REVIEW

Family Guy: Another Freakin' Mobile Game, Puzzle Match-Three yang Sedikit 'Dewasa'

Andy Chan   03 Aug 2018
Family Guy: Another Freakin' Mobile Game, Puzzle Match-Three yang Sedikit 'Dewasa'

Fans dari acara TV animasi yang berjudul Family Guy sudah pasti kenal dengan sang tokoh utamanya yang bernama Peter Griffin. Nah, Peter Griffin memiliki sebuah mimpi. Dia ingin melakukan perjalanan untuk berjualan minuman beralkohol dan menjadi sukses dalam kehidupan. Ikutilah kisah Peter, Lois, Stewie, Brian, Chris, Quagmire, Cleveland,.. dan Meg dalam perjalanan absurd mereka menembus Quahog dalam sebuah game bertemakan Family Guy buatan Jam City, Inc. yang mereka beri judul Family Guy: Another Freakin' Mobile Game.

Meskipun disebut "Another Freakin' Mobile Game" alias mobile game lainnya, tapi ternyata sebenarnya game ini tidaklah ada hubungannya dengan game Family Guy satu lagi yang juga ada di ponsel pintar. Untuk game Family Guy yang satu ini, Jam City Inc. memberikan sebuah genre yang telah mendunia, yaitu Puzzle Match-Three.

Sebuah pilihan genre yang agak aneh, terutama untuk seri ternama Family Guy. Mula-mula permainan masih cukup sederhana: bantulah Peter melayani para konsumen yang ingin membeli minumannya dengan cara menyusun minuman yang ada di medan permainan. Dengan menderetkan tiga buah minuman yang sama, makan minuman tersebut akan disajikan kepada konsumen yang memintanya. Seperti game match-three pada umumnya, apabila pemain berhasil menyusun lebih dari tiga minuman sekaligus, akan ada power up tersendiri seperti membersihkan satu kolom atau satu baris minuman sekaligus. Malah kalau pemain bisa menderetkan empat buah minuman secara bujur sangkar, maka dia akan mendapatkan bom molotov.

Begitu para konsumen berhasil dilayani dengan minuman yang diinginkan, mereka pun akan menenggak minuman tersebut dan pergi. Setelah semua konsumen puas, maka stage pun selesai dan pemain bisa melanjutkan ke stage berikutnya. Uniknya, pemain tidak hanya menyusun botol minum saja. Ada stage-stage khusus di mana pemain diminta untuk melakukan sesuatu yang agak... menarik, misalnya Quagmire membutuhkan kondom untuk alasan "dewasa", jadi pemain harus menyusun botol-botol minum agar bisa mendapatkan kondom, atau membersihkan make up milik Meg, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, pemain pun akan berhadapan dengan boss seperti ayam raksasa, Jerome, dan karakter-karakter lainnya yang epik.

Family Guy: Another Freakin' Mobile Game memiliki tampilan animasi kartun yang persis dengan seri animasinya. Pemain akan bisa mengikuti kisah Peter dalam membawa truck minuman kerasnya dan jualan kepada para konsumen karena menurut Peter, inilah tujuan hidupnya. Banteran antara Peter dan Lois, serta para karakter Family Guy lain tampil sangat menarik, meskipun sayangnya semua dialog dilakukan dengan teks, tidak dengan voice acting. Tapi ketika sedang bermain puzzle-nya sih, ada sedikit voice acting serta animasi yang menawan.

Meskipun hadir secara free-to-play, namun Family Guy: Another Freakin' Mobile Game memiliki sedikit keterbatasan berupa Life. Seperti biasa, apabila pemain gagal menyelesaikan sebuah stage, maka Life pun akan berkurang satu. Tapi paling tidak, game ini bisa dimainkan secara offline, jadi pemain bisa dengan santai memainkannya kapan pun, dan di mana pun, termasuk ketika sinyal hilang. Tersedia juga mikrotransaksi untuk pembelian koin apabila diperlukan.

Dengan lebih dari 1000 stage dengan tema yang edan untuk diselesaikan, Family Guy: Another Freakin' Mobile Game merupakan salah satu game yang wajib dimainkan oleh para fans Family Guy. Sedikit catatan, bagi yang tidak familiar dengan Family Guy, game ini memiliki tema yang sedikit dewasa, ada minuman keras, juga ada alat kontrasepsi. Jadi pertimbangkanlah hal tersebut sebelum mengiijinkan anak, keponakan, atau adikmu yang masih di bawah umur untuk memainkan game ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top