerika Serikat. Dan, indeks adalah sekumpulan portofolio sekuritas yang mewakili pasar tertentu. Indeks ini digunakan sebagai patokan untuk menunjukkan kinerja pasar tersebut. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengukur kinerja pasar ekuitas di Indonesia, maka Anda akan melihatnya dari indeks IHSG.


Indeks S&P 500

Saat ini, kapitalisasi pasar dari S&P 500 adalah sekitar US$ 30.5T (per 31 Agustus 2020), atau setara 70-80% dari total kapitalisasi pasar saham AS.

Mengapa Micro E-Mini S&P 500 Index Futures?

Faktanya, Amerika Serikat adalah negara dengan ekonomi terbesar di dunia sejak tahun 1871 silam, dan diprediksikan masih akan terus bertumbuh. Selama 10 tahun terakhir ini, saham AS telah berkinerja kuat sebagaimana yang ditunjukkan oleh indeks S&P 500.

Selain itu, hanya perusahaan terpilih dan memenuhi syarat saja yang dapat masuk ke dalam indeks ini. Pada umumnya, perusahaan-perusahaan tersebut harus memenuhi beberapa kualifikasi, seperti memiliki kantor pusat yang berlokasi di AS, melaporkan laba positif selama empat triwulan terakhir, memiliki kapitalisasi pasar yang sama dengan atau lebih dari USD 3,7 Miliar, serta telah IPO atau menjadi perusahaan publik selama minimal satu tahun.


Grafik di atas menunjukkan kinerja 3, 5, dan 10 tahun dari Indeks S&P 500. Peningkatan indeks S&P 500 menunjukkan bahwa ada tren yang positif secara umum di pasar ekuitas AS secara keseluruhan dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan berinvestasi di Micro E-Mini S&P 500 Index Futures, Anda bakal mendapatkan akses sekaligus esksposur ke 500 perusahaan publik/terbuka terbesar di AS, seperti Facebook, Microsoft, Amazon, Apple, Netflix, Google, Johnson&Johnson, VISA, P&G, dan sebagainya, dengan rata-rata imbal hasil sebesar 15% per tahun selama 12 tahun terakhir. Dikarenakan harga Indeks S&P500 Pluang melacak Indeks S&P500, Anda tidak perlu lagi untuk membeli satu per satu saham individual perusahaan.

Apakah ada risiko berinvestasi pada Micro E-Mini S&P 500 Index Futures?

Investasi dengan imbal hasil yang menarik seperti indeks S&P 500 juga memiliki risiko. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan oleh para investor. Di antaranya, volatilitas pasar yang mungkin akan terjadi menjelang pemilihan presiden AS di bulan November mendatang.

Produk Micro E-Mini S&P 500 Index Future cocok untuk investasi jangka panjang, dan perusahaan tidak menyarankan pembelian Pluang S&P 500 jika memang masih ada kebutuhan dana yang mendesak dalam jangka waktu yang pendek. Jadi, selain memiliki profil risiko yang sedang hingga tinggi, produk ini juga hanya direkomendasikan untuk para investor yang telah memiliki pengalaman dalam hal berinvestasi.

Selain itu, pergerakan indeks S&P 500 sering kali berlawanan dengan emas, jadi diversifikasi antara kedua kelas aset tersebut dapat dipertimbangkan terlebih dahulu.

Apakah aman berinvestasi lewat Pluang?

Pluang yang dikelola oleh PG Berjangka memiliki lisensi atau izin Penyaluran Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN) oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan dijamin oleh PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI). PALN sendiri adalah kegiatan penawaran Kontrak dan menyalurkan Amanat Nasabah untuk Kontrak tersebut dengan menggunakan sistem yang disediakan oleh Bursa.

Aturan tersebut dibuat untuk menumbuhkan industri multilateral dalam dunia perusahaan berjangka di Indonesia, dan PG Berjangka berkomitmen untuk membantu misi dari BAPPEBTI tersebut.

Pada prosesnya, dana yang perusahaan terima untuk pembelian Pluang S&P 500 (Micro E-Mini S&P 500 Index Future) akan langsung diteruskan ke akun segregate milik PG Berjangka, dan kemudian diteruskan lagi kepada KBI sehingga transaksi nasabah tetap aman dan terjangkau.

Tidak hanya aman dan terjangkau, Pluang juga memberikan satu kelebihan lagi yang paling dibutuhkan oleh masyarakat di era digital ini; yakni kepraktisan.

Di aplikasi Pluang, proses investasi Micro E-Mini S&P 500 Futures dapat dilakukan dengan mudah, hanya dalam 3 ketukan saja, dengan menggunakan Rupiah atau US Dollar. Penjualan dan penarikan dana juga dapat dilakukan secara real-time. Artinya, tidak ada penundaan dalam hal mencairkan dana.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pluang beserta produk-produk keuangan dan investasi yang aman, mudah digunakan, dan terjangkau bagi semua strata sosial, silakan mengunjungi situs resminya di Pluang.com.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top