REVIEW

Triple Town, Uniknya Game Puzzle Membangun Kota yang Bikin Ketagihan!

Andy Chan   09 Aug 2019
Triple Town, Uniknya Game Puzzle Membangun Kota yang Bikin Ketagihan!

Game membangun kota biasanya identik dengan SimCity, di mana pemain harus mengatur zona penduduk, zona komersil, atau bisa juga mengatur pembangunan berbagai macam fasilitas umum. Biasanya game membangun kota itu memakan waktu yang cukup lama, dan pemain harus menunggu sekian lama baru bisa melihat hasilnya. Namun ternyata ada game membangun kota dengan genre puzzle yang satu ini. Mari berkenalan dengan game puzzle adiktif, Triple Town.

Gabungkan Benda, Hasilkan Kota

Triple Town adalah sebuah game puzzle orisinil karya Spry Fox di mana pemain bertugas untuk membangun sebuah kota sebesar-besarnya. Semakin besar kota yang dibangun, semakin tinggi juga skor yang akan didapatkan di akhir. Tapi yang paling unik dari Triple Town adalah cara untuk membangun kotanya, yaitu dengan menderetkan tiga atau lebih benda yang diberikan di medan permainan. Gabungkan tiga rumput untuk menghasilkan semak-semak, gabungkan tiga semak-semak untuk menghasilkan pohon, gabungkan tiga pohon untuk menghasilkan rumah, dan seterusnya sampai kota tersebut pun jadi megah.

Cara Membangun Kota

Dalam Triple Town, permainan dilakukan dalam sebuah medan berukuran 6x6 kotak. Lalu pemain akan diberikan sebuah obyek untuk ditaruh di atas medan permainan tersebut, di mana obyek tersebut bisa berupa rumput, semak-semak, dan lain sebagainya. Pemain harus menderetkan tiga atau lebih obyek tersebut agar mereka bisa bergabung menjadi satu dan menjadi sebuah benda yang lebih bagus. Permainan akan berakhir apabila pemain kehabisan tempat untuk menaruh benda, dan skor pemain pun akan dihitung sebagai hasil akhir, berikut bonus berupa koin.

Beruang yang Mengganggu

Sebagai komplikasi permainan, sesekali pemain harus menaruh seekor beruang di medan permainan. Beruang ini tidak ada fungsinya, malah bisa mengganggu pembangunan karena dia akan jalan-jalan dan posisi yang dia injak, tidak bisa ditaruh obyek. Untuk menyingkirkan beruang ini, pemain bisa menaruh obyek di sebuah posisi sedemikian rupa agar sang beruang terjebak dalam sebuah kotak dan tidak bisa jalan kemana-mana lagi. Setelah terjebak, sang beruang pun akan tewas dan meninggalkan sebuah batu nisan. Nah, apabila pemain berhasil menderetkan tiga atau lebih batu nisan, maka mereka akan bergabung dan menjadi sebuah gereja.

Power Up

Sepanjang permainan berlangsung, pemain pun akan mendapatkan beberapa buah power up yang siap membantu. Ada power up Crystal yang bisa menjadi sebuah wild card untuk menggabungkan dua buah benda, juga ada power up yang bisa menghancurkan sebuah benda di layar. Selain itu, pemain juga bisa menyimpan sebuah obyek yang belum mau ditaruh di medan permainan dengan cara menitipkannya di pojok kiri atas untuk digunakan di kemudian hari.

Grafis Kartun yang Imut

Boleh dibilang, artwork dan grafis yang digunakan oleh game Triple Town ini sangatlah lucu dan imut. Seiring dengan berkembangnya kota yang dibangun oleh pemain, maka akan semakin ramai lah penduduk yang berkeliaran di kota tersebut. Apabila pemain bosan dengan tema kotanya, tersedia juga kustomisasi untuk merubah tema menjadi berbagai macam musim seperti musim gugur, musim semi, atau bisa juga membeli berbagai binatang lucu untuk menghias permainan. Tentu saja harga yang harus dibayarkan cukup mahal, binatang saja harganya 15.000 koin, sementara tema musim dijual seharga 20.000 koin.

Mikrotransaksi dan Pembatasan Turn

Apabila pemain ingin meng-unlock tema dan binatang-binatang, disediakanlah mikrotransaksi yang menjual mereka sekaligus, serta pembelian koin. Triple Town sendiri sebenarnya adalah sebuah game free-to-play, namun pemain akan dibatasi dengan jumlah turn yang bisa dilakukan, di mana satu turn adalah menaruh satu buah benda di medan permainan. Akan ada saat di mana pemain kehabisan turn sehingga dia tidak bisa melanjutkan permainan, sehingga dia harus menunggu beberapa waktu lamanya agar turn kembali terisi. Tapi pemain juga bisa membeli fitur Unlimited Turns seharga Rp. 47.800,- apabila memang tidak ingin menunggu sama sekali.

Tapi meskipun game ini tampak sederhana, ternyata membangun kota menggunakan metode puzzle seperti ini sangatlah adiktif. Tantangan untuk selalu membangun kota sebesar mungkin, puzzle yang selalu berubah setiap pemain memainkan ulang, hingga lucunya karakter-karakter yang ada, membuat game ini tidak akan bisa lepas dari tanganmu, paling tidak sampai turn yang diberikan habis total. Apabila kalian bersedia ketagihan main game ini, silahkan coba Triple Town!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top