REVIEW

Main Idle Game sambil Koleksi Waifu? Inilah Idle Space Farmer!

Andy Chan   08 Jan 2020
Main Idle Game sambil Koleksi Waifu? Inilah Idle Space Farmer!

Pernah membayangkan bagaimana rasanya membuka sebuah pertanian di luar angkasa? Yuk, jadi seorang petani luar angkasa dengan mengatur para agenmu yang cantik untuk mengalahkan para monster dan mengumpulkan uang, mengembangkan kerajaan luar angkasamu dan kumpulkan agen-agen cantik sebanyak-banyaknya dalam game persembahan Anxious Otter yang berjudul Idle Space Farmer!

Waifu Manager Simulator

Meskipun game ini bertema pertanian, namun sebenarnya Idle Space Farmer adalah sebuah game simulasi yang mencampurkan antara melakukan farming pada monster, serta mengoleksi waifu yang cantik. Ya, "bertani" dalam game ini bukanlah dalam arti harafiah, melainkan menggunakan istilah gaming yaitu "farming" monster alias membunuh satu monster terus menerus demi mengumpulkan sesuatu, biasanya uang atau experience. Dari sisi lain, pemain juga akan merekrut berbagai agen cantik untuk melakukan farming tersebut, yang fungsinya selain farming, juga merupakan waifu untuk dikoleksi.

Mengatur Farming Monster

Di awal permainan, pemain hanya memiliki satu "lahan pertanian" saja untuk melakukan farming pada monster. Uang yang terkumpul tersebut akan dikirimkan ke atas menggunakan sebuah elevator, lalu dibawa ke bank. Dengan uang tersebut, pemain akan bisa membeli "lahan pertanian" baru, dan melakukan upgrade pada para agen, elevator, serta bank itu sendiri.

Gacha untuk Mendapatkan Waifu

Setiap "lahan pertanian" membutuhkan satu orang agen sebagai pembasmi monster yang akan melakukan farming. Agen ini bisa didapatkan via sebuah sistem gacha, di mana pemain bisa menggunakan sebuah tiket gratisan untuk melakukan summon, atau bisa juga menggunakan mata uang premium.

Rarity Agen

Setiap agen (waifu) memiliki rarity-nya sendiri-sendiri, yang gratisan biasanya hanya memiliki rarity satu atau dua bintang saja. Dengan menggunakan mata uang premium, pemain akan bisa mendapatkan agen dengan rarity tiga bintang atau lebih, dan apabila bersedia membayar mahal, akan bisa mendapatkan agen dengan rarity lima atau enam bintang. Masing-masing agen juga memiliki skill tersendiri yang berguna untuk mempercepat proses farming. Khusus untuk bagian elevator dan bank, tidak ada agen yang bisa dialokasikan ke situ. Pemain harus membeli seorang manager yang akan mempercepat proses penghasilan uang tersebut dengan uang in-game.

Artwork bergaya Anime

Sebuah game yang mengandalkan waifu tentunya wajib memiliki artwork yang menawan. Idle Space Farmer dijamin tidak mengecewakan dalam hal ini, karena mereka menghadirkan artwork para waifu secara anime, dengan artstyle yang cantik-cantik, tentunya semakin tinggi rarity-nya, semakin cantik pula para waifu tersebut hadir. Pemain juga bisa melakukan zoom pada artwork tersebut apabila ingin memeriksanya secara lebih mendetail. Di dalam permainan sendiri, para agen tampil secara chibi, dengan animasi bertempur yang sederhana namun tetap enak dilihat.

Bebas Idle, Online mau pun Offline

Idle Space Farmer yang disajikan secara free-to-play ini ternyata juga tidak membutuhkan koneksi Internet sama sekali. Pemain bebas memainkannya secara online maupun offline, dan tetap akan bisa mendapatkan uang hasil dari farming tersebut. Tentu saja, dengan adanya sistem gacha di dalamnya, dan pengumpulan mata uang premium Super Cash terasa cukup minim, tersedialah yang namanya mikrotransaksi agar pemain bisa membeli waifu-nya lebih cepat. Tapi ingat, berhubung sistemnya gacha, tidak ada jaminan kalian akan mendapatkan waifu yang kalian inginkan lho.

Dengan sistem permainan yang minim interaksi (pemain bahkan tidak perlu melakukan tapping sama sekali untuk melakukan farming), game ini cocok bagi kalian yang sibuk kerja namun tetap ingin mengoleksi waifu. Kalian bisa menemukan game ini di Play Store dengan judul Idle Space Farmer: Waifu Manager Simulator.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top