REVIEW

FR Legends, Game-nya Penggemar Drifting!

Andy Chan   28 Nov 2018
FR Legends, Game-nya Penggemar Drifting!

Dalam istilah otomotif, FR (Front-Engine, Rear-Wheel-Drive) adalah sebuah kendaraan yang memiliki mesin di depan dengan roda belakang yang berputar. Biasanya kendaraan-kendaraan seperti ini lah yang bisa melakukan drift di sebuah track khusus secara keren. Nah, developer game mobile FENG-LI mempersembahkan sebuah game yang bertemakan kendaraan FR ini dengan judul FR Legends.

Apakah FR Legends itu?

FR Legends adalah sebuah game balap mobil yang memfokuskan diri pada drifting. Pemain bisa berlatih melakukan drift di sebuah track, bisa juga bertanding drift melawan kendaraan lain yang dikendalikan oleh AI. Uniknya, sistem penilaian di sini bukanlah siapa yang berhasil mencapai garis finish duluan, melainkan siapa yang berhasil melakukan drift sesuai aturan secara sempurna.

Cara Memainkan FR Legends

Sistem Kendali

FR Legends memiliki dua buah sistem kendali, yaitu menggunakan motion control alias gyro, serta menggunakan virtual gamepad.

Motion Control

Dengan menggunakan motion control, pemain memegang ponsel pintar mereka bagaikan sebuah setang kemudi kendaraan yang sesungguhnya. Pemain bisa memutar ponsel pintarnya ke arah kiri atau kanan untuk membelokkan ban, sementara untuk menekan gas, pemain cukup menyentuh bagian kanan layar sentuh. Di bagian kiri layar sentuh terbagi menjadi dua bagian, di mana bagian bawah adalah untuk mengerem, sementara di bagian atas berguna untuk menarik rem tangan yang biasanya berfungsi untuk memulai drifting.

Virtual Gamepad

Pengendalian menggunakan virtual gamepad agak berbeda dengan motion control. Pemain diberikan panah kiri dan kanan di sebelah kiri bawah layar untuk membelokkan kendaraan, sementara di sebelah kanan bawah layar terdapat tombol rem dan tombol gas. Tombol rem tangan terletak di atas tombol gas yang fungsinya juga untuk memulai drifting.

Kedua metode pengendalian ini bisa digunakan dengan baik, namun untuk akurasi belok yang lebih akurat, ada baiknya menggunakan motion control saja.

Latihan Drifting

Pemain diberikan kesempatan untuk berlatih drifting dalam sebuah track sebelum dia bertanding melawan AI. Dalam track ini, biasanya pemain ditugaskan untuk melakukan beberapa tipe drift yang spesifik, karena penilaian dilakukan dari tindakan tersebut. Biasanya ada beberapa bagian pada track di mana pemain harus melakukan hal spesifik, apakah itu tancap gas, drift, ataupun melakukan putaran. Apabila pemain gagal melakukannya, maka skor pun akan menjadi 0 untuk bagian tersebut.

Setelah pemain menyelesaikan track, maka dia akan diberikan sejumlah uang sesuai dengan skor yang didapatkannya. Tapi apabila pemain mengalami kecelakaan, maka dia pun harus mengulang permainan.

Bertanding Battle melawan AI

Apabila pemain merasa sudah siap dengan latihannya, maka dia pun bisa mulai bertanding melawan AI dengan Battle Mode. Di dalam mode ini, pemain akan bertanding secara kejar-kejaran, di mana apabila pemain berperan sebagai yang dikejar, maka dia harus melakukan berbagai trick drift seperti yang sudah dilatihnya di mode Solo. Sementara itu, apabila pemain berperan sebagai pengejar, dia harus berusaha tetap berada di bagian belakang mobil lawan dan jangan sampai ketinggalan. Kedua ronde ini akan dinilai dan siapa pun yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi, dia lah yang menang.

Fitur-fitur Unik

FR Legends tidak hanya mengenai drifting saja. Pemain juga harus melakukan perawatan secara berkala pada kendaraan yang dikendalikannya, karena setiap mengalami kecelakaan dalam track, maka kendaraan miliknya pun akan semakin terlihat rusak seperti bemper bisa copot, roda semakin jelek, dan sebagainya.

Kustomisasi Kendaraan

Kendaraan yang dimiliki oleh pemain bisa dikustomisasi juga lho, mulai dari mengganti warnanya, melakukan uprade engine, upgrade Turbo kit, menyetel posisi roda, merubah interior kendaraan, mengganti spoiler, dan sebagainya. Bahkan pemain juga bisa membeli kendaraan baru jika sudah memiliki slot tambahan di garasinya.

Enam buah Medan Permainan

FR Legends menyediakan enam buah track untuk melakukan drift, tiga di antara masih terkunci. Untuk bisa membuka track baru, pemain harus mengumpulkan uang terlebih dahulu dan kemudian membelinya. Memang tiga track pertama agak monoton karena berlokasi di Drift Park, namun tiga track selanjutnya memiliki view yang lebih menawan seperti lokasi sekolah dan sirkuit sesungguhnya.

Sudut Pandang Kamera yang Variatif

Uniknya FR Legends adalah kemampuannya untuk melihat permainan dari berbagai macam sudut pandang unik. Pemain bisa bermain dengan chase cam dilihat dari belakang, bisa juga dari Bumper Camera, atau jika ingin dimainkan secara first-person dari dalam mobil juga bisa, bahkan ada view over-the-shoulder juga lho. Dan yang paling unik, FR Legends juga bisa dimainkan dengan sudut pandang bird's eye view alias dari atas secara 2D.

Free-to-Play

FR Legends disajikan secara free-to-play, dan game ini pun bisa dimainkan tanpa koneksi Internet secara offline. Tidak ada sistem stamina, jadi pemain bisa memainkan game-nya kapan pun diinginkannya. Apabila pemain membutuhkannya, disediakan mikrotransaksi berupa pembelian mata uang premium Gold, pembelian uang, serta berbagai bundel "murah".

Secara garis besar, FR Legends sebenarnya cukup menyenangkan untuk dimainkan. Namun, sistem aturan drift yang tidak mengijinkan pemain untuk main secara bebas inilah yang bisa menyebabkan frustrasi karena salah sedikit saja, maka skor pun akan terkena penalti yang parah. Akibatnya, akan sangat sulit untuk bisa memenangkan Battle melawan AI kecuali Anda benar-benar bisa memainkan game ini secara sempurna. Jadi hanya khusus pada kalian yang memiliki jiwa drifting sesungguhnya sajalah FR Legends ini wajib untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top