NEWS

Game Mobile Boyband BTS Dekati Pencapaian Pendapatan $50 Juta

Recca   08 Oct 2020
Game Mobile Boyband BTS Dekati Pencapaian Pendapatan $50 Juta

Kabar baik bagi para ARMY, atau sebutan bagi mereka yang menggemari penampilan boyband asal Korea Selatan, BTS. Kedua judul game mobile resmi yang telah mereka miliki sejauh ini – BTS World dan BTS Universe Story – dilaporkan telah mengumpulkan pendapatan mencapai hampir $50 juta berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Sensor Tower, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia statistik laporan perolehan aplikasi mobile.

Pertama kali diluncurkan Juni 2019, BTS World hingga saat ini diketahui telah mengumpulkan sekitar $48,5 juta pendapatan dari seluruh dunia, dengan BTS Universe Story yang baru rilis pekan lalu, berkontribusi dengan perkiraan sebanyak $310.000. Kedua judul ini merupakan proyek yang dipegang oleh perusahaan mobile game asal Korea Selatan, Netmarble.

Adapun detil dari angka yang diperoleh itu terbagi atas pemain BTS World di Korea Selatan yang terhitung menyumbangkan angka terbesar $7,7 juta atau sebanyak 23% dari perolehan tersebut. Diikuti kemudian oleh penggemar yang berbasis di AS pada tempat kedua dan Jepang di tempat ketiga. Statistik itupun didominasi terbagi melalui App Store sebanyak 54% dan Google Play dengan 46%. Sedangkan untuk BTS Universe Story, pendapatan dikuasai oleh AS yang mencatat $132.000 atau 43% dari pendapatan seluruhnya yang semakin mengukuhkan eksistensi ARMY para BTS di wilayah Barat, yang diikuti Jepang dan Korea Selatan pada tempat dua dan tiga. Untuk itu, App Store tercatat dengan 59% dan Google Play pada 41%-nya.

Selain pendapatan tersebut, sumber Sensor Tower juga membeberkan pencapaian dalam jumlah download yang diraih keduanya. BTS World diketahui berada pada sekitar 12 juta instalasi dengan 69%-nya datang dari Google Play dan App Store untuk 31% sisanya. Sebagai yang pertama dari dukungan tersebut pun ditunjukkan oleh basis penggemar BTS dari Tanah Air yang tercatat mengumpulkan 1,5 juta download, yang mana adalah 13%, yang lalu diikuti dengan AS dan Brazil.

Sementara itu, BTS Universe Story menghasilkan lebih dari 2,7 juta download secara global dalam enam hari pertama debutnya. Seperti halnya BTS World, jumlah terbanyak kembali dikumpulkan melalui Google Play yang terhitung mendominasi dengan 71%, dan App Store untuk 29% sisanya. Dan sama halnya seperti BTS World, Indonesia kembali mencatat jumlah download terbanyak dengan 363.000 instalasi atau 13,4% dari keseluruhannya.

Tak hanya dengan BTS Universe Story, Netmarble juga mendapati sukses tahun ini dengan rilis The Seven Deadly Sins: Grand Cross yang diketahui mencatat lebih dari 3 juta download pada pekan pertama, yang turut berperan dalam menghasilkannya $568,2 juta pendapatan tahun ini, yang mengartikannya suatu peningkatan 30,3% dari tahun sebelumnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top