REVIEW

Galaga Revenge, Remodernisasi Game Lawas dengan Sistem Gacha

Andy Chan   25 Jan 2019
Galaga Revenge, Remodernisasi Game Lawas dengan Sistem Gacha

Tahun 2280 CE, United Galaxy Space Force (UGSF) telah mendirikan sebuah pasukan elit untuk melindungi wilayahnya dari serangan alien UIMS. Para elit pilot yang membentuk pasukan elit tersebut dinamakan Void Squad yang memiliki teknologi manusia termutakhir dan perjuangan mereka untuk melindungi UGSF. Itulah latar belakang dari game persembahan Bandai Namco Entertainment Taiwan yang diberi judul Galaga Revenge.

Sekilas Sejarah Game Galaga

Judul "Galaga" mungkin tidak asing di kalangan gamer, karena memang judul tersebut sempat tenar di tahun 80'an di konsol Nintendo maupun di Arcade. Galaga adalah sebuah game tembak-tembakan pesawat di mana pemain mengendalikan sebuah pesawat tempur super canggih untuk menghancurkan formasi alien yang hadir di atas layar. Tidak seperti game shooter pesawat pada umumnya, dalam Galaga, pemain hanya bisa menggerakkan pesawat ke kiri dan ke kanan saja sambil menembaki musuh yang berada di bagian atas.

Metode Pengendalian Pesawat yang Modern

Tidak seperti Galaga versi lawas, dalam Galaga Revenge, pemain mengendalikan pesawat tempur canggih mereka seperti layaknya game shooter pesawat. Pesawat akan mengikuti arah sentuhan jari kalian dan secara otomatis menembak. Selain itu, pemain juga bisa menyentuh icon-icon di pinggir layar untuk menggunakan kekuatan khusus, seperti menembak secara burst, ataupun menggunakan bom.

Kehadiran Kembali Galaga di Ponsel Pintar dengan Fitur-fitur Keren

Menyusul Konami dengan game Contra Return, Bandai Namco pun tidak mau ketinggalan. Mereka membuat ulang Galaga dalam sebuah versi baru yang memiliki berbagai macam fitur menarik yang menjadikan Galaga Revenge ini sebuah remake modern yang menawan.

Susun Pasukan Pesawatmu

Dalam Galaga Revenge, pemain bisa menentukan sendiri susunan pesawat tempurnya, mulai dari pesawat utamanya, pesawat penduklung kecil yang berada di depan, pesawat yang berada di samping, serta pesawat yang berada di belakang. Tersedia banyak jenis pesawat yang masing-masing bisa di-upgrade, serta pemilihan pilot, masing-masing dengan skill yang unik.

Tampil dengan Gaya Anime

Tidak seperti Galaga versi lawas, Galaga Revenge memiliki sebuah kisah yang berkesinambungan, disajikan ala visual novel yang kental. Cerita ini juga didukung oleh tokoh-tokoh karakter yang tampil dengan gaya anime, masing-masing memiliki kenyentrikkannya sendiri.

Gameplay yang Mewajibkan Grinding

Galaga Revenge dimainkan secara urut dalam sebuah peta berisikan stage-stage untuk dimainkan. Setiap stage memiliki yang namanya CP requirement, jadi pemain sangat disarankan untuk memiliki pesawat yang berkekuatan lebih dari CP yang disebutkan di situ, kalau tidak, mereka akan kesulitan dalam menyelesaikan stage-nya. Oleh karena itu, untuk bisa menaikkan CP, pemain harus meng-upgrade pesawat dan pilot, yang tentunya bisa dilakukan dengan grinding stage-stage sebelumnya. Dan masalahnya, game ini menggunakan sistem stamina yang disebut AP, jadi akan ada saat di mana AP tersebut habis dan pemain harus menunggu sekian lama baru bisa memainkan game-nya kembali.

Pertempuran Seru dalam Grafis 3D

Memang permainan dalam Galaga Revenge dilihat dari atas, namun pesawat yang dikendalikan oleh pemain itu tampil secara 3D. Setiap elemen pertempuran di layar terlihat spektakuler dengan ledakan-ledakan yang bombastis. Uniknya, meskipun game-nya berubah menjadi game shooter pesawat pada umumnya, unsur lawas Galaga di mana musuh-musuh membentuk sebuah formasi itu masih tetap ada.

Free-to-Play dengan Sistem Gacha

Galaga Revenge disajikan oleh Bandai Namco Entertainment Taiwan secara free-to-play alias gratis. Game ini wajib dimainkan secara online, dan untuk bisa mendapatkan berbagai hal di dalam game ini, pemain wajib melakukan Gacha dengan menggunakan mata uang premium, yaitu Crystals. Apa saja yang perlu di-Gacha? Banyak sekali, mulai dari pesawat, pilot, sampai koin. Tentu saja, tersedia mikrotransaksi untuk membeli Crystals dengan harga yang sama sekali tidak miring, mulai dari yang termurah Rp. 14.000,- sampai termahal Rp. 1.405.579,-.

Harus diakui bahwa membuat sebuah game Galaga yang sama persis dengan versi lawasnya adalah ide yang buruk. Berbagai macam pembaharuan tentunya diperlukan agar sebuah game bisa menjadi menarik untuk umum, dan itulah yang dilakukan oleh Bandai Namco Entertainment Taiwan dengan Galaga Revenge. Oleh karena itu, Galaga Revenge adalah salah satu game yang wajib dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top