REVIEW

Gali, Gali yang Dalam tapi Tetap Santai bareng Idle Digging Tycoon

Andy Chan   27 Jul 2020
Gali, Gali yang Dalam tapi Tetap Santai bareng Idle Digging Tycoon

Saat ini, game idle tentunya sudah banyak dikenal oleh para gamer mobile. Ada berbagai macam game idle yang sudah beredar, seperti Idle Supermarket Tycoon, Maid Heroes, Idle Medieval Tycoon, dan lain sebagainya. Kali ini kita akan berkenalan dengan para pekerja keras yang siap menggali ke dalam tanah untuk menciptakan bangunan-bangunan cantik dalam Idle Digging Tycoon!

Menggali Tanah, Ciptakan Bangunan Cantik

Dalam Idle Digging Tycoon yang dipersembahkan oleh Zplay Games, pemain akan melihat para pekerja miliknya sibuk menggali tanah untuk menciptakan sebuah bangunan cantik. Memang mula-mula, tidak terlihat sama sekali seperti apa bangunan tersebut, namun semakin dalam para pekerjanya menggali, semakin terlihatlah cantiknya bangunan tersebut.

Idle dan Clicker

Seperti biasanya game idle, pemain akan bisa membantu para pekerja untuk bekerja lebih giat dengan cara mengetuk layar secepat mungkin, alias "clicker". Pastinya, mengetuk layar seperti ini lama-lama membuat bosan, oleh karena itu, para pekerja tersebut akan bisa terotomatisasi dengan menggunakan uang yang didapatkan.

Upgrade Para Pekerja

Para pekerja yang rajin menggali ke bawah tersebut bisa di-upgrade dalam berbagai macam aspek. Ada upgrade untuk uang yang mereka hasilkan, upgrade kecepatan menggali, serta upgrade untuk menambahkan pekerja. Selain itu, pemain juga bisa meng-upgrade kekuatan mereka seperti kekuatan menggali, stamina, serta penggalian kritis.

Stamina Para Pekerja

Unik untuk Idle Digging Tycoon adalah keberadaan stats bernama stamina pada para pekerja tersebut. Begitu stamina mereka habis, maka mereka akan perlu istirahat dan keluar dari medan penggalian untuk tidur. Pemain bisa saja membiarkan mereka tidur, tapi tentunya hal tersebut tidak produktif, kan? Bangunkan mereka dan suruh mereka bekerja kembali!

Elemen Random

Sepanjang penggalian berlangsung, akan ada beberapa elemen random yang bisa keluar untuk ditindaklanjuti oleh pemain. Ada pekerja kuat yang bisa muncul untuk diajak kerja, ada mandor yang mengawasi kalau pekerjanya yang akan tidur, bahkan bisa ada peti harta yang bisa dibuka oleh pemain. Sayangnya, hampir semua elemen ini mewajibkan pemain untuk menonton video iklan terlebih dahulu, baru bisa diaktifkan.

Grafis 3 Dimensi yang Menawan

Idle Digging Tycoon hadir dengan grafis 3D isometris, di mana pemain bisa melihat para pekerjanya sibuk menggali ke bawah, di mana semakin lama, bangunan yang dibentuk akan semakin cantik. Pemain juga bisa menghias bangunan tersebut dengan berbagai dekorasi, dengan catatan, penggalian sudah mencapai titik tertentu. Bahkan, para penggali tersebut pun bisa dikustomisasikan penampilannya dengan beberapa model skin lho. Dengan iringan bernuansa ambiens yang santai, Idle Digging Tycoon memang bisa membuat pemain merasa relaks dan senang.

Sebaiknya, Dimainkan Offline

Dengan model bisnisnya yang free-to-play, Idle Digging Tycoon menyodorkan iklan yang lumayan banyak kepada pemainnya. Oleh karena itu, meskipun banyak fitur yang wajib menonton iklan, ada baiknya untuk memainkan game ini secara offline, matikan mobile data dan WiFi di ponsel pintarmu. Mikrotransaksi juga hanya untuk pembelian mata uang premium Diamond, serta bundel skin untuk para pekerja saja.

Dengan berbagai macam bangunan cantik untuk dibuat, Idle Digging Tycoon bisa menjadi salah satu game yang menarik untuk dimainkan secara santai, karena toh, pemain tidak perlu aktif setiap saat untuk bisa menikmatinya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top