REVIEW

Freelancer Simulator, Jadilah Seorang IT Developer dari Nol

Andy Chan   03 Jul 2018
Freelancer Simulator, Jadilah Seorang IT Developer dari Nol

Pernah membayangkan bagaimana rasanya menjadi seorang freelancer? Sebagai seorang freelancer, pekerjaan yang Anda terima tentunya tidak pernah 100% terjamin, karena terkadang ada klien, terkadang sepi tidak ada pekerjaan. Inilah dia sebuah game simulasi karya CodeBits Interactive yang membawamu menjadi seorang IT developer dari nol, yaitu Freelancer Simulator.

Freelancer Simulator adalah sebuah game sandbox di mana pemain berperan sebagai seorang freelancer. Mulai dari seorang freelancer tanpa nama, pemain harus mengembangkan kemampuan miliknya sambil menerima berbagai proyek dari klien dan terus meningkatkan perusahaan pribadinya tersebut sampai akhirnya menjadi sebuah perusahaan ternama, lengkap dengan anak buahmu sendiri.

Pemain menentukan sendiri nama dari perusahaan yang dia dirikan, dan kemudian bisa mulai menerima proyek-proyek kecil yang datang via e-mail. Tapi hati-hati, karena tidak semua e-mail tersebut legit. Ada e-mail spam yang menawarkan sesuatu yang muluk, dan biasanya apabila pemain menerima "ajakan" dari e-mail spam tersebut, akan mengalami kerugian. Meskipun begitu, terkadang e-mail spam ini justru bisa menghasilkan uang juga, tergantung dari hoki pemain.

Setelah menerima proyek, pemain pun bisa langsung mengerjakan proyek tersebut secara otomatis, terlihat dari progress bar yang tampil di atas kepala karakternya. Untuk mempercepat pengerjaan proyek, pemain bisa melakukan tapping pada karakternya agar progress menjadi lebih ngebut. Selesai mengerjakan proyek, pemain pun akan mendapatkan bayaran untuk mengembangkan usahanya lebih lanjut.

Tapi sebelum bisa melanjutkan pengembangan usaha, ada hal yang lebih penting yang harus dilakukan oleh pemain dengan uang yang dimilikinya, yaitu memastikan bahwa karakternya itu sehat wal'afiat dengan cara membelikannya makanan serta obat-obatan.

Apabila kesehatan sudah mencukupi, saatnya menggunakan uang penghasilan tersebut untuk meng-upgrade kamar kerja, meng-install aplikasi-aplikasi baru yang bisa membantu pekerjaan freelancermu itu. Dan untuk bisa meningkatkan kemampuannya agar dapat menerima proyek-proyek yang lebih rumit dan berkelas, sang freelancer pun harus melatih diri dengan cara belajar kemampuan baru. Ada banyak macam skill yang bisa dikembangkan, mulai dari design, marketing, management, game design, 3D modeling, hingga kecepatan pengerjaan proyek, yang semuanya membutuhkan uang untuk dipelajari.

Semakin pemain mengembangkan usaha freelancernya, semakin besar juga perusahaan yang dimilikinya, di mana mereka nantinya bisa mendapatkan fanbase, marketing, membuat proyek sendiri serta menciptakan tim agar proyek yang dikerjakan semakin cepat. Bahkan pemain pun diberikan kebebasan untuk berkunjung ke kota dan melakukan beberapa hal seperti investasi, melakukan gambling, serta bertemu dan menjalin hubungan dengan seorang gadis.

Dengan grafis yang cukup minimalistik, Freelancer Simulator bukanlah sebuah game yang memukau bagi kebanyakan orang. Namun untuk sebuah game simulator, tampilan tanpa animasi ini cukup merepresentasikan sebuah kantor freelancer, lengkap dengan transisi dari siang ke malam dan ke siang lagi. Hal ini masih ditambah dengan kemampuan pemain untuk benar-benar mengkustomisasi kantor miliknya dengan hiasan yang bermanfaat macam poster motivasi, audio system, RC car, dan lainnya, serta pembelian skin untuk freelancernya, mulai dari skin student, skin gangster, skin sociopath, sampai skin alien.

Freelancer Simulator adalah sebuah game premium, yang berarti game-nya harus dibeli dan tidak bisa dimainkan secara free-to-play. Tapi jangan khawatir, karena harga yang dibanderol hanyalah Rp. 3.600,- saja. Murah sekali, kan? Dan berhubung game ini adalah game premium, maka game-nya dijamin bebas sistem stamina, bebas iklan, dan juga bebas dimainkan secara offline. Tapi apabila menurut kalian Rp. 3.600,- itu masih kemahalan, tersedia juga versi gratisannya, yang tentunya memiliki fitur tambahan yaitu iklan. Akibat adanya versi free-to-play inilah maka game ini tetap memiliki mata uang premium berupa diamond yang bisa dibeli via mikrotransaksi (yang membutuhkan koneksi Internet), di mana kegunaannya adalah untuk mempercepat waktu pengerjaan proyek.

Jika Anda menggemari game sejenis Tycoon, Freelancer Simulator bisa jadi merupakan salah satu game yang cukup menantang bagimu. Inilah dia sebuah game yang bisa mengajar bagaimana memulai sesuatu dari kecil sampai menjadi besar dan sukses. Nah, apakah kamu kira-kira bisa sukses dalam bisnis IT? Cari tahu dalam Freelancer Simulator!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top