REVIEW

Final Fighter, Sebuah Game Fighting Mobile berkualitas Konsol

Andy Chan   06 May 2019
Final Fighter, Sebuah Game Fighting Mobile berkualitas Konsol

Pada tahun 2050, manusia sudah mencapai kemajuan ilmiah di mana akhirnya mereka bisa menggabungkan tubuhnya dengan P-Core, sebuah kekuatan super bernama Primal Core of Ancient Champions. Akibatnya, lahirlah sebuah kelas manusia super bernama Hybrid, yang pada akhirnya, memberontak melawan para manusia dan mengakibatkan kekacauan di seluruh Bumi. Manusia kini berhadapan dengan terorisme global yang mengerikan. Siapa yang bisa mengalahkan para manusia Hybrid tersebut?

Pembentukan Soul Fighters Penyelamat Bumi

Dalam game buatan Liu Xiang yang berjudul Final Fighters, pemain berperan sebagai seorang pemimpin Soul Fighters, pasukan yang dibentuk dari orang-orang elit. Dengan keberanian dan kekuatan yang mereka miliki, Soul Fighters pun memulai perang mereka melawan para Hybrid untuk menyelamatkan bumi dan menemukan kenyataan di balik konspirasi para Hybrid tersebut.

Game Fighting untuk Ponsel Pintar

Final Fighters pada dasarnya adalah sebuah game fighting, di mana pemain berperan sebagai salah satu karakter dan bertarung melawan karakter lain. Cara pengendalian karakter dalam game ini sama persis seperti game fighting pada umumnya, namun tentunya dimodifikasi agar lebih bersahabat dengan layar sentuh.

Kendali Analog Virtual

Untuk menggerakkan karakter, disediakanlah sebuah virtual analog di sebelah kiri bawah layar. Analog ini bisa digerakkan ke segala arah, jadi termasuk ke kiri, ke kanan, untuk menunduk serta untuk melompat. Sementara itu di sebelah kanan disediakan beberapa tombol aksi. Ada dua tombol serang, tombol untuk melakukan dash/dodge, serta beberapa tombol untuk mengeluarkan jurus maut (hanya akan tampil apabila syarat sudah terpenuhi).

Penggunaan analog virtual ini mungkin akan sulit bagi mereka yang tidak biasa menggunakannya. Apalagi game-nya mengijinkan karakternya untuk melompat ke atas, ke atas depan, serta ke atas belakang, membuat pemain bisa saja dengan tidak sengaja melompat apabila sedang berjalan. Masih ditambah juga dengan jurus-jurus yang dikeluarkan seperti layaknya game fighting pada umumnya, sebut saja untuk mengeluarkan jurus Kuidoken, pemain harus melakukan gerakan seperempat lingkaran ke depan lalu sentuh tombol serang. Belum lagi jurus yang membutuhkan gerakan "dragon punch" (depan, seperempat lingkaran ke depan), dijamin akan sangat sulit untuk dilakukan dengan sempurna.

Berbagai Mode Menarik untuk Dimainkan

Final Fighter memiliki beberapa mode menarik untuk dimainkan, mulai dari Story Mode di mana pemain bisa mengikuti kisah Soul Fighters dalam perangnya melawan Hybrid, mode Arcade untuk pertarungan klasik, serta mode multiplayer di mana pemain bisa bertarung secara tim melawan pemain lain dari seluruh dunia.

Grafis ala Konsol yang Menawan

Game fighting Final Fighters ternyata juga memiliki grafis setara konsol yang sangat cantik. Masing-masing karakter tampil sangat mendetail, lengkap dengan cara bertarung mereka masing-masing yang unik. Dengan tambahan audio visual yang tidak kalah menawan dan adegan sinematis yang keren, Final Fighters adalah salah satu game fighting untuk ponsel pintar yang memiliki kualitas kenikmatan bermain yang tinggi.

Butuh Koneksi Internet

Tentu saja, game mobile yang berkualitas tinggi seperti ini selain disajikan secara free-to-play, juga wajib terhubung ke Internet. Final Fighters menggunakan sebuah sistem stamina bernama Vigor, di mana untuk menjalankan sebuah level, pemain membutuhkan sejumlah Vigor. Apabila Vigor sampai habis, silahkan menunggu sampai terisi lagi, baru bisa melanjutkan permainan. Yang pasti, game ini juga menjual banyak sekali mikrotransaksi, mulai dari pembelian paket VIP, hingga pembelian mata uang premium.

Kolaborasi dengan SNK, The King of Fighters

Salah satu daya tarik yang dijual oleh Final Fighters adalah kolaborasi bersama dengan SNK, di mana ada beberapa karakter dari seri The King of Fighters yang hadir di dalamnya. Ingin menggunakan Iori Yagami atau Mai Shiranui? Inilah kesempatan kalian (tentunya dengan membayar sejumlah uang dulu).

Boleh dibilang Final Fighters ini adalah salah satu game fighting untuk mobile yang sangat bagus. Namun sayangnya bagi mereka yang tidak biasa bertarung menggunakan virtual analog dipastikan akan mengalami kesulitan saat memainkan game ini. Itulah bahan pertimbangan sebelum kalian mencoba Final Fighters.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top