REVIEW

Final Fantasy Tactics: WotL, Mengikuti Perang Saudara di Ivalice

Anduril   20 Jan 2018
Final Fantasy Tactics: WotL, Mengikuti Perang Saudara di Ivalice

Bila kalian adalah generasi 90-an dan memiliki PlayStation di jamannya, kalian pastinya akan berkenalan dengan Final Fantasy Tactics. Minimal, kalian pernah mendengar namanya, karena game ini sudah berkali-kali di-port dan bahkan dibuat ulang sehingga mendapatkan sub judul The War of the Lion.

FINAL FANTASY TACTICS : WotL Games AndroidiOS Paid Download Download

Final Fantasy Tactics: The War of the Lion akan membawa kalian ke dunia Ivalice yang penuh dengan monster, sihir, dan sebuah kepercayaan palsu yang dipimpin oleh St. Ajora. Nantinya, Ivalice akan digunakan di game lain buatan Square Enix karena dunia tersebut memiliki segalanya termasuk pondasi yang kuat untuk sebuah cerita fantasi.

Final Fantasy Tactics: The War of the Lions akan membawa kalian ke dalam konflik perang saudara yang terjadi di Ivalice. Di sini, kalian akan berperan sebagai Ramza, seorang putra bangsawan yang terlibat dalam peperangan tersebut.

Ramza bersahabat karib dengan Delita yang merupakan rakyat biasa. Namun, dikarenakan adanya kejenjangan sosial di Ivalice, persahabatan mereka rusak sehingga keduanya akhirnya terjerumus ke dalam perang saudara yang terjadi di Ivalice. Gilanya lagi, adik Ramza ternyata diculik atau malah mengikuti Delita ke mana-mana, hingga akhirnya keduanya jadi semakin berseteru hebat.

Dalam game ini, kalian akan menjalani pertempuran ala tactical RPG dengan perspektif kamera isometris berkotak-kotak, yang bisa kalian atur sesuai dengan kebutuhan strategimu. Grup pasukanmu nantinya akan melakoni giliran pertarungan mereka secara bergantian dengan grup lawan. Walau pun disebut bergantian, kalian bisa saja menyerobot giliran bila status kecepatanmu lebih bagus dari musuh.

Pada saat giliran mereka telah tiba, kalian bisa menentukan apakah mereka akan menyerang secara biasa, mengeluarkan sihir, atau pun melancarkan kemampuan spesial yang mereka miliki seperti mencuri item yang dimiliki musuh apabila karaktermu berprofesi sebagai Thief.

Kalian bisa mempelajari semua profesi yang ada di dalam game ini, dan beberapa profesi bakal membutuhkan job lainnya sebelum mereka pada akhirnya bisa digunakan. Totalnya ada sebanyak 22 profesi yang bisa dipilih oleh Ramza dan anak buahnya. Mulai dari yang keren, seperti misalnya Time Mage, hingga yang konyol, yakni Calculator.

Selain 22 profesi tersebut, beberapa karakter utama memiliki profesi unik yang tidak bisa dipelajari. Sebagai contohnya adalah Fell Knight milik Gaffgarion atau Holy Knight miliki Agrias. Kalian akan mendapatkan beberapa karakter seperti ini di Final Fantasy Tactic: The War of the Lion.

Final Fantasy Tactics: The War of the Lion memiliki bintang tamu dari Final Fantasy lainnya. Mereka adalah Aerith yang hadir sebagai cameo, dan Cloud yang bisa didapatkan melalui side quest. Keduanya akan memiliki cerita yang berhubungan sehingga kalian akan mengalami sedikit nostalgia terhadap Final Fantasy VII.

Perlu diingat pula bahwa game ini menyertakan fitur permadeath, sehingga bila pasukanmu sampai mati di medan tempur, maka mereka akan hilang secara permanen. Jadi, kalian perlu untuk sangat berhati-hati dalam menyusun strategimu di medan perang.

Final Fantasy Tactics: The War of the Lion bisa kalian beli dengan harga Rp 159.000,- di Google Play dan App Store. Memang tidaklah murah, tetapi kalian sebagai gantinya akan mendapatkan salah satu spin-off dari Final Fantasy yang sangat keren. Jauh dari gambaran Final Fantasy era J-pop atau pun K-pop yang sekarang ini hadir di konsol.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top