REVIEW

Forgotton Anne, Kisah Misterius dari Barang-barang yang Terlupakan Manusia

Andy Chan   07 Mar 2021
Forgotton Anne, Kisah Misterius dari Barang-barang yang Terlupakan Manusia

Bayangkan sebuah tempat dimana benda-benda yang terlupakan tinggal, mulai dari kaos kaki yang terlupakan, mainan-mainan lama, surat-surat, dan lain sebagainya. Itulah The Forgotten Lands, sebuah dunia sihir yang dipimpin oleh Master Bonku dan ditinggali oleh para Forgotlings, hidup sebagai benda-benda yang memiliki jiwa, raga, dan perasaan. Di tempat itu, hiduplah dua orang manusia yang berfungsi sebagai penjaganya, salah satunya bernama Anne, dan dialah tokoh utama dari game persembahan Hitcents ini, Forgotton Anne.

Kisah Perjuangan Forgotlings

Forgotton Anne merupakan kisah para Forgotlings yang bekerja untuk Master Bonku, di mana mereka bekerja mendirikan Ether Bridge, sebuah jembatan mistis yang bisa menjembatani dunia Forgotten Lands dengan dunia nyata. Kebanyakan dari mereka berharap agar bisa diijinkan untuk menyeberang ke dunia nyata begitu jembatan tersebut selesai, namun ternyata banyak yang merasa kalau Master Bonku itu adalah seorang penjahat, sehingga mereka pun mengadakan gerakan pemberontakan untuk menghancurkan jembatan tersebut. Misimu sebagai Anne adalah untuk pergi menemukan dan melenyapkan pemberontakan tersebut, namun semakin lama Anne menyelidikinya, semakin banyak hal-hal yang dia temukan, sehingga membuatnya mempertanyakan dirinya sendiri.

Platformer Puzzle

Pemain mengendalikan Anne dengan menggunakan sebuah virtual analog. Anne bisa bergerak ke berbagai arah, asal ada platform yang mengijinkannya untuk jalan di lokasi tersebut, misalnya menggerakkan analognya kebawah untuk jalan menuruni tangga secara vertikal. Anne juga bisa berinteraksi dengan objek-objek yang ada di medan permainan. Kalau ada benda yang menarik, akan muncul sebuah icon tanda tanya yang bisa diketuk oleh pemain agar Anne berinteraksi dengannya. Anne juga bisa melompat dengan mengetuk layar sebelah kanan, berguna untuk melakukan platforming.

Penggunaan Anima Vision

Anne akan bisa menggunakan yang namanya "Anima Vision" untuk menemukan Anima di layar. Apabila Anne menemukan Anima, dia bisa menyedotnya menggunakan Arca, dan kemudian menggunakan Anima tersebut untuk menyelesaikan puzzle-puzzle yang ada, seperti mengisi energi untuk menyalakan tenaga di rumah, dan lain sebagainya.

Distill Forgotlings

Sebagai seorang penegak hukum di dunia Forgotten Lands, Anne memiliki kemampuan untuk menyuling objek hidup. Hal ini bisa dilakukan untuk secara esensial, "membunuh" para Forgotlings. Ingat, kalian tidak perlu melakukan hal ini, jadi jalannya permainan bisa berlangsung sesuai dengan kata hati kalian.

Kisah Misterius untuk Dikuak

Dunia The Forgotten Lands dipenuhi dengan misteri. Apa sebenarnya yang menyebabkan peperangan antara para pemberontak dengan pemimpin dunia ini? Anne juga harus memutuskan segala hal dengan hati-hati, karena kata-kata yang dia ucapkan serta aksi yang dilakukannya, bisa merubah kisah yang dituturkan ini secara bercabang.

Bagai Memainkan sebuah Animasi

Forgotton Anne ditampilkan dengan artwork bergaya kartun dengan animasi yang sungguh menawan. Transisi antara animasi cutscene dengan permainan terasa sangat mulus, bahkan di dalam permainannya sendiri pemain tetap akan merasa sedang menonton sebuah film animasi. Soundtrack keren oleh Copenhagen Philharmonic Orchestra, ditambah dengan suara langkah kaki Anne yang mantap, suara ambien permainan, serta dukungan voice acting, membuat permainan terasa sangat imersif.

Perlu Ponsel Pintar Canggih

Tapi sayangnya, permainan yang satu ini membutuhkan sebuah ponsel pintar yang berspesifikasi cukup tinggi, karena memang game-nya cukup berat. Akibatnya, banyak elemen-elemen platforming yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh ponsel pintar kelas rendahan (meskipun bisa menjalankan game-nya). Untuk bergerak saja mungkin pemain akan kesulitan, apalagi ketika mencoba melompat secara presisi? Pastikan kalian mencoba dahulu dengan setting grafis yang "Low", dan kalau di bagian "Low" saja masih terasa berat, dengan terpaksa kalian harus melewati game yang menakjubkan ini.

Berbayar, tapi Ada Demo

Untunglah, Hitcent baik hati menyediakan sebuah Demo dari Forgotton Anne yang bisa dicoba oleh semua orang. Dari demo inilah pemain bisa mengetes kelayakan ponsel pintarnya, dan juga sekaligus untuk memberikan keputusan apakah harga Rp. 97.000,- untuk membeli versi full-nya itu layak atau tidak. Jangan sampai setelah membeli, lalu menyesal karena ponsel pintarnya kurang kuat, ya!

Meskipun boleh dibilang hanyalah sebuah port dari versi konsol dan PC-nya, namun Forgotton Anne berhasil memberikan pengalaman bermain game adventure platformer puzzle yang memikat hati di ponsel pintar. Jadi jika ponsel pintar kalian mendukung, Forgotton Anne adalah game yang termasuk wajib dibeli.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top