REVIEW

Fitur-Fitur Smartphone yang Mulai Ditinggalkan

Dwi K   10 Apr 2018
Fitur-Fitur Smartphone yang Mulai Ditinggalkan

Perkembangan teknologi smartphone sangat cepat dan terus berkembang. Smartphone yang baru saja kita miliki, akan terasa cukup usang di tahun berikutnya. Fitur-fitur smartphone pun semakin berkembang. Mulai dari bentuk, kegunaan, hingga teknologi didalamnya

Nah kita akan membahas apa saja teknologi smartphone beserta fiturnya yang mulai ditinggalkan.

Infrared

Masih ingat saat kita berkirim file menggunakan infrared dimana Bluetooth belum tersebar di semua handphone? Nah teknologi ini sekarang digunakan untuk mengendalikan peralatan elektronik dengan handphone, seperti televisi dan AC.

Namun dengan teknologi ama sekarang dan juga internet yang sudah terkoneksi di semua smartphone, maka fitur ini mulai ditinggalkan. Untuk mengendalikan televise sekarang sudah menggunakan WiFi dan juga berbagi file sudah bisa menggunakan messenger atau cloud jika file tersebut cukup besar.

Beberapa merek besar juga tidak menggunakan teknologi sejak awal, oleh karena itu Infrared mulai menghilang dari fitur handphone

Trackball dan Trackpads

Saat teknologi trackball ini muncul, seakan semua jadi mudah. Kita tidak perlu menekan-nekan tombol untul browsing handphone kita. Di Indonesia, teknologi ini dipopulerkan oleh blackberry. Karena pada masanya hamper semua orang memakai blackberry, tentu teknologi ini menjadi familiar.

Namun dengan perkembangan touchscreen dan hampir semua handphone sudah menjadi fullscreen, maka teknologi ini perlahan dihilangkan karena dinilai tidak praktis dan memakan tempat.

Keyboard Fisik

Masih membicarakan teknologi fullscreen dan touchscreen, tentu hal ini akan menghilangkan tidak hanya trackball dan trackpad namun juga keyboard fisik. Hal ini dianggap wajar karena keyboard fisik memakan tempat dan juga dianggap tidak diperlukan lagi karena keyboard sudah di sertakan dalam Sistem Operasi.

Ada perangkat tambahan yang kita bisa beli untuk dipasang di handphone kita jika kita rindu dengan fitur ini.

Baterai Lepas

Mungkin sekarang hampir semua smartphone menggunakan teknologi unibody dimana baterai tidak bisa dilepas yang mana hal ini agar smartphone bisa didesign sedemikian rupa agar lebih tipis dan nyaman digunakan.

Jika dahulu baterai bisa dilepas untuk memudahkan kita mengganti sparepart jika terjadi kerusakan, namun bentuk handphone akan semakin tebal dan tidak bisa didesign untuk slim seperti sekarang.

Audio Jack

Nah yang ini masih kontroversial karena dianggap teknologi penerusnya belum bisa diandalkan dan sangat riskan. Perkembangan ini ditenarkan oleh Apple yang sejak iPhone 7 telah menghilangkan jack audio mereka dan mulai menggunakan Bluetooth secara fulltime. Mulai banyak android yang mengikuti jejak Apple. Hal ini dianggap dapat melindungi smartphone dari air dan debu dengan semakin kuat.

Walaupun masih banyak yang menentang, namun perlahan diperkirakan teknologi ini akan semakin luas digunakan.

Nah demikianlah teknologi-teknologi pada smartphone yang mulai ditinggalkan atau diganti dengan teknologi yang lebih maju.

Apakah ada teknologi yang belum disebutkan? Komentar dibawah ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top