REVIEW

Free Fire, Game Battle Royale persembahan Garena!

Andy Chan   25 Nov 2018
Free Fire, Game Battle Royale persembahan Garena!

Sudah banyak memang game bergenre Battle Royale yang beredar di mobile, sebut saja yang terkenal macam PUBG atau Rules of Survival. Tidak mau ketinggalan, Garena pun mempersembahkan versi mereka yang diberi judul Free Fire.

Apakah Free Fire itu?

Dalam Free Fire, 50 orang pemain akan diterjunkan ke dalam sebuah pulau terpencil untuk bertempur satu sama lain selama 10 menit. Lokasi pertempuran semakin lama semakin menyempit karena zona aman akan senantiasa berkurang. Siapa yang berhasil bertahan hidup selama 10 menit itu dan menjadi orang terakhir yang berdiri di atasnya, adalah yang menang. Pemain bisa dengan bebas memilih titik pendaratan di pulau tersebut, dan mereka bebas untuk menemukan senjata, bersembunyi, menyerang, mengendarai kendaraan, dan sebagainya. Apapun bebas untuk dilakukan di sini yang penting tujuan utama tercapai: selamat menjadi orang terakhir.

Cara Memainkan Free Fire

Cara Pengendalian

Game ini menggunakan skema kendali third person shooter via sebuah virtual gamepad. Pemain bisa menggunakan jempol kiri untuk menggerakkan karakter, di mana di sebelah kiri juga tersedia tombol untuk melakukan lari. Di bagian kiri layar juga terdapat tombol inventory untuk memeriksa barang yang sudah dipungut, serta tombol healing. Sementara itu, di sebelah kanan bawah layar terdapat berbagai cara untuk berlaku, seperti berlutut, bertiarap, serta melompat. Pemain juga bisa menyerang dengan menyentuh tombol serang yang ada di situ.

Untuk melihat dan melakukan aiming, pemain cukup menggerakkan jarinya di layar, dan kamera pun akan mengikuti gerakan jari. Apabila aiming reticule yang ditengah layar tersebut bertemu dengan lawan, maka dia pun akan secara otomatis melakukan auto-snap untuk lock-on. Tapi lock-on ini akan terlepas apabila lawan berhasil lari cepat, sehingga pemain harus kembali melakukan aiming.

Selain itu, apabila pemain berhasil mendapatkan sebuah kendaraan, maka metode pengendaliannya berubah menjadi sebuah kendali kendaraan. Di sebelah kiri, pemain akan melihat dua buah tombol kiri dan kanan untuk membelokkan kendaraan, sementara di bagian kanan akan terlihat tombol gas dan tombol rem, di mana tombol rem juga berguna sebagai tombol untuk berjalan mundur. Untuk masuk atau keluar kendaraan, pemain cukup menyentuh tombol konteks yang akan tampil apabila pemain berada di dekat kendaraan.

Memang metode pengendalian seperti ini kurang ideal untuk sebuah third-person shooter, namun berhubung semua pemain menggunakan skema kendali yang sama, boleh dibilang semuanya sama-sama imbang.

Tips

Seperti pada umumnya game bertipe Battle Royale, pemain diturunkan dari sebuah pesawat menggunakan parasut, dan dari situ pemain pun ditugaskan untuk mencari persenjataan di medan pertempuran. Apa yang ditemukan oleh pemain, itulah yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai cara bertahan hidup. Jadi jangan ragu-ragu untuk bersembunyi apabila persenjataan yang dimiliki tidak memadai. Setelah menemukan persenjataan dan armor, ada baiknya menemukan sebuah kendaraan untuk dikendalikan, karena dengan kendaraan, pemain bisa menggilas lawan-lawan dengan sekali tabrak.

Secara garis besar, metode untuk selamat dalam Free Fire ini adalah untuk bertarung secara pintar, dan tahu kapan harus melarikan diri. Ingat, siapa yang selamat di akhir permainan, dia lah yang menang. Tidak perduli sudah berapa lawan dibunuh oleh mereka, yang penting berhasil membunuh lawan yang terakhir saja untuk menjadi juara.

Fitur

Characters

Ada banyak karakter yang bisa dimainkan dalam Free Fire, namun untuk yang baru mulai main, hanya bisa menggunakan dua karakter saja, yaitu Eve bagi para wanita, serta Adam bagi para pria. Tapi ke depannya nanti, pemain bisa mendapatkan berbagai macam karakter yang unik seperti Ford, Andrew, Olivia, Kelly, Nikita, Misha, Maxim, Kla, Paloma, Miguel, dan Caroline. Tentu saja, karakter-karakter ini harus dibeli dengan menggunakan mata uang premium berupa Diamond, yang cara mendapatkannya tentu saja tidaklah mudah.

Fashion & Item

Di samping pembelian karakter pemain juga bisa membeli berbagai macam kostum untuk mempercantik karakter favorit mereka seperti berbagai macam rambut, topi, kacamata, baju, celana atau rok, serta sepatu. Sebagian besar kostum ini hanya bisa dibeli menggunakna diamond. Selain itu, pemain juga bisa membeli berbagai macam item untuk membantu memenangkan pertempuran seperti Peta untuk menemukan resupply point, Supply Drop, Bonfire, dan sebagainya.

Free-to-Play

Free Fire adalah sebuah game free-to-play yang bisa dimainkan kapan pun tanpa ada batasan stamina. Namun berhubung game ini adalah sebuah game online PvP, maka koneksi Internet pun wajib digunakan oleh pemain. Tentu saja, tersedia sebuah toko untuk melakukan Top-Up mata uang premium diamond dengan harga bervariatif, mulai dari Rp.16.000,- untuk 100 buah diamond, sampai ke Rp.739.000,- untuk 5600 buah diamond.

Grafis yang Cantik

Free Fire memiliki tampilan grafis 3D yang cantik, di mana pemain bisa melihat avatar yang dikendalikan olehnya secara third person view. Namun apabila pemain merasa ponsel pintarnya kurang memadai, atau ingin mengurangi pemakaian baterai, pemain bisa mengurangi kualitas grafisnya dengan pilihan Smooth, Standard, atau Ultra.

Free Fire boleh dibilang sangat seru dan asyik untuk dimainkan. Tentu saja, tidak semua orang akan berhasil menjadi pemenang dalam pertandingan 50 orang ini, namun intensnya permainan sangat terasa di sini. Bagi kalian yang menginginkan sebuah game Battle Royale dengan grafis yang tidak membebani ponsel pintar serta hanya membutuhkan space sekitar 480MB, Free Fire patut dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top