REVIEW

FilmoraGo, Aplikasi Editing Video Termudah & Terbaik di Android

Bruno Mukti   20 Oct 2017
FilmoraGo, Aplikasi Editing Video Termudah & Terbaik di Android

Sekarang ini, videografi merupakan hal yang paling banyak diminati oleh setiap orang. Terbukti dari semakin banyaknya konten-konten video di YouTube. Aplikasi-aplikasi video editing pun banyak yang bermunculan di Play Store yang bisa digunakan oleh setiap orang. Namun, dari banyaknya aplikasi yang beredar tersebut, ada salah satu aplikasi yang paling menarik perhatian. Aplikasi tersebut bernama FilmoraGo - Free Video Editor. Mengapa aplikasi ini begitu menarik untuk diulas? Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini sangat banyak, membuat video hasil olahannya seperti video profesional. Selain itu, FilmoraGo pada aplikasinya dapat dijalankan oleh setiap pengguna dengan lebih mudah. Tidak seperti aplikasi video editor lainnya yang memang terbilang cukup sulit, khususnya untuk orang-orang awam.

Sebenarnya, FilmoraGo sendiri berasal dari aplikasi desktop yang bernama Wondershare Filmora. Namun, bagi para penggunanya di perangkat mobile, harus cukup bersenang diri. Sebab, aplikasi yang ada di perangkat mobile ini tak akan jauh berbeda dengan yang ada pada desktop. Semuanya hampir sama dari segi fitur, seperti efek video, template, musik, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, pengguna pada aplikasi FilmoraGo ini juga bisa mengambil gambar (fotografi), yang bisa diselipkan ke dalam video lengkap dengan musik dan juga teks di dalamnya. Marilah kita bersama-sama menyimak ulasan dari FilmoraGo secara satu-persatu.

Menggabungkan foto dan video

Di dalam aplikasi ini, FilmoraGo mengizinkan penggunanya untuk bisa memasukkan foto dan video di dalam satu kerangka. Pengguna juga bisa membuat gabungan antara satu foto dengan foto yang lainnya untuk dijadikan sebuah video. Ketika sudah menjadi video, maka pengguna pun bisa menggabungkan video ini ke dalam video-video yang lainnya. Walau pun demikian, pengguna tidak akan bisa menyelipkan sebuah foto ke dalam sebuah video yang sedang berjalan. Semuanya harus dilakukan secara satu per satu.

Musik

Pada fitur musik di aplikasi ini, pengguna bisa menambahkan musik dan mengatur suara yang diinginkan. Seperti contohnya saja, pengguna bisa menghilangkan suara yang ada di dalam video dan menggantikannya dengan musik yang sesuai dengan yang diinginkannya. Semuanya akan berjalan dengan baik, seperti video editing profesional. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk diterapkan pada foto yang telah digabungkan menjadi sebuah video. Hal ini tentunya dimaksudkan agar video yang dibuat menjadi lebih hidup.

Hanya saja, kelemahan dari fitur ini sendiri adalah pengguna tidak akan bisa menggunakan semua format musik yang mereka inginkan. Terlebih lagi, jika musik yang diinginkan tidak ada di dalam video editing ini. Maka, pengguna harus menambahkannya secara manual untuk video yang ingin dibuatnya. Karena ada beberapa format yang tidak bisa diterima pada aplikasi ini, maka pengguna harus mengkonversikannya terlebih dahulu menuju format yang didukung.

Di dalam aplikasi ini, FilmoraGo juga memiliki galeri musik sendiri yang bisa didapatkan oleh pengguna dengan menggunduhnya menggunakan koneksi internet. Jadi, jika pengguna ingin menggunakannya secara offline, akan lebih baik untuk bisa mengunduhnya terlebih dahulu dengan koneksi WiFi agar tidak terlalu boros dalam hal penggunaan kuota internet. (Sedikit catatan dari pengalaman kami pada saat mencoba aplikasi ini, walau pun semua musik yang ada di dalam aplikasi ini telah memiliki lisensi resmi, tapi ternyata tidak semua musik yang terdapat di FilmoraGo tersebut dapat digunakan untuk soundtrack pada video di YouTube, karena beberapa musik yang ada di sana terkadang tercatat sebagai pelanggaran hak cipta karya.) Hal ini tentunya harus diperhatikan, terlebih bagi pengguna yang menginginkan untuk memonetisasi video mereka di YouTube untuk mencari uang.

Menambahkan Teks

Salah satu fitur yang cukup penting dalam editing video adalah menambahkan teks di dalam video. Ini sudah lumrah dan haruslah ada di semua aplikasi. Pada FilmoraGo, pengguna bisa menambahkan tulisan dengan mudah. Bahkan, di dalamnya telah ada template yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk menambahkan video. Pengguna dapat menggunakannya agar teks yang ada di dalam video menjadi lebih keren dan tidak terlihat sedeharna seperti sekedar tulisan biasa saja. Caranya pun terbilang mudah, pengguna cukup mengganti tulisan yang ada di dalam template yang telah disediakan, maka tulisannya akan menyesuaikan dengan format template yang ada tadi. Hanya saja, yang perlu diperhatikan di sini adalah penambahan teks yang harus sesuai dengan teks aslinya. Jika tidak, maka template akan menjadi sedikit acak-acakan.

Tema

Salah satu fitur yang sangat bagus pada aplikasi FilmoraGo, tentu saja, adalah "themes." Di dalam tema ini, pengguna bisa memanfaatkannya untuk melakukan editing layaknya profesional yang sedang bekerja. Sebab, pengguna bisa menambahkan efek pada video. Selain itu, juga ada filter yang bisa diatur di dalam video. Ada sangat banyak tema yang ditawarkan di sana. Pengguna pun bisa menyesuaikan dengan video yang ada agar video tersebut benar-benar menjadi hidup. Lebih bagusnya lagi, fitur ini dapat digunakan untuk video dalam bentuk vertikal dan horizontal. Bahkan, untuk foto-video pun dapat ditambahkan efek dan filter.

Pada bagian tema ini sendiri, pengguna juga bisa mengatur sesuai dengan keinginan mereka sendiri jika ada yang kurang sesuai, seperti menghilangkan bagian yang dirasa mungkin kurang pantas atau juga menambahkan tema yang sesuai dengan yang diinginkan. Untuk menggantinya pun tidaklah begitu sulit, setelah pengguna menambahkan tema yang diinginkan, maka dapat langsung mengaturnya pada Edit Tools yang ada di bagian menu. Setelah itu, hilangkan saja bagian-bagian yang mungkin dirasa tidak perlu.

Di bagian tema sendiri, pengguna juga bisa menambahkan judul, atau pun menghilangkannya sesuai dengan video yang mereka inginkan.

Frames (Bingkai)

Selain dari efek yang diberikan pada bagian tema, pengguna ternyata juga bisa memberikan bingkai di dalam video yang mereka edit. Pengguna bisa memilih bingkai baik secara horizontal ataupun vertikal. Hanya saja kekurangannya di sini, jika pengguna menggunakan fitur bingkai ini, maka ada bagian yang terpotong. Jadi, video tidak benar-benar penuh, dan ada bingkai di bagian pinggirnya, tapi video mungkin akan terpotong sedikit karena tambahan bingkai tersebut.

Overlays, Filter, dan Alat Editing Lainnya

FilmoraGo sendiri bisa memberikan berbagai pilihan menarik lainnya yang dapat digunakan oleh pengguna untuk diimplementasikan ke dalam video garapannya. Hal ini seperti overlays dan filter yang bisa diterapkan. Bagi yang belum begitu mengerti dengan fitur ini, pengguna jadi nanti bisa menambahkan salju, karangan bunga, dan lain sebagainya ke dalam video. Bukan hanya itu saja, pengguna juga bisa melakukan "crop dan zoom" di dalam videonya jika ingin memperjelas bagian mana yang mereka inginkan untuk dipertegas di dalam sebuah video.

Yang sangat disayangkan di fitur ini adalah pengguna belum dapat memotong beberapa bagian dari tengah secara langsung. Jadi, jika pengguna ingin memotong video dari tengah, maka harus ada sedikit usaha yang dilakukan. Yaitu, dengan kembali memasukkan video yang sama tersebut secara berkali-kali agar video terlihat seperti nyata dan berkelanjutan.

Tapi, ini tak jadi masalah, sebab pengguna bisa mengakalinya dengan beberapa fitur tambahan yang ada di dalam aplikasi ini. Beberapa fitur tersebut, seperti menggandakan video, merotasi, menghapus, dan mematikan suara yang ada di dalam video. Jika pengguna benar-benar kreatif, tentunya ini tidak akan menjadi masalah dan tetap dapat membuat sebuah video profesional hanya dari genggaman tangannya saja.

WaterMark

Salah satu fitur penting yang amat diinginkan oleh setiap orang dalam mengedit video, khususnya untuk aplikasi gratis seperti ini adalah tidak adanya watermark! Ini tentu saja menjadi salah satu hal yang paling menyebalkan jika ada sebuah tulisan di dalam video yang mengganggu layaknya sebuah iklan.

Di dalam FilmoraGo, pengguna tidak akan mendapatkan watermark sepanjang video mereka berjalan dari depan hingga akhir video. Hanya saja, pada bagian akhir dari video ternyata didapati sebuah bumper video penutup yang bertulisan FilmoraGo. Sebenarnya, pengguna bisa menghapus penutup ini jika mereka menginginkannya. Sebab ini masih masuk dalam bagian video. Namun ada baiknya bagi pengguna untuk memberikan sedikit apresiasi kepada pengembang aplikasi ini dengan tetap membiarkan bagian kecil ini untuk tetap ada di dalam video. Terlebih lagi, semua pengguna bisa menggunakan aplikasi yang hebat ini secara gratis.

Penilaian

Secara keseluruhan, aplikasi ini adalah aplikasi video editing yang sangat mudah untuk digunakan bagi para pemula. Terlebih lagi, dalam menggunakan aplikasi ini, pengguna tak perlu ribet untuk belajar video editing. Walau pun terlihat begitu simpel, aplikasi ini ternyata bisa digunakan untuk mengedit video secara profesional. Banyaknya fitur-fitur yang diberikan di dalam aplikasi FilmoraGo akan membuat video pun akan menjadi lebih hidup.

Kelebihan:

  • Memiliki tema, filter, dan efek
  • Ada pilihan untuk menambahkan judul di video
  • Memiliki bingkai
  • Ratio video dapat diatur untuk YouTube atau Instagram
  • Dapat memotong, menghapus, mute, dan duplikat video
  • Terjemahan ke dalam 12 bahasa
  • Tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan
  • Hemat baterai
  • Dapat digunakan secara offline

Kekurangan:

  • Tidak ada watermark (tidak sepenuhnya benar, sih), yang ada hanyalah bumper video penutup di bagian belakang
  • Proses memotong dan mengatur ulang video yang terlalu banyak memakan waktu
  • Tidak mendukung semua format file musik
  • Tidak mendukung gambar GIF

FilmoraGo


Harga: Gratis
Link Download

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top