REVIEW

Kiamat Zombie? Sudah Basi! Kini, Saatnya Wabah Pocong melanda Dunia!

Andy Chan   15 Sep 2020
Kiamat Zombie? Sudah Basi! Kini, Saatnya Wabah Pocong melanda Dunia!

Tahun 2020, sebuah wabah pocong telah menyerbak di seluruh dunia. Tidak perduli di Indonesia maupun di negara maju macam Amerika Serikat, serbuan pocong akan menghabisi umat manusia. Apakah kamu mampu menyelamatkan dunia dari serangan pocong? Itulah sekilas latar belakang kisah dari game unik berjudul Pocong Buster King yang disingkat menjadi POBK.

Persembahan dari Own Games

Pocong Buster King adalah sebuah game persembahan dari Own Games, yang tentunya sudah dikenal di Indonesia dengan game Tahu Bulat. Game ini bergenre arcade survival, di mana pemain berperan sebagai seorang karakter bernama Joe. Ladang jagung milik Joe diserbu oleh pocong, dan tentu saja dia tidak tinggal diam dan akan membasmi semua pocong yang menyerbu tempatnya itu.

Cara Memainkan yang Unik

Pemain sama sekali tidak perlu menggerakkan Joe, dia akan berdiri di atas sebuah lumbung untuk menembaki para pocong yang datang. Pemain cukup mengetuk layar untuk menyuruhnya menembak para pocong yang datang. Sederhana kan? Tapi jangan dikira mudah ya, karena seperti yang kita tahu, pocong itu jalannya melompat-lompat, sehingga timing untuk menembaki mereka boleh dibilang cukup ketat. Apalagi pemain harus melakukan reload ketika pelurunya habis, sehingga resiko pocong yang semakin mendekat pun nyata adanya. Kalau pocong berhasil menembus pertahanan Joe, maka permainan pun berakhir dan pemain harus mengulang level-nya lagi.

Penggunaan Alat dan Persenjataan

Keunikan dari game arcade survival Pocong Buster King adalah kemampuan pemain untuk mempersenjatai si pahlawan, Joe. Ada banyak senjata yang bisa dia gunakan, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Semua senjata tersebut bisa diperkuat, dengan catatan pemain memiliki uang dan material yang cukup untuk melakukannya. Selain alat, pemain juga bisa memperkuat benteng pertahanannya dengan memasang pagar kawat dan sejenisnya untuk menghadang para pocong.

Sistem Level Up

Terinspirasi oleh game seperti Archero yang memiliki sistem level up secara acak, Pocong Buster King mengadopsi sistem tersebut sehingga setiap Joe naik level, dia bisa memilih satu dari tiga buah skill yang diberikan secara acak. Skill ini bermacam-macam, ada yang membuat tembakannya menyebar, ada yang menambahkan peluru, ada juga yang memperkuat peluru, dan lain sebagainya. Ini membuat permainan tetap fresh setiap kali dijalankan.

Monolog yang Kocak

Pocong Buster King disajikan dengan bahasa Indonesia yang penuh dengan humor. Joe selalu bertanya-tanya mengenai para pocong yang menyerbu ladang jagungnya, dan berbagai macam komentarnya mengenai para pocong dan persenjataan yang dia miliki itu dijamin akan mengundang tawa pemain. Boleh dibilang, usahanya untuk membela diri dari para pocong ini membentuk sebuah cerita yang menarik dan kocak untuk diikuti.

Mode Edan Lainnya

Selain mode utama bertahan dari serangan para pocong dalam bentuk gelombang, Pocong Buster King juga menyediakan dua buah mode lainnya, yaitu mode Tiada Akhir di mana pemain ditantang untuk bertahan selama mungkin, dan Mode Tajir Banjir!!, sebuah mode unik di mana pemain harus mencegah para Pocong Tajir alias Pojir, untuk belanjat di Mall.

Grafis Kartun yang Imut

Meskipun bertemakan pocong, namun Pocong Buster King bukanlah game horor yang mengerikan. Para pocong yang hadir di sini justru malah tampak imut-imut dan absurd, dengan berbagai varian yang mungkin akan membuat kalian ngakak. Selain pocong tipe standar, ada Polinci alias pocong kelinci yang lompatannya tinggi sekali, ada juga Ponarto, alias pocong ninja bergaya Naruto, dan macam-macam pocong unik lainnya termasuk yang bukan pocong macam Kuntilanak, Buto Ijo, dan berbagai hantu lokal lainnya. Lagu dalam game memang minim, namun efek suara pocong melompat-lompat, serta nuansa malam dengan suara ambiens yang mencekam, bisa membuat permainan tetap seru.

Menggunakan Sistem Stamina

Own Games menyajikan Pocong Buster King secara free-to-play, dan asyiknya, game-nya juga tidak membutuhkan koneksi Internet. Tapi tentu saja, kalau pemain ingin membeli berbagai penawaran spesial seperti menghilangkan iklan dan membeli mata uang premium Berlian, mereka tentu membutuhkan koneksi Internet. Pemain juga bisa menonton iklan untuk mendapatkan bonus Berlian atau melipatgandakan reward, jika dibutuhkan. Game-nya sendiri menggunakan sistem stamina, jadi setiap memainkan satu sesi, dibutuhkan satu buah stamina. Stamina ini akan terisi kembali setelah beberapa waktu, jadi akan ada saat di mana pemain tidak bisa menikmati permainan dulu dan harus beristirahat sejenak.

Mungkin kebanyakan orang sudah bosan dengan game bertemakan kiamat zombie. Nah, inilah dia game yang sedikit berbeda, yaitu wabah pocong yang melanda dunia, sebuah game unik persembahan Own Games yang wajib kalian coba, Pocong Buster King alias POBK!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top