REVIEW

Game of Sultans, Simulasi menjadi Sultan di Timur Tengah

Anduril   04 Jan 2019
Game of Sultans, Simulasi menjadi Sultan di Timur Tengah

Kultur oriental benar-benar populer pada berbagai media selama paruh kedua abad ke-20. Kultur tersebut memberi kami banyak buku, acara TV, film, dan bahkan video game seperti Prince of Persia. Saat ini, Timur Tengah dalam game biasanya hanya dijadikan latar belakang untuk game yang berorientasi aksi, terutama yang berurusan dengan suku-suku padang pasir.

Review Game of Sultans

Sejauh yang kami lihat, kekaisaran Ottoman pernah muncul di beberapa permainan, tetapi mereka kebanyakan strategi, berfokus pada penaklukan militer di seluruh Eropa dan Timur Tengah. Game of Sultans mungkin menjadi game pertama di mana kamu berperan sebagai penguasa kekaisaran kolosal.

Insipirasi Utama

Inspirasi yang jelas untuk permainan ini adalah acara TV populer Magnificent Century yang dibuat berdasarkan kehidupan dan aturan Sulaiman yang Agung, sultan yang paling terkenal dan paling kuat dari Kekaisaran Ottoman.

Permainan dimulai dengan Sultan sendiri kepada kerabatnya, Vzier, jenderal, istri, selir, dan bahkan ahli waris kerajaan. Penggemar acara TV akan senang dengan semua kesamaan dan kesempatan untuk melihat karakter favorit mereka dalam bentuk media interaktif.

Aspek artistik sangat diperhatikan di sini, jadi kalau kamu sering melihat berbagai artwork ciamik yang hadir di iklan Game of Sultans, mereka benar-benar menggunakan artwork tersebut di dalam gamenya. Jadi jangan heran kalau kamu bakal menemukan selir-selir nan rupawan yang tidak membosankan untuk dipandangi terus-menerus.

Untuk urusan musik, kamu akan disuguhi musik ala timur tengah yang diulang-ulang sepanjang permainan. Pertama-tama, musik ini akan lolos dari perhatian kamu, tapi lama kelamaan kamu akan merasakan betapa mengganggunya musik di dalam game ini. Jadi kami sarankan untuk mematikannya di menu opsi yang bisa kamu akses melalui tap foto kamu.

Aspek Kehidupan seorang Sultan

Game of Sultans menawarkan setiap aspek kehidupan seorang sultan. Menjadi penguasa bagian Eropa dan Timur Tengah, kamu akan berperang dengan banyak negara dan melibatkan diri dalam strategi militer. Kamu akan membentuk aliansi dan bergabung dengan pemain lain, menaklukkan dunia bersama-sama.

Level dalam game memiliki beberapa tahap seperti Young Sultan, Master Sultan, Grand Master Sultan, dan seterusnya. Semakin tingginya level Sultan, maka semakin banyak istri yang akan didapatkan. Kalau istri kamu sudah banyak, kamu harus memilih satu istri yang layak dijadikan ratu loh.Ini pasti menjadi pilihan berat bagi kamu karena seperti yang kami sebutkan di atas, selir-selirnya cantik-cantik semua.

Cara mendapatkan Istri hanya dengan melakukan penyamaran (Masquerade), dan Sultan akan datang ke wilayah yang tersedia secara acak. Namun keberuntungan (Fortune) harus lebih dari 100 agar lebih cepat menikah.

Setelah menikah dengan gadis-gadis cantik, kamu bisa melakukan Consort untuk mendapatkan anak (heirs) dan bisa menikahkannya dengan anak yang lain ketika sudah besar.

Para selir ini akan selalu menanti kamu di istana, dan setiap visit memiliki kesempatan untuk mendapatkan seorang anak. Jadi sering-seringlah melakukan visit jika kamu menginginkan banyak heirs yang tampan yang bisa kamu nikahkan demi experience yang lebih besar.

Aspek Ekonomi tidak Dalam

Walaupun berbentuk strategi, Game of Sultans memiliki aspek ekonomi yang sangat sederhana. Pada intinya ekonomi kamu memiliki satuan berupa Wealth, Grain dan Soldier. Ketiga status ini adalah mata uang yang kamu gunakan di dalam game. Memang tidak banyak sehingga tidak rumit, tapi jumlah yang didapatkan sangatlah sedikit. Jadi kamu harus sering sekali melakukan quest ataupun event untuk memenuhi segala kebutuhanmu akan ketiga mata uang ini.

Pertempuran adalah Segalanya

Walaupun kamu digambarkan sebagai seorang sultan yang memiliki istri banyak, kamu tetaplah seorang penguasa negara yang senang bertikai. Karena itu pertempuran adalah segalanya di Game of Sultans. Kekuatan pasukan kamu diwakili oleh power level berupa angka-angka. Perbedaan satu atau dua angka saja sudah cukup untuk menghancurkan musuh ataupun dihancurkan.

Power level ini didapatkan dari para Vizier. Jumlah dan level mereka akan mempengaruhi power level yang kamu miliki. Selain itu mereka memiliki skill yang bisa dikembangkan dengan menggunakan enhance badges yang bisa didapatkan melalui pertempuran melawan bos di akhir campaign, quest, atau IAP.

Kamu bisa meningkatkan level para Vizer secara langsung dengan membayarkan sejumlah uang, atau kamu bisa menyuruh Vizer untuk belajar di Imperial Academy. Cara yang terakhir ini meskipun agak lama akan membuat kamu mendapatkan experience dan buku sekaligus. Buku ini berguna untuk skill Vizer kamu.

Para Vizer ini juga berguna sebagai satuan ukuran kekuatan kamu ketika menjalankan  berbagai minigame di Frontier. Minigame tersebut memiliki hadiah yang cukup lumayan, karena itu jangan pernah lupa untuk meningkatkan kemampuan para Vizer.

Penuh Event

Unsur-unsur permainan yang sangat menarik datang dalam sesi minum kopi atau dialog, di mana kamu dapat bercakap-cakap dengan karakter lain sambil minum, dan bahkan mengundang seorang peramal nasib yang bisa memprediksi masa depan kamu dengan mengamati kopi.

Selain itu ada event yang melibatkan para Vizer di hunting ground, public affair yang mengharuskan kamu mengambil keputusan untuk menerima, mengirimkan bantuan ataupun menolak pemberian, dan banyak lagi.

IAP di Mana-mana

Game of Sultans merupakan game strategi yang masih menganut power level dan sistem VIP. Itu artinya kamu akan menemukan IAP yang mengharuskan kamu untuk top-up terus menerus agar meningkatkan VIP level yang kamu miliki. Semakin besar VIP level yang kamu miliki, semakin banyak fitur dan conssort yang akan terbuka untuk kamu.

VIP poin ini meningkat di setiap 499 VIP poin dan kamu membutuhkan pembelian IAP sebesar Rp75.000,- untuk mendapatkan satu level VIP. Semakin besar top-up yang kamu lakukan, maka semakin banyak juga VIP poin yang kamu dapatkan. Total ada 11 level VIP yang tersedia saat ini, dengan bonusnya masing-masing. Jadi jangan heran kalau game ini akan menguras dompetmu, namanya juga Game of Sultans.

Kesimpulan Akhir

Game ini memang sangat mudah untuk dimainkan, tapi tantangan terberatnya adalah sulitnya mengatur aset yang kamu punya supaya tetap seimbang. kamu sebagai Sultan harus pintar dalam membuat strategi agar tidak kewalahan nantinya.

Game Sultan adalah permainan yang menggambarkan kehidupan penguasa Ottoman tertinggi dengan tujuan membuat kekaisarannya lebih kuat. Jika kamu memiliki minat dalam periode waktu itu, kamu akan menikmati memerintah pasukan, mengelola kerajaan, romansa ratu, dan mengangkat ahli waris, sampai akhirnya mereka siap untuk mewarisi takhta milikmu. Toh pada akhirnya semua orang ingin menjadi raja pada satu titik, bukan?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top