REVIEW

Game & Watch Fireman Dimodernkan dalam Doki Doki Rescue – The Legendary Fireman!

Andy Chan   30 Jun 2018
Game & Watch Fireman Dimodernkan dalam Doki Doki Rescue – The Legendary Fireman!

TOLONG! BANGUNANNYA KEBAKARAN!!! Kalian masih ingat dengan sebuah game elektronik produk Nintendo Game & Watch yang berjudul Fireman? Dalam game tersebut, pemain berperan sebagai petugas pemadam kebakaran yang memegang trampolin dan berusaha untuk mencegah orang-orang yang melompat dari gedung kebakaran tersebut agar tidak menghantam tanah dan memantulkan mereka ke arah mobil ambulans. Nah, kini GameLevelOne membawakan game tersebut ke mobile dengan judul Doki Doki Rescue – The Legendary Fireman!

Dasar permainan Doki Doki Rescue – The Legendary Fireman masih tetap sama dengan versi Game & Watch-nya. Pemain mengendalikan dua orang petugas pemadam kebakaran yang memegang trampolin dengan menyentuh layar sentuh bagian kiri untuk mengarahkan mereka ke kiri, dan bagian kanan untuk mengarahkan mereka ke kanan. Tugas pemain tetap sama: pantulkan orang-orang yang melompat dari gedung kebakaran tersebut tiga kali sampai mencapai mobil ambulans.

Sebagai variasi dari versi retronya, Doki Doki Rescue – The Legendary Fireman memiliki beberapa hal yang agak absurd ikutan keluar dari jendela, salah satunya adalah bom. Sepertinya ada teroris di dalam gedung kebakaran tersebut ya, kalau tidak, mengapa ada bom terlempar keluar dari jendela? Bom ini tidak apa-apa untuk dipantulkan, tetapi jangan sampai terpantul mendarat di mobil ambulans karena akan menyebabkan mobil ambulans-nya meledak.

Menambah komplikasi permainan adalah jatuhnya koin uang dari atas gedung kebakaran tersebut. Semua orang tentunya suka dengan uang kan? Uang sendiri bisa digunakan untuk menjalankan mesin Gacha demi meng-unlock skin. Nah, mana yang lebih penting, menangkap para orang korban kebakaran atau menangkap uang? Itulah dilema yang harus dihadapi oleh pemain.

Pemain memiliki tiga buah Life yang akan berkurang satu apabila ada salah satu orang yang gagal dipantulkan dan mendarat ke tanah. Selain gagal menangkap orang, Life pun akan berkurang satu apabila mobil ambulans yang berada di sisi kanan layar meledak terkena bom.

Apakah game ini bisa membuat orang merasa "Doki Doki" (dag dig dug)? Pasti bisa, apalagi ketika yang melompat dari gedung kebakaran itu sudah banyak, dijamin menantang kecekatanmu menangkap mereka. Tapi kalau boleh dibilang, sama seperti versi Game & Watchnya, Doki Doki Rescue – The Legendary Fireman ini juga agak monoton.
Untungnya, ada berbagai macam skin yang bisa menghiasi permainan agar menjadi lebih menarik. Selain skin standar petugas pemadam kebakaran yang tampil secara kartun, ada juga skin plesetan karakter-karakter ternama macam Pokemon, Ryu dan Ken, Penny dan Wise, Legend of Zelda, Naruto, Dragonball, Sailor Moon, Harry Potter, Deadpool, serta skin yang Indonesia banget seperti Made dan Ketut.

Uniknya, lokasi permainan yang biasanya berada di bawah gedung kebakaran itu bisa berubah, tergantung dari karakter yang digunakan. Misalnya ketika menggunakan karakter bernama Hebi dan Kitsu (plesetan Naruto), stage-nya pun berubah menjadi hutan, dan yang harus diselamatkan berubah menjadi jamur dan berang-berang.

Semua ini dikemas secara free-to-play oleh GameLevelOne tanpa ada batasan permainan. Tidak ada sistem stamina, tidak ada mikrotransaksi, bahkan game-nya juga tidak membutuhkan Internet sehingga bisa dimainkan secara offline kapanpun Anda mau.

Sebagai sebuah remake dari game retro, Doki Doki Rescue – The Legendary Fireman memang bukanlah sebuah terobosan baru. Game ini bukanlah sesuatu yang bisa dimainkan non stop dan membuat orang kecanduan, namun bisa memberikan kesenangan tersendiri untuk mendapatkan skor tertinggi.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top