REVIEW

Gallery: Coloring Book, Kisah Pasangan Manis Warnai & Hias Rumah Butut

Andy Chan   15 Apr 2021
Gallery: Coloring Book, Kisah Pasangan Manis Warnai & Hias Rumah Butut

Sepasang kekasih yang manis, Mia dan Leo, baru saja membeli sebuah rumah. Mia adalah seorang pelukis yang baru saja meninggakan pekerjaannya yang membosankan. Mimpi Mia hanyalah satu, melukis gambar bersama-sama dengan kekasihnya, Leo. Inilah kisah mereka yang penuh warna, dalam game cantik persembahan dari Beresnev Games yang berjudul Gallery: Coloring Book.

Misi Pemain dalam Gallery: Coloring Book

Dalam Gallery: Coloring Book, pemain menemani Mia dan Leo dalam petualangan penuh warna mereka, yaitu mewarnai lukisan-lukisan indah, serta melakukan renovasi pada rumah butut yang mereka beli. Seperti apa kisah mereka berjalan?

Mewarnai Lukisan

Meskipun Gallery: Coloring Book menyebutkan bahwa Mia adalah pelukis yang sangat berbakat, namun sebenarnya game ini adalah merupakan sebuah game mewarnai. Pemain diberikan sebuah gambar kosong, yang bisa diberikan warna sesuai dengan angka yang berada di bagian-bagian gambar tersebut. Kurang lebih memang seperti buku mewarnai yang biasa digunakan oleh anak-anak kecil. Tidak ada batasan waktu sama sekali, jadi pemain bisa dengan santai mewarnai lukisan tersebut sesuai aturan.

Tools Pembantu

Pemain diberikan beberapa buah tools pembantu untuk menyelesaikan lukisan di setiap level-nya. Ada bom warna yang bisa mengisi warna dengan bentuk ledakan bom, ada kaca pembesar untuk menemukan satu angka untuk diwarnai, ada juga kuas untuk mewarnai satu goresan, serta sebuah kaleng cat yang bisa mewarnai satu warna di seluruh medan permainan. Tools ini jumlahnya terbatas, namun bisa dibeli dengan menggunakan uang yang dikumpulkan di setiap level-nya, meskipun tentunya, harganya tidak sebanding dengan penggunaannya.

Mengumpulkan Bintang untuk Mendekor Rumah

Setiap pemain menyelesaikan sebuah level, mereka akan mendapatkan sebuah bintang dan sejumlah uang. Nah, bintang ini seperti biasa, digunakan untuk menjalankan ceritanya, di mana mereka bisa mendekorasi rumahnya dengan beberapa buah pilihan furniture. Salah satu dari furniture ini biasanya harus dibeli dengan uang, dan berhubung uang yang didapatkan terbatas, pemain harus menentukan apakah mereka benar-benar suka dengan furniture yang berbayar tersebut atau tidak.

Cantik dengan Model 3D

Tidak seperti game-game dekor-mendekor lainnya yang menggunakan grafis kartun, Gallery: Coloring Book tampak berbeda dengan tampilan karakter dalam 3D yang menawan. Pemain bisa melihat Mia dan Leo berinteraksi satu sama lain dan dengan rumahnya, dalam animasi 3D yang keren.

Harus Online

Berhubung ada beberapa bagian dari game ini yang butuh download, maka game free-to-play yang satu ini mau tidak mau, membutuhkan koneksi Internet untuk bisa dimainkan. Gallery: Coloring Book juga memiliki sebuah sistem energi, yang cukup boros, sehingga pemain hanya bisa menyelesaikan beberapa level saja sebelum energi tersebut habis. Mikrotransaksi disajikan kepada pemain untuk bisa membeli uang dengan harga bervariatif, mulai dari Rp. 14.000,- hingga Rp. 139.000,-.

Kisahnya menarik, grafisnya cantik, dan mendekorasikan rumahnya pun menawan, namun sayangnya, mewarnai gambar dalam game ini justru menjadi batu sandungan sendiri. Meskipun hidden objects dan puzzle match-three sudah dilakukan ribuan kali oleh game lain, namun harus diakui bahwa kedua genre tersebut masih lebih menantang dibandingkan mewarnai sebuah gambar, yang boleh dibilang cukup membosankan. Kesimpulan akhirnya, Gallery: Coloring Book mungkin tidak cocok untuk sebagian besar gamer, dan hanya mereka yang benar-benar ingin santai saja yang bisa senang mewarnainya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top