REVIEW

Flight Sim 2018, Sebuah Simulator Pesawat yang Otentik

Andy Chan   02 Jan 2019
Flight Sim 2018, Sebuah Simulator Pesawat yang Otentik

Apakah kalian pernah mendengar sebuah judul game PC yang berjudul Microsoft Flight Simulator? Dalam game tersebut, pemain berperan sebagai seorang pilot pesawat terbang. Namun berbeda dengan game-game tipe pesawat yang cenderung bernada action, di mana pemain biasanya mengendalikan sebuah pesawat tempur, dalam Flight Simulator, pemain justru menerbangkan sebuah pesawat penumpang biasa. Nah, pengalaman menerbangkan pesawat penumpang tersebutlah yang ingin dibawakan oleh Ovidiu Pop dalam game mereka, Flight Sim 2018.

Flight Sim 2018 Bawakan Pengalaman menjadi Pilot Kapal Komersil

Pernahkah kalian membayangkan bagaimana rasanya menerbangkan pesawat terbang komersil? Dalam Flight Sim 2018 ini, pemain diberikan kebebasan untuk menerbangkan pesawat-pesawat realistik ke seluruh dunia dengan bebas. Game ini lah yang akan mengukur kemampuan penerbangan pemain dengan menyenangkan.

Metode Pengendalian Pesawat

Dalam Flight Sim 2018, pemain bisa memanipulasi seluruh sistem pesawat dengan semua antar muka yang di layar, baik itu merubah kecepatan pesawat, menyalakan lampu, memasang seatbelt, menekan rem, sampai ke menaikkan atau menurunkan roda pesawat. Namun khusus untuk pengendalian pesawat, terdapat tiga buah metode yang disediakan.

Pengendalian via Gamepad

Metode pertama adalah metode yang biasa digunakan oleh game-game mobile pada umumnya, yaitu sebuah virtual gamepad. Dengan menggunakan virtual gamepad, pemain tinggal menyentuh saja tombol yang diinginkan untuk menyuruh pesawat naik ke atas, ke bawah, ataupun berputar ke kiri dan ke kanan.

Pengendalian via Kemudi Pesawat

Metode kedua hampir sama dengan metode pertama, namun pemain mengendalikan pesawat tidak dengan virtual gamepad, namun dengan sebuah kemudi pesawat yang kurang lebih fungsinya sama dengan sebuah analog. Pemain cukup memutar kemudi untuk membelokkan pesawat atau menaikan dan menurunkannya.

Pengendalian via Gyro / Motion Control

Metode terakhir adalah metod gyro atau motion control. Dengan metode ini, pemain tidak menyentuh layar untuk mengendalikan pesawat, namun memiring-miringkan ponsel pintar yang digenggamnya untuk mengarahkan pesawat. Metode ini akan terlihat lucu apabila game-nya dimainkan di muka umum.

Fitur-fitur Asyik dalam Flight Sim 2018

Sebagai sebuah game simulasi pesawat terbang, tentu saja Flight Sim 2018 harus memiliki fitur-fitur yang mendukungnya.

Berbagai Pesawat untuk Dikustomisasi

Tujuan utama permainan adalah untuk menerbangkan pesawat dari satu airport ke airport di kota lain. Dengan menyelesaikan sebuah penerbangan, kalian akan mendapatkan sejumlah uang untuk digunakan. Uang ini bisa digunakan untuk melakukan kustomisasi pada pesawat, serta membeli pesawat baru. Tersedia banyak pesawat untuk digunakan, mulai dari pesawat komersil, pesawat tempur, sampai ke pesawat unik macam Stealth.

Grafis 3D yang Keren

Bukan Flight Simulator namanya kalau tidak memiliki grafis 3D yang cantik. Flight Sim 2018 pun tidak kalah dalam hal ini, pemain bisa menikmati detail pesawat yang digunakan, airport-airport di masing-masing kota yang memiliki komposisi berbeda, siklus siang dan malam yang realistik, serta 9 buah kamera untuk melihat pesawat dari berbagai macam sudut, termasuk view kokpit pesawat. Sayangnya, view kokpit di sini kurang bagus, karena isi dari kokpit tersebut statis.

Free-to-Play dengan Mikrotransaksi

Flight Sim 2018 memang hadir secara gratis, namun pemain akan membutuhkan uang untuk melakukan upgrade pesawat dan sebagainya. Oleh karena itu, game-nya menyediakan yang namanya sebuah Toko, di mana di sana dijual berbagai macam paket untuk pemain mendapatkan uang in-game serta mata uang premium. Apa gunanya mata uang premium ini?

Sistem Pendaratan yang Mahal

Boleh dibilang, hampir semua orang bisa menerbangkan sebuah pesawat. Tapi ada satu hal kecil yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh mereka. "Terbangin pesawat? Ya, tentu bisa. Mendaratkan? Sepertinya tidak." Nah, oleh karena itu, Flight Sim 2018 memberikan sebuah bantuan ketika pesawat akan mendarat dengan empat buah opsi bagi pemain.

Pendaratan Manual

Apabila kalian yakin dengan kemampuan menerbangkan pesawat kalian, game-nya memberikan pilihan untuk kalian mendaratkan pesawat tersebut secara manual alias tidak ada bantuan sedikitpun. Hadiahnya adalah 500 Experience points.

Pendaratan dengan Bantuan

Apabila kalian kurang yakin, Flight Sim 2018 juga bisa memberikan bantuan berupa arah pendaratan. Dengan kata lain, meskipun kalian tetap mendaratkan pesawat tersebut sendiri, kalian akan dibimbing dengan sebuah arah penunjuk. Hadiahnya di sini berkurang menjadi 200 Experience points saja.

Pendaratan Otomatis

Terakhir, apabila kalian tidak ingin mendaratkan pesawat, kalian juga bisa langsung menyuruh game-nya mendaratkan pesawat tersebut secara otomatis. Tentu saja, untuk melakukan pendaratan otomatis ini, kalian harus membayar sesuatu antara dua hal: menonton sebuah video iklan, atau membayar 20 mata uang premium.

Hal lain yang menggunakan mata uang premium adalah mempercepat waktu agar kalian langsung tiba di tempat tujuan.

Secara garis besar, Flight Sim 2018 yang bisa dimainkan secara offline ini memang bukan untuk semua orang. Game-nya boleh dibilang agak membosankan untuk umum, namun bagi mereka yang suka dengan berbagai jenis pesawat dan penggemar simulasi sajalah yang bisa menikmati game seperti ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top