REVIEW

Fishdom: Pelihara Ikan yang Bisa Berbicara di Akuarium Virtual Ini

Andy Chan   20 Feb 2021
Fishdom: Pelihara Ikan yang Bisa Berbicara di Akuarium Virtual Ini

Mari menyelam ke sebuah dunia bawah laut, di mana kalian bisa bertemu dengan ikan-ikan lucu. Di sana, kalian bisa menghias tempat tinggal para ikan sambil bermain puzzle match-three yang menantang. Itulah premis dari permainan dari Playrix yang berjudul Fishdom.

Sebuah Dunia Bawah Air

Fishdom adalah sebuah variasi dari permainan puzzle match-three, di mana kali ini pemain diberikan tugas untuk mengisi dan menghias dunia akuarium dengan ikan-ikan dan dekorasi yang cantik. Untuk mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk melakukan itu, pemain menyelesaikan permainan puzzle match-three di setiap level-nya. Cukup sederhana, sebenarnya.

Cara Bermain Puzzle Match-Three

Pemain menyelesaikan setiap level dari puzzle match-three yang disediakan dengan cara mencapai goal yang ditargetkan oleh game-nya. Goal ini bermacam-macam, ada mengumpulkan gold nugget, ada membersihkan tile, dan lain sebagainya. Ada batasan langkah yang disediakan, sehingga pemain harus menyelesaikannya sebelum batasan langkah tersebut habis.

Power Up

Seperti biasanya game-game puzzle match-three, pemain akan bisa menderetkan empat atau lebih tile di medan permainan untuk mendapatkan power up. Ada macam-macam power up, seperti roket, bom, serta dinamit. Pemain bisa menggabungkan juga power up ini, meskipun mungkin efeknya tidak digabungkan seperti game lainnya. Namun dengan melakukannya, pemain akan mengisi meteran Lightning.

Lightning Power Up

Di bagian kiri bawah layar, terlihat sebuah lingkaran yang merupakan meteran Lightning Power Up. Seiring berjalannya permainan, meteran ini akan semakin terisi, dan kalau sudah penuh, maka akan ada Lightning Power Up yang dilempar secara acak ke medan permainan. Kegunaan Lightning Power Up ini adalah untuk menghapus semua tile berwarna sama dari medan permainan, jadi manfaatkanlah power up ini sebaik-baiknya.

Mendekor Akuarium

Setelah menyelesaikan sebuah level, pemain akan diberikan reward berupa uang, yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal, seperti menghias dan menambah penghuni akuarium. Ada banyak ikan yang bisa dibeli oleh pemain untuk mengisi akuariumnya, lengkap dengan berbagai macam dekorasi yang cantik. Tentu saja, sebagian besar benda ini terkunci di balik level, jadi pemain harus menyelesaikan level tertentu dulu baru bisa membelinya.

Ikan-ikan Cantik di Layar Ponselmu

Fishdom adalah game yang sangat memikat hati, di mana pemain bisa mendekorasikan sendiri akuarium yang cantik dan nyaman untuk ditinggali oleh para ikan yang bisa berbicara. Komentar-komentar dari para ikan ini pun lucu-lucu, dan bisa membuatmu tersenyum. Dengan kemampuan untuk memberikan mereka makan, main bersama mereka, dan melihat mereka berinteraksi satu sama lain (seperti kejar-kejaran ikan hiu), tidak salah kalau Fishdom bisa membuat pemainnya merasa senang.

Tidak Perlu Online

Fishdom adalah permainan unik yang bisa dinikmati tanpa WiFi atau mobile data. Sedikit kekurangan mungkin ada pada sistem Life, sehingga kalau pemain mengalami kegagalan dalam menyelesaikan sebuah level, maka mereka akan kehilangan satu Life, yang nantinya akan habis dan membuat pemain harus menunggu. Mikrotransaksi disajikan untuk pemain membeli mata uang premium Gems, bersama dengan paket tools pembantu. Cukup standar sih, untuk sebuah game free-to-play.

Mungkin kalian sering melihat Fishdom dengan iklannya yang menampilkan game model puzzle tarik pin, dan memang permainan seperti itu hadir di dalam Fishdom sebagai salah satu fiturnya. Sayangnya, puzzle tarik pin ini jarang-jarang ada, dan bukanlah merupakan permainan utamanya. Yang pasti, kalau kalian ingin mendalami game ini, akan ada banyak grinding level yang akan kalian lakukan demi mempercantik akuarium. Bagaimana, masih tertarik mencoba Fishdom?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top