REVIEW

Gear Race 3D, Balapan dengan Persneling Manual

Andy Chan   12 Jan 2021
Gear Race 3D, Balapan dengan Persneling Manual

Mengganti persneling kendaraan saat ini mungkin sebenarnya tidak jaman lagi karena kendaraan dengan persneling otomatis sudah semakin umum. Namun untuk pengendara mobil balap, mengganti persneling di saat yang tepat adalah suatu kemampuan tersendiri yang penting untuk dilakukan agar kecepatan mobil bisa optimal. Bayangkan kalau ada game mengenai mengganti persneling tersebut, seperti apa kira-kira? Inilah dia Gear Race 3D dari Rollic Games, yang memiliki ide untuk mengeluarkan sebuah game dengan tema balapan dengan persneling manual.

Mengebut Ganti Persneling Kendaraan

Gear Race 3D adalah sebuah game yang cukup sederhana. Pemain bertugas untuk mengganti persneling kendaraan di waktu yang tepat untuk mengalahkan pembalap lain dan mencapai garis finish duluan. Bisakah kalian menjadi juara dunia mengalahkan semua lawan kalian?

Mengendalikan Kendaraan

Pada dasarnya, pengendalian kendaraan dalam Gear Race 3D ini bisa dibilang "non existent" alias tidak ada sama sekali. Tugas pemain hanyalah untuk mengganti persneling di saat yang tepat saja, yaitu ketika RPM kendaraan sudah mendekati warna merah. Uniknya, pemain harus menyentuh icon persneling tersebut seperti layaknya kendaraan sesungguhnya, yaitu dengan menyentuh posisi 1, 2, 3, 4, dan 5 secara berurutan dalam icon bergambarkan kotak persnelingnya. Nah, lakukan hal ini sebaik mungkin agar bisa mengalahkan kecepatan lawan-lawan dan mencapai garis finish duluan.

Pengunaan Nitro Boost

Begitu pemain berhasil mencapai garis finish, maka mereka akan berkesempatan untuk mengaktifkan Nitro Boost. Ketuk layar secepat mungkin untuk meningkatkan kekuatan Nitro ini, dan kemudian kendaraan akan terdorong untuk menanjak ke garis bonus.

Pembelian Upgrade

Setiap kali balapan, pemain akan mendapatkan sejumlah uang yang bisa digunakan untuk melakukan upgrade. Ada beberapa upgrade yang bisa dibeli, seperti upgrade kecepatan mobil, upgrade kotak persneling untuk menambahkan jumlah tingkatan persnelingnya, engine cooler, hingga upgrade waktu idle.

Tampilan yang Atratktif

Game-nya sendiri sederhana, namun tampilan permainannya sebenarnya cukup atraktif dalam tiga dimensi, ditambah dengan efek suara balapan yang otentik, membaut balapan di game ini jadi terasa nyata. Sayangnya, medan permainannya tidaklah variatif, jadi terasa agak monoton. Namun pemain tetap diberikan kemampuan untuk mengganti skin mobil yang digunakannya, yang bisa dibeli dengan menggunakan uang yang dikumpulkan, atau dengan menonton video iklan setiap berhasil mengalahkan lawan khusus.

Tidak Perlu Online

Game ini menggunakan model bisnis free-to-play yang tidak memiliki mikrotransaksi sama sekali, jadi bisa dipastikan kalau jumlah iklan yang ditampilkan cukup mengganggu permainan. Tapi untungnya, game ini tidak membutuhkan koneksi Internet, sehingga dengan cara memainkannya secara offline, kemunculan iklan-iklan tersebut bisa dilenyapkan.

Sistem kendalinya yang hanya menggunakan satu jari, permainan yang keterlaluan mudahnya, lawan yang tidak menantang, serta sistem upgrade yang sederhana, membuat Gear Race 3D terasa sangatlah kasual. Game ini hanyalah untuk kalian penggemar persneling manual saja.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top