REVIEW

Cube Rush Adventure, Game Puzzle yang Sangat Santai

Andy Chan   15 Sep 2020
Cube Rush Adventure, Game Puzzle yang Sangat Santai

Kenal dengan Ilyon Games? Mereka adalah salah satu nama publisher game free-to-play yang didirikan tahun 2013 silam, yang sudah mempublikasikan banyak game puzzle, seperti Magic Bubble Pop, Bubble Fire, Hexa Wood Puzzle, Lollipop Rush Match 3, dan lain sebagainya. Salah satu game mereka yang menarik adalah Cube Rush Adventure, sebuah game petualangan bergenre puzzle yang cukup menarik. Seperti apa game-nya?

Puzzle Match-2 saja

Cube Rush Adventure pada dasarnya adalah sebuah game puzzle match berbasiskan blast, jadi pemain tidak perlu menggeser-geser gems atau sejenisnya di layar, hanya perlu menyentuh cube yang ada di medan permainan saja untuk melakukan matching. Apabila pemain menyentuh dua atau lebih cube yang berwarna sama, maka cube-cube tersebut pun akan terambil (alias matched), dan hilang dari layar.

Tujuan Permainan

Seperti biasanya game puzzle, pemain akan diberikan sebuah goal yang bisa berupa macam-macam target, seperti mengumpulkan sejumlah cube berwarna biru dan merah, atau menjatuhkan boneka ke bagian dasar permainan, dan lain sebagainya. Untuk mencapai hal ini, pemain diberikan sejumlah langkah yang cukup terbatas, dan kalau langkah tersebut sampai habis, terjadilah game over.

Komplikasi Permainan

Sebagai tantangan, akan ada berbagai macam elemen yang membuat permainan menjadi lebih rumit, seperti keberadaan kotak surat yang harus dibuka dengan melakukan matching di sampingnya, kotak kayu yang harus dihancurkan, boneka untuk dijatuhkan ke bawah, kotak es, dan macam-macam hal lainnya.

Power Up

Dengan melakukan matching pada sejumlah besar cube, pemain akan mendapatkan power up khusus yang bisa mempermudah puzzle. Ada roket yang bisa membersihkan satu kolom atau satu baris cube, ada bom yang bisa meledakkan cube di sekitarnya, ada juga Color Wheel untuk membersihkan satu warna dari medan permainan. Serunya, para power up ini bisa digabungkan untuk memberikan efek yang lebih dashyat, bahkan bisa sampai membersihkan satu medan permainan lho!

Booster dan Item Pembantu

Pemain juga berkesempatan untuk menggunakan yang namanya booster, sebuah item power up yang akan muncul di medan permainan untuk membantu menyelesaikan puzzle, serta menggunakan item-item unik yang sangat membantu, yaitu palu untuk menghancurkan satu cube, pistol alser untuk membersihkan satu baris, yo-yo untuk membersihkan saut kolom, dan sebuah pinata untuk melenyapkan satu warna dari medan permainan. Terakhir, pemain juga bisa menggunakan kekuatan teman yang berada di pojok kiri bawah apabila sudah terisi penuh untuk memberikan power up di medan permainan secara acak.

Bertampilan Sederhana

Cube Rush Adventure memiliki tampilan 2D ala kartun yang boleh dibilang cukup sederhana. Tidak ada elemen yang mewah dan tampak keren, namun cukup menunjukkan sebuah petualangan naik balon udara dalam sebuah lokasi yang tampak statis. Dengan lagunya yang terlalu santai, ketika sedang bermain puzzle pun tidak ada sebuah hal yang memberikan kesan sama sekali, meskipun hal ini tidak mengganggu permainan secara keseluruhan.

Tidak Perlu Online

Tapi paling tidka, game gratis yang satu ini sama sekali tidak membutuhkan koneksi Internet untuk bisa dimainkan. Meskipun begitu, ada sedikit elemen online seperti pembentukan sebuah Team agar bisa bermain bersama teman dan mendapatkan reward yang menarik. Game ini menggunakan sistem Life, jadi pemain kalau gagal menyelesaikan sebuah level, dia akan terkena penalti satu buah Life. Seperti biasa, Life ini terisinya cukup lambat, jadi kalau pemain keseringan gagal, maka dia harus menunggu dulu sebelum bisa bermain kembali. Mikrotransaksi disediakan untuk pembelian bundel serta pembelian koin.

Secara garis besar, permainannya agak membosankan dan tidak memberikan sesuatu yang menarik dibandingkan dengan game-game puzzle lainnya. Tidak banyak alasan untuk mencoba Cube Rush Adventure, sehingga rasanya sulit untuk direkomendasikan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top