REVIEW

Game Legendaris yang Masih Tetap Seru, Plants vs. Zombies!

Andy Chan   13 Apr 2019
Game Legendaris yang Masih Tetap Seru, Plants vs. Zombies!

Siapa tidak pernah mendengar judul Plants vs. Zombies buatan pengembang PopCap Games? Game PC keluaran tahun 2009 ini membawa pemain untuk bertahan dari para zombies yang akan memangsamu dengan cara menanamkan berbagai macam tanaman sakti yang bisa membunuh zombie. Game Plants vs. Zombies ini sudah banyak menerima port, mulai dari port di Nintendo DS, port ke konsol, port untuk mobile, bahkan juga sudah mendapatkan sekuel di tahun 2013 yang berjudul Plants vs. Zombies 2: It's About Time. Bahkan Plants vs Zombies ini sampai mendapatkan spinoff berupa game multiplayer third-person shooter yang berjudul Plants vs. Zombies: Garden Warfare dan Plants vs. Zombies: Garden Warfare 2. Dalam kesempatan ini, mari kita bahas salah satu game awalnya, Plants vs. Zombies pertama versi mobile.

Mengunjungi Game Pertama Plants vs. Zombies Kembali

Sepuluh tahun sejak rilis pertamanya, apakah game Plants vs. Zombies masih segar di ingatan kalian? Latar belakangnya memang sangat sederhana: telah terjadi sebuah kiamat zombie, dan satu-satunya yang menghalangi para zombie dengan kalian adalah sebuah taman yang berisikan macam-macam tanaman pembasmi zombie. Namun harus diakui, memasang pertahanan anti zombie ini memang benar-benar seru.

Genre Tower Defense

Permainan ini merupakan sebuah genre Tower Defense di mana "Tower" diwakili oleh tanaman, dan para penyerbu adalah zombie-zombie yang memiliki keahlian unik. Strategi pemain untuk memasang tanaman penghasil matahari (yang berfungsi untuk membeli tanaman) serta menyeimbangkannya dengan tanaman penghancur zombie sangatlah dibutuhkan. Dengan banyaknya macam tanaman yang bisa digunakan oleh pemain namun ada keterbatasan mengenai tanaman apa saja yang bisa dibawa ini lah yang membuat setiap pemain bisa menciptakan strateginya masing-masing secara unik.

Bertotal 50 stage untuk diselesaikan dan berbagai fitur unik seperti membuat Zen Garden, Mini Games yang unik, serta Achievement untuk diselesaikan, Plants vs. Zombies dijamin bisa menyibukkan dan menghibur pemain dalam waktu yang lama.

Artwork Khas yang tetap Menawan

Plants vs. Zombies adalah salah satu game yang memiliki artwork menawan di tahun 2009 silam. Meskipun dunia mobile sudah mengalami kemajuan jaman dengan berbagai ponsel pintar baru dan game-game yang keren dalam kurun waktu 10 tahun sampai ke tahun 2019 ini, artwork Plants vs. Zombies ternyata meskipun telah bertambah umur, namun tetap terlihat baik.

Free-to-Play yang masih Bersahabat

Game aslinya sendiri merupakan game berbayar, namun versi mobile dari Plants vs. Zombies telah digratiskan dengan syarat, game-nya akan menampilkan iklan. Oleh karena Plants vs. Zombies pertama yang versi mobile ini adalah port dari versi PC, maka fitur-fitur yang biasanya ditongolkan oleh game-game mobile saat ini pun belum ada. Tidak ada yang namanya stamina, tidak ada mata uang premium, dan pemain bisa menghilangkan iklan dengan membayar sebuah premium. Jika dibutuhkan, pemain pun bisa membeli koin via mikrotransaksi, namun hal ini tidak terlalu dibutuhkan karena permainannya masih bisa dibilang fair.

Dibandingkan dengan Plants vs. Zombies 2: It's About Time yang merangkul fitur-fitur game free-to-play mobile pada umumnya, game pertama ini benar-benar masih "bersahabat" dengan pemain gratisan. Apabila kalian merasa bosan dengan siksaan "fitur" free-to-play pada game-game masa kini, barangkali game legendaris Plants vs. Zombies ini patut kalian pasang kembali di ponsel pintar kalian.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top