REVIEW

Garfield Rush: Sebuah Endless Runner bareng Kucing Gendut Kenamaan

Andy Chan   08 Jan 2021
Garfield Rush: Sebuah Endless Runner bareng Kucing Gendut Kenamaan

Masih ingat dengan kucing paling ngetop sedunia? Ya, mari kita bertemu kembali dengan Garfield, kucing karya dari Jim Davis yang hobinya adalah bermalas-malasan, bersama dengan tuannya Jon dan anjingnya Odie. Kini Garfield kembali menghias layar ponsel pintar kalian dalam sebuah game persembahan Ivy, yaitu Garfield Rush.

Sekilas mengenai Garfield Rush

Dalam Garfield Rush, dikisahkan bahwa Garfield telah ditipu oleh seekor kucing licik bernama Harry, dan Garfield pun memutuskan untuk mengejarnya sampai dapat. Game-nya menggunakan genre endless running, di mana pemain bisa berperan sebagai Garfield, Odie, ataupun Nemo dalam pengejarannya tersebut. Seperti biasa, pemain perlu kecekatan dan ketepatan dalam menggerakkan Garfield untuk menghindari berbagai rintangan yang menghadangnya di jalan.

Pengendalian Permainan

Garfield akan secara otomatis berlari ke depan, dan tugas pemain adalah untuk melakukan swiping di layar untuk mengendalikan posisinya. Swipe ke kiri dan ke kanan untuk berpindah lajur, swipe ke atas untuk melompat, dan swipe ke bawah untuk menyuruh Garfield melakukan roll. Pemain juga bisa melompat dan berpindah jalur sekaligus, untuk mengambil berbagai koin yang berserakan di sepanjang jalan.

Lari tanpa Akhir

Sepanjang perjalanan, Garfield akan dihadapkan dengan berbagai macam rintangan yang mematikan, seperti bus, mobil yang sedang melaju, tiang, atau bahkan papan yang siap membuat larinya terhenti. Pemain harus secara cekatan mengendalikan Garfield agar dia tidak tertabrak rintangan-rintangan tersebut. Proses lari ini sebenarnya tiada akhir, dan pemain ditantang untuk mencoba seberapa jauh mereka bisa berlari sebelum akhirnya mengalami kecelakaan dan mengalami game over.

Item-item Khusus

Selain mengumpulkan koin, Garfield akan bisa menemukan berbagai macam item di perjalanannya: ada sepatu elastis, jetpack, magnet, hingga booster pack. Semua itu akan memberikan kemampuan khusus pada Garfield untuk sementara waktu, misalnya magnet akan membuat Garfield mengambil koin-koin di medan permainan secara otomatis. Kemunculan item ini bisa dipengaruhi dengan skill-skill yang berada di kostum Garfield.

Berbagai Macam Garfield

Sepanjang permainan, pemain akan mendapatkan peti-peti harta yang bisa dibuka untuk mendapatkan berbagai macam barang, termasuk di dalamnya adalah kartu karakter. Ada banyak karakter Garfield yang bisa didapatkan di sini, mulai dari Garfield Explorer, Garfield Pirate, Garfield Cowboy, Zorro, hingga karakter baru seperti Odie dan berbagai kostum-kostumnya. Masing-masing karakter ini memiliki kemampuan sendiri-sendiri, seeperti Dress Garfield akan menghasilkan 20% koin lebih banyak, sementar Odie akan mendapatkan 100% koin lebih banyak apabila sedang menggunakan Jetpack.

Membangun Kota

Dengan koin yang dikumpulkan, Garfield akan bisa membangun sebuah kota hingga menjadi bagus, mulai dari kota pertamanya Marion, lalu West Desert, Venice, Relic World, hingga Great Wall. Kalau pemain sudah menyelesaikan pembangunan satu kota, maka mereka akan bisa membuka sebuah kota baru, yang juga sekaligus memberikan level baru untuk dimainkan.

Garfield dalam Tiga Dimensi

Permainan Garfield Rush ini memiliki tampilan yang cukup menarik dan enak dilihat. Garfield sendiri ditampilkan dalam model tiga dimensi, meskipun mungkin rasanya agak aneh melihatnya seperti itu bagi yang sudah biasa melihatnya dalam artwork bergaya kartun. Tapi satu hal yang membuat permainan ini menjadi asyik adalah keberadaan lagu latar belakang yang penuh semangat, serta efek suara ambien yang lumayan berisik.

Perlu Grinding

Seperti biasanya game-game endless runner seperti ini, Garfield Rush pun lumayan memerlukan pemainnya untuk melakukan grinding demi mendapatkan koin-koin yang cukup untuk bisa membeli segala macam hal, termasuk upgrad kota. Tapi paling tidak, game ini tidak memakai sistem stamina atau energi, sehingga pemain bebas main kapanpun dia mau. Sayangnya, Garfield Rush agak sedikit dirusak dengan kehadiran iklan yang lumayan banyak, meskipun kalau pemain bersedia memainkannya tanpa koneksi Internet, kemunculan mereka bisa dimitigasi. Mikrotransaksi tentu saja tersedia untuk pembelian mata uang premium Gems, serta penawaran khusus.

Garfield Rush mungkin bukan untuk semua orang, selain permainannya agak monoton, penampilan Garfield sendiri rasanya juga kurang sreg. Tapi kalau kalian adalah penggemar Garfield yang juga butuh game endless runner, game yang satu ini cukup pantas untuk dijajal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top