REVIEW

Funky Restaurant, Game Manajemen Restoran bertipe Arcade

Andy Chan   17 Oct 2019
Funky Restaurant, Game Manajemen Restoran bertipe Arcade

Pernahkah kalian bermimpi memiliki restoran sendiri? Percaya atau tidak, kerja keras itu akan membuahkan hasil. Mulailah dari booth burger yang kecil, dan mulai pelan-pelan memperbesar usaha kalian hingga menjadi sebuah restoran berantai yang megah. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Itulah tema yang dibawakan oleh Digital Melody dalam game unik mereka, Funky Restaurant.

Game Restoran bertipe Arcade

Sebenarnya game bergenre manajemen restoran sudah banyak beredar di mobile, seperti game klasik Diner Dash, Restaurant Dash, Tasty Town, hingga Food Truck Chef: Cooking Game, di mana masing-masing memiliki tipe permainan yang berbeda satu sama lain. Funky Restaurant pun cukup berbeda dibandingkan dengan game-game lainnya itu karena game ini bertipe Arcade di mana pemain melayani tamu dengan melemparkan makanan ke arah mereka.

Cara Main ala Sudut Lempar

Dalam Funky Restaurant, tugas pemain adalah untuk melayani para konsumen yang akan membeli makanan dari restoran milik mereka. Di bagian kanan layar, pemain akan melihat sekumpulan tangan konsumen memegang tray. Pemain harus melemparkan makanan ke arah tray tersebut dengan selamat, caranya adalah dengan menentukan sudut lemparnya menggunakan layar sentuh. Tentukan arah lempar dan sudut jatuhnya makanan tersebut agar tepat mendarat di tangan konsumen, dan kalau gagal, pemain akan langsung mengalami game over.

Penghasilan Pasif dan Upgrade 

Selain menghasilkan uang dengan cara melayani para tamu, pemain juga akan mendapatkan penghasilan secara pasif dari restoran yang sudah mereka buka. Restoran milik pemain pun bisa di-upgrade dengan menggunakan uang yang sudah dikumpulkan agar menjadi sebuah restoran yang megah.

Kustomisasi Karakter dan Restoran

Funky Restaurant hadir dengan grafis yang sangat blocky, sehingga karakter-karakternya tampak kotak-kotak. Memang secara grafis, permainan ini kurang bisa dinikmati oleh para pecinta tampilan keren, namun meskipun tampilannya tampak retro, pemain ternyata bisa mengkustomisasi para pelayan di restoran tersebut dengan karakter-karakter lucu, dan ada banyak macam restoran untuk di-unlock.

Free-to-Play, dan Tidak Butuh Koneksi Internet

Disajikan secara free-to-play, Funky Restaurant adalah salah satu game gratisan yang bisa dimainkan secara offline. Game-nya tidak memiliki sistem stamina / energi, kecuali mengenai penghasilan pasif yang harus dikoleksi setiap beberapa saat sekali kalau tidak mau merasa rugi. Apabila pemain merasa kekurangan koin dalam game, mereka pun bisa membelinya menggunakan uang asli dengan harga yang cukup miring, mulai dari Rp. 15.000,- hingga RP. 52.000,-. Tidak ingin membayar sepeserpun? Silahkan menonton sebuah video iklan untuk mendapatkan sedikit koin tambahan.

Tipe permainan Funky Restaurant sendiri sebenarnya cukup unik, namun lama kelamaan game ini benar-benar terasa seperti benar-benar "kerja", jadi kurang bisa dinikmati untuk jangka waktu panjang. Apabila kalian menginginkan game manajemen restoran bertipe arcade, mungkin ada baiknya memilih game lain yang lebih menarik.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top